2 Jenis Paket Nasional Telkomsel yang Berlaku di Seluruh Indonesia!!


Paket nasional Telkomsel merupakan paket reguler yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan dari provider tersebut, seperti internet dan lainnya. Hanya saja, paket ini tidak bisa dipakai di luar negeri, atau hanya berlaku untuk penggunaan di Indonesia.

Dengan paket nasional dari Telkomsel ini, pelanggan dapat mengakses semua layanan maupun aplikasi, kecuali yang memang diblokir oleh pihak operator. Paket atau kuota nasional Telkomsel dapat dijalankan pada jaringan 2G, 3G maupun 4G.

Apa Itu Paket Nasional Telkomsel?

Penjelasan Apa Itu Paket Internet Nasional Telkomsel - Kode Paket

Apakah yang dimaksud paket atau kuota nasional Telkomsel itu? Secara sederhana, paket nasional dapat diartikan sebagai kuota reguler dari Telkomsel, yang dapat digunakan untuk mengakses internet selama berada di wilayah negara Indonesia.

Semua aplikasi yang dipasang pada smartphone dapat diakses menggunakan paket nasional ini, kecuali yang memang diblokir oleh pihak Telkomsel. Seperti namanya, kuota paket ini dapat berlaku secara nasional alias di seluruh wilayah Indonesia.

Keunggulan paket nasional dari Telkomsel adalah dapat dipakai untuk mengakses internet melalui jaringan 2G, 3G serta 4G. Kuota nasional juga tidak dipengaruhi oleh area pembelian paket, berbeda dengan kuota lokal Telkomsel

Pemakaian kuota nasional berada pada urutan paling belakang, setelah kuota lokal, kuota nonton, kuota aplikasi dan jenis-jenis paket lainnya yang dimiliki oleh pelanggan. Namun, aturan pemakaian tersebut sifatnya tidak mutlak, sehingga ada baiknya pengguna selalu melakukan pengecekan.

Cara Cek Paket Nasional Telkomsel

Dengan adanya kuota nasional Telkomsel ini memungkinkan kamu yang melakukan aktivasi paket di Jakarta untuk mengakses internet ketika berada di Surabaya, misalnya. Begitu juga dengan wilayah-wilayah lainnya yang ada di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Papua dan sebagainya.

Paket nasional tersebut akan didapatkan oleh pelanggan ketika melakukan pembelian kuota internet. Kamu harus melakukan pengecekan kuota nasional tersebut dengan cara :

  • Melalui Aplikasi My Telkomsel

[appbox googleplay screenshots com.telkomsel.telkomselcm]

Kamu bisa cek paket nasional lewat My Telkomsel, aplikasi yang disediakan khusus untuk pelanggan Telkomsel. Cara untuk mengecek kuota nasional yaitu :

  1. Login pada My Telkomsel lalu lihat pada halaman utama.
  2. Cari opsi “Internet” yang ada di menu sisa pulsa pada bagian bawah.
  3. Lihat pada “My Package” dimana informasi kuota nasional akan dicantumkan.
  • Cek Lewat Panggilan USSD

Cara kedua untuk mengecek kuota nasional dari Telkomsel adalah melalui panggilan USSD. Caranya adalah sebagai berikut : 

  1. Kamu buka saja menu panggilan telepon lalu tuliskan kodenya yaitu *888#. 
  2. Setelah itu, pilih “Panggil/Call” dengan memencet gambar telepon.
  3. Setelah ditampilkan menu pilihan pada layar, kamu tinggal tuliskan saja nomornya sesuai menu “Cek Pulsa” dan kirimkan.
  4. Akhiri dengan memilih “Cek Kuota” lalu kirimkan.
  5. Tunggu informasi mengenai kuota nasional ditampilkan pada layar.

Setelah melakukan pengecekan berapa jumlah kuota nasional yang dimiliki, kamu bisa menggunakannya untuk mengakses internet maupun aplikasi. Pastikan kamu memiliki kuota yang cukup untuk menikmati berbagai layanan dari Telkomsel.

Kelebihan Paket Nasional Telkomsel

Telkomsel mengeluarkan paket nasional tentunya bukan tanpa alasan. Tujuan Telkomsel adalah memberikan kemudahan akses kepada pelanggannya yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tanpa harus dibatasi area tertentu.

Setiap pengguna kartu Telkomsel dapat menikmati kelebihan-kelebihan yang diberikan provider melalui paket nasional tersebut. Kelebihan paket nasional dari Telkomsel yang dimaksud, diantaranya yaitu :

1.  Tidak Dibatasi 

Dulu, operator Telkomsel dikenal dengan tarif roaming yang relatif mahal. Roaming berlaku ketika kamu menikmati layanan Telkomsel namun di daerah yang tidak sama dengan area kartu. Tarif roaming ini seringkali menjadi keluhan para pengguna Telkomsel.

Misalnya, kartu kamu areanya Jawa Tengah dan digunakan untuk menghubungi atau saat berada di Jawa Timur, maka tarifnya lebih mahal. Dengan adanya paket nasional, maka kini pengguna kartu Telkomsel tidak akan terkena roaming lagi.

Pelanggan dapat menggunakan kuotanya dimanapun dia berada, tanpa dibatasi area atau wilayah. Tapi ingat, paket nasional hanya bisa digunakan selama kamu berada di dalam cakupan wilayah negara Indonesia saja.

2.  Memiliki Varian Pilihan Paket

Orang yang hidup di era digital seperti saat ini, tidak hanya membutuhkan pulsa untuk menelepon ataupun kirim SMS saja. Lebih dari itu, orang butuh kuota internet, kuota streaming dan sebagainya demi mendukung pekerjaannya.

Telkomsel melalui paket nasional tersebut memberikan banyak variasi pilihan paket sesuai kebutuhan pelanggan. Jenis paket nasional yang tersedia, diantaranya yaitu paket aplikasi, chat, paket lokal, paket malam dan sebagainya.

Paket nasional Telkomsel memudahkan penggunanya untuk mengakses internet tanpa memandang di area mana dia melakukan aktivasi paket internet. Meskipun begitu, paket ini tidak dapat digunakan untuk mengakses internet kalau kamu sedang berada di luar negeri.