Apa Itu Monetary Telkomsel 2024 dan Cara Menggunakannya!!


Sebagai provider terbesar di Indonesia, Telkomsel menyediakan layanan Monetary Balance yang dapat digunakan dengan sesama penggunanya. Monetary Telkomsel adalah layanan serupa cashback yang hanya dapat dipakai untuk melakukan komunikasi ke sesama nomor Telkomsel.

Monetary Balance Telkomsel berupa pulsa yang hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon ataupun mengirimkan SMS kepada nomor Telkomsel lainnya. Dengan kata lain, pulsa dari monetary balance tidak dapat digunakan untuk menghubungi nomor diluar Telkomsel.

Pengertian Monetary Telkomsel

Cara Menggunakan Pulsa Monetary Telkomsel | kumparan.com

Meskipun telah lama menjadi pengguna kartu Telkomsel, nyatanya masih banyak pelanggan yang belum tahu apa artinya. Hal tersebut dikarena pihak Telkomsel sendiri seperti kurang menginformasikan mengenai fitur monetary balance tersebut.

Monetary balance adalah pengembalian atau cashback yang diberikan oleh Telkomsel kepada penggunanya atas pembelian pada produk-produk tertentu. Misalnya, kamu membeli paket internet dengan kuota tertentu, bisa saja kamu mendapatkan pengembalian berupa pulsa gratis.

Hanya saja, penggunaan monetary balance dari Telkomsel tersebut dibatasi untuk sesama nomor Telkomsel saja. Kamu tidak bisa memakai pulsa tersebut untuk menelpon ataupun mengirimkan SMS kepada nomor dari operator selain Telkomsel.

Selain itu, pulsa pada monetary balance juga tidak bisa kamu pakai untuk membeli paket internet ataupun produk lainnya, sekalipun tetap ditampilkan dalam bentuk saldo misalnya Rp20.000. Dengan kata lain, monetary Telkomsel hanya dapat digunakan untuk telepon dan SMS saja.

Cara Cek Monetary Balance Telkomsel

Setiap kali kamu selesai membeli produk Telkomsel, seperti pulsa atau kuota data, kemungkinan besar akan mendapatkan monetary balance. Untuk meyakinkannya, kamu bisa langsung melakukan pengecekan saldo monetary balance tersebut.

Pengecekan saldo monetary lebih mudah kamu lakukan melalui aplikasi My Telkomsel, setelah itu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Login pada akun My Telkomsel kamu, lakukan verifikasi sesuai petunjuk yang diberikan.
  2. Setelah layar menampilkan layar utama, kamu pilih “Internet”
  3. Buka pada menu “Monetary” pada detail penampilan kuota internet, yang letaknya ada di sisi paling kanan.
  4. Klik pada menu tersebut dan kamu akan mengetahui apakah kamu mendapatkan monetary balance atau tidak.

Cara Memakai Monetary Balance Telkomsel

Setelah kamu yakin memiliki monetary balance, sekarang kamu bisa melakukan panggilan telepon ataupun mengirim SMS ke sesama nomor Telkomsel tanpa mengurangi pulsa utama. Cara untuk menggunakan monetary balance adalah sebagai berikut :

  • Cek Monetary Balance Kamu

Kamu harus cek monetary Telkomsel kamu seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pengecekan ini dilakukan supaya kamu tahu dan yakin apakah ada monetary balance pada nomor kamu tersebut. Jangan sampai pulsa utama kamu habis karena berpikir ada saldo monetary balance.

Monetary balance yang diberikan biasanya adalah sebesar Rp15.000 setiap kali kamu selesai membeli produk Telkomsel. Silahkan cek monetary kalau kamu merasa telah membeli pulsa atau paket data Telkomsel.

Monetary balance dari Telkomsel berupa cashback saldo yang akan dituliskan dalam bentuk Rupiah, bukan kuota. Misalnya, monetary balance 20 ribu maka akan dituliskan Rp20.000. Saldo nominal itulah yang bisa dipakai untuk kirim SMS atau telepon ke sesama nomor Telkomsel, gratis.

  • Lakukan Panggilan Telepon atau Kirimkan SMS

Setelah dicek dan ternyata memang ada saldo monetary balance yang dapat kamu pakai, silahkan langsung gunakan. Kamu dapat memakainya untuk melakukan panggilan telepon ataupun mengirim SMS. Tapi ingatlah, hanya pada nomor yang sama-sama dari Telkomsel saja ya.

Panggilan telepon atau SMS yang kamu kirimkan tersebut biayanya akan langsung dipotong dari saldo monetary balance, sehingga pulsa utama tidak berkurang. 

Mudah bukan untuk mengecek dan menggunakan saldo monetary Telkomsel pada nomor kamu. Semakin sering kamu membeli produk Telkomsel, maka makin besar juga kamu mendapatkan monetary balance dari Telkomsel.