Spesifikasi dan Review OPPO Reno8 Pro 5G 2022

Posted on

Oppo Reno8 Pro 5G resmi rilis di Indonesia pada hari Senin (15/8/2022) lalu. Meski telah rilis, sayangnya ponsel ini belum ditemukan di Indonesia. Pasalnya baru datang di Indonesia September 2022 ini.

Spesifikasi OPPO Reno8 Pro 5G

OPPO Reno8 Pro 5G

Keluaran2022, July 18
Platform
RAM8GB/12GB
ChipsetMediaTek Dimensity 8100-Max (5 nm)
Penyimpanan256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM
CPUOcta-core (4×2.85 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
Sistem OperasiAndroid 12, ColorOS 12.1
Kamera Belakang
Single Camera50 MP, f/1.8, 23mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, multi-directional PDAF

8 MP, f/2.2, 16mm, 112˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm

2 MP, f/2.4, (macro)

Video4K@30fps, 1080p@30/60/120/240fps, 720p@960fps, gyro-EIS
FiturLED flash, HDR, panorama
Kamera Depan
Single Camera32 MP, f/2.4, 22mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm, AF
Video1080p@30fps, gyro-EIS
FiturPanorama, HDR
Bodi
Dimensi161.2 x 74.2 x 7.3 mm (6.35 x 2.92 x 0.29 in
Berat183 gram (6.46 oz)
WarnaGlazed Green, Glazed Black
Layar6.7 inches, 108.0 cm2 (~90.3% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 2412 pixels, 20:9 ratio (~394 ppi density)
BateraiLi-Po 4500 mAh, non-removable
Konektivitas
JaringanGSM / HSPA / LTE / 5G
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DukunganNo
Bluetooth5.3, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS. Up to dual-band: GLONASS (1), BDS (2), GALILEO (2), QZSS (2)
NFCYes
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go
PortJack Audio
Lain-lain
SensorPendeteksi sidik jari (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum
RadioNo

Review OPPO Reno8 Pro 5G

Spesifikasi OPPO Reno8 Pro 5G

Menjadi produk OPPO keluaran terbaru, wajar jika ponsel ini mengusung teknologi dan fitur yang sangat menonjol. Bagi yang penasaran, berikut review singkat mengenai ponsel yang perlu kamu ketahui:

  • Desain

Oppo Reno 8 Pro terlihat sangat premium saat dipandang dan dipegang. Pasalnya, telah mengandalkan bahan kaca di bagian belakangnya, aluminium di samping ponsel dan kaca Gorilla Glass 5 untuk pelindung layar. bagian depan.

Oppo Reno 8 Pro ini juga dibekali dengan finishing matte yang membuat ponsel semakin mahal dan premium. Belum lagi di bagian depan, Oppo ini memakai layar bergaya punch hole.

Bezelnya dibuat lebih tipis dengan ratio screen-to-body 90,3 persen. Sedangkan bagian belakangnya, ada tiga kamera yang memiliki desain khas smartphone flagship.

  • Kamera

Seperti bocoran di internet, ponsel ini punya sektor kamera yang menjadi keunggulan utamanya. Di bagian belakang, OPPO Reno 8 Pro 5G mengandalkan sensor Sony IMX766 yang memiliki konfigurasi triple camera.

Masing-masing resolusi kameranya adalah 50 MP untuk kamera utama, 8MP (ultrawide), dan 2MP (macro). Selanjutnya untuk bagian kamera depan, ada satu kamera beresolusi 32MP.

Berbagai fitur juga disematkan di dalam kamera ponsel ternama ini. Di antaranya seperti fitur HDR, panorama, Night Portrait, 4K Ultra Night Video, hingga 960fps AI Slow-Motion.

  • Kualitas Mesin

Performa mesin yang dimiliki ponsel ini sangat bisa diandalkan, terutama untuk pekerjaan berat. Smartphone telah memakai chipset MediaTek Dimensity 8100-Max (5 nm) dengan dukungan RAM 8/12GB.

Belum lagi juga ada penyimpanan internal berkapasitas hingga 256GB. Memiliki skor AnTuTu Benchmark 738 ribu, berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan baik di Oppo Reno 8 Pro 5G terbaru ini.

  • Baterai

Selanjutnya beralih ke review baterai, Oppo sudah membekali perangkat ini dengan baterai berkapasitas 4500mAh. Belum lagi juga didukung dengan teknologi fast charging 80W Super Vooc.

Menariknya, OPPO mengklaim jika baterai smartphone ini dapat terisi hingga 50 persen dengan waktu 11 menit saja. Sedangkan untuk ketahanannya, OPPO mengklaim jika waktu lima menit charging bisa dipakai untuk main game selama dua jam.

Kelebihan Oppo Reno8 Pro 5G

Menjadi salah satu produk teranyar sekaligus terbaik milik OPPO, tentu saja ponsel ini punya segudang kelebihan. Bahkan, kelebihan ini belum dimiliki oleh perangkat lain sejenisnya. Berikut beberapa kelebihan yang diusung perangkat:

  • Memiliki Pengisian Daya Baterai yang Super Cepat

Kelebihan pertama yang dapat diandalkan dari ponsel ini adalah pengisian daya baterai yang dinilai sangat cepat. Bahkan dibandingkan dengan perangkat teranyar lainnya.

Jadi, tak hanya dibekali dengan kapasitas baterai super jumbo 4500 mAh, baterai ponsel juga didukung dengan pengisian daya hingga berkapasitas 60W. Hal tersebut membuat pengguna dapat mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 30 menit saja.

  • Memiliki Bobot Ringan dan Sangat Pas di Genggaman

OPPO Reno 8 Pro 5G juga dibekali dengan bobot ringan dan dimensi yang sangat pas untuk genggaman tangan. Hal tersebut karena ponsel mempunyai berat 173 gram sehingga tidak akan mengurangi mobilitas penggunanya.

Belum lagi juga didukung dengan dimensi proporsional perangkat 159.7 x 73.2 x 7.6 mm (6.29 x 2.88 x 0.30 in). Ukuran dimensi ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

  • Chipset yang Sudah Mendukung 5G

Kamu salah satu pengguna jaringan 5G? Tidak usah khawatir karena ponsel ini telah mendukung jaringan 5G. Jadi, kamu bisa mengakses seluruh aplikasi dengan sangat baik tanpa lag sama sekali. 

  • Memiliki Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Bukan hanya kapasitas baterai yang besar saja, di ponsel ini, kamu juga bakal dimanjakan dengan penyimpanan internal yang besar juga. Hal tersebut karena penyimpanan internal dari ponsel ini tersedia hingga 12GB.

  • Memiliki Kualitas Layar yang Super Tajam

OPPO Reno 8 Pro 5G ini juga disarankan bagi pecinta game di seluruh dunia. Hal tersebut karena ponsel mempunyai kualitas layar yang super tajam sehingga memuaskan pecinta game saat memainkan game.

Kekurangan Oppo Reno8 Pro 5G

Kekurangan Oppo Reno8 Pro 5G

Meski disebut sebagai salah satu produk terbaik dan tertinggi di kelasnya, ponsel keluaran OPPO ini tetap mempunyai kekurangan. Yang mana kekurangannya sebagai berikut:

  • Tidak Adanya Slot Memori

Seperti yang sudah disinggung, ponsel ini sudah dibekali dengan kapasitas memori yang cukup besar sehingga sangat bisa diandalkan. Tapi, masyarakat di era sekarang kadang tetap memerlukan tambahan memori eksternal untuk mendukung penyimpanan ponsel.

Sayangnya, OPPO Reno 8 Pro 5G RAM 8GB ini tidak dibekali dengan slot memori. Jadi, kamu harus puas dengan memori internal yang sudah diberikan oleh perangkat ini saja. 

  • Memiliki Layar yang Kurang Responsif

Kekurangan selanjutnya yang dimaksud ponsel ini agaknya kurang memuaskan pecinta game. Pasalnya, layar yang dimiliki ponsel ini memang kurang responsif sehingga kurang halus saat digunakan.

Kekurangan ini sangat jelas terlihat setelah kamu memutar video maupun ketika memainkan game. Padahal, seharusnya untuk HP kelas menengah sudah dibekali dengan refresh rate lebih dari 90 Hz.

  • Tidak Tahan Terhadap Air

Kekurangan ini sangat disayangkan bagi pengguna perangkat, terutama yang ingin menggunakan ponsel ini untuk outdoor. Pasalnya, ponsel memang belum mendukung fitur terhadap air.

Harga OPPO Reno8 Pro 5G

Soal harga, di Indonesia memang belum ada pemberitahuan resmi dari pabrikannya. Namun banyak yang memprediksi jika ponsel ini menyasar kelas menengah di harga antara Rp5 juta hingga Rp8 jutaan.

Sekarang, kamu sudah tahu spesifikasi, review hingga harga OPPO Reno8 Pro 5G terbaru. Jika dirasa kelebihannya memang cocok dengan kebutuhan, bisa mempertimbangkan untuk membeli ponsel ini.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official OPPO Reno8 Pro 5G

Leave a Reply

Your email address will not be published.