Spesifikasi dan Review OPPO A57 2022

Posted on

OPPO A57 menjadi salah satu ponsel keluaran OPPO terbaik yang bahkan saat ini masih digandrungi masyarakat Indonesia. Spesifikasi yang mumpuni dengan dukungan fitur dan teknologi tercanggih membuatnya jadi ponsel favorit saat ini.

Spesifikasi OPPO A57

OPPO A57

Keluaran2022, April 14
Platform
RAM6GB/8GB
ChipsetMediaTek MT6833P Dimensity 810 (6 nm)
Penyimpanan128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM

UFS 2.1 (128GB/8GB)

UFS 2.2 (128GB/6GB)

CPUOcta-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Sistem OperasiAndroid 12, ColorOS 12.1
Kamera Belakang
Dual Camera13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.06″, 1.12µm, AF

2 MP, f/2.4, (depth)

Video1080p@30fps
FiturLED flash, HDR, panorama
Kamera Depan
Single Camera8 MP, f/2.0, 26mm (wide)
Video1080p@30fps
Fitur
Bodi
Dimensi163.8 x 75.1 x 8 mm (6.45 x 2.96 x 0.31 in)
Berat186 gram (6.56 oz)
WarnaHitam, Biru, Metalik
Layar6.56 inches, 103.4 cm2 (~84.0% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1612 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Konektivitas
JaringanGSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by
Dukungan
Bluetooth5.2, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
NFCAda
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go
PortAda
Lain-lain
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
RadioTidak Ada

 Review OPPO A57

Spesifikasi OPPO A57

  • Desain yang Ramping dan Sangat Stylish

Kesan pertama ketika menggenggam HP ini adalah ramping dengan desain yang begitu stylish. Hal tersebut karena ponsel ini hanya mempunyai ketebalan 7,99mm saja.

Pasalnya, ponsel menerapkan desain retro yang didesain dengan ujung body berbentuk kotak alias tidak membulat seperti ponsel pada umumnya. Bobot yang ringan juga membuat pengguna makin nyaman meski memegang HP dalam jangka panjang.

  • Layar

Banyak yang bilang jika layar milik A57 ini punya ukuran ideal. Hal tersebut karena dimensinya yang tidak terlalu besar serta dukungan bezel tipis pada tepian layar. Hadir dengan layar berukuran 6,56 inci IPS membuat ponsel mampu menyuguhkan warna yang begitu elegan.

Belum lagi layar beresolusi HD+ (1612 x 720) yang juga didukung dengan refresh rate 60 Hz. Hal tersebut membuat ponsel makin jernih dan sangat tajam saat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

  • Interface

Menjadi salah satu smartphone entry-level tahun 2022, ponsel telah mengadopsi Android 12 yang juga dipoles dengan ColorOS 12.1 terbaru. Tampilan antarmuka ini membuat interface smartphone jadi sederhana dan nyaman untuk dipandang mata.

  • Performa

Performa yang dimiliki A57 RAM 4GB sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya didukung dengan prosesor MediaTek Helio G35 yang mengandalkan fabrikasi 12nm delapan core. Hal tersebut membuat kebutuhan main game jadi anti lemot dan tidak ribet sama sekali.

Untuk kebutuhan multitasking, OPPO telah membekali perangkat ini dengan RAM 4GB serta Penyimpanan 64GB yang bahkan bisa diperluas dengan microSD.

  • Kamera

Untuk sektor kamera, OPPO membekali kemampuan fotografi yang sangat mumpuni. Hal tersebut karena dukungan kamera utama beresolusi 13 MP dengan fitur f /2.2 serta depth 2 MP f/2.4.

Di kamera belakang ini juga ada banyak teknologi mumpuni yang bisa dimanfaatkan. Di antaranya seperti Night Mode, Dazzle Color, Portrait, hingga Pro Mode sehingga membuat foto jadi tampak jelas dan sangat cerah.

Untuk kamera selfie, A57 dibekali dengan kamera beresolusi 8 MP F/2.0 dengan fitur AI retouching. Jadi dapat menghasilkan gambar selfie yang benar-benar bagus dan halus.

  • Baterai

Untuk mendukung segala aktivitas penggunanya, ponsel ini didukung dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Ponsel juga didukung dengan kemampuan fast charging 33W.

Fitur ini membuat pengguna dapat mengisi baterai sampai 50 persen hanya dalam waktu 26 menit saja. Sangat cocok untuk kamu yang tidak mau menunggu lama saat charging ponsel.

Kelebihan OPPO A57

Kelebihan OPPO A57

Menjadi salah satu ponsel terkeren di kelasnya, sudah pasti OPPO membekali perangkat ini dengan segudang kelebihan. Berikut berbagai kelebihan yang dimaksud:

  • Layar Beresolusi HD+ dengan Pemindai Sidik Jari Berteknologi

Kelebihan pertama yang dimiliki ponsel ini adalah layar IPS LCD yang berukuran 6,56 inci. Tak hanya itu saja, ponsel ini juga mendukung resolusi layar 720 x 1612 piksel alias sudah HD+.

Hal tersebut membuat kenyamanan main game maupun streaming video jadi benar-benar mumpuni. Bukan hanya itu, layar ponsel ini juga mempunyai sudut penglihatan yang sangat baik.

Tak hanya dibekali dengan layar yang sangat bagus, A57 terbaru ini juga juga memiliki punya pemindai sidik jari di bagian bodi samping. Fitur pemindai sidik jari perangkat ini telah dibuat  menyatu dengan tombol power sehingga memiliki tingkat sensitivitas yang terjamin.

  • Menyuguhkan Desain Premium OPPO Glow

Perangkat ini dibekali dengan dimensi 163,8 x 75,1 x 8 mm yang memiliki berat hanya sekitar 186 gram. Wajar jika dinilai cukup ramping untuk dibawa kemana saja.

Menariknya lagi, desain HP ini sangat menarik berkat Oppo Glow. Dengan desain ini, wajar jika perangkat sangat terlihat premium dan elegan dibanding smartphone lain di kelasnya.

  • Sudah Tahan Terhadap Debu dan Air

Daya tahan yang dimiliki ponsel ini juga tidak bisa dianggap remeh. Hal tersebut karena A57 ini sudah mendapat sertifikasi IP54. Artinya, perangkat sudah tahan terhadap air maupun debu.

Wajar jika ponsel ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Termasuk keperluan outdoor di alam bebas. Belum lagi, smartphone juga sudah lolos uji tes sebanyak 20 ribu kali plug in USB.

  • Dibekali dengan Kualitas Speaker Stereo yang Sangat Jernih

OPPO juga membekali perangkatnya ini dengan fitur Ultra – Linear Stereo Speaker. Ada juga teknologi DIRAC 3.0 yang membuat perangkat mampu mengeluarkan suara stereo tetap jernih.

Bahkan kualitas suara speaker ini dapat dibuktikan hingga membesarkan suara sampai 100%. Bagi yang belum tahu, posisi speaker ada di bagian bawah dan bagian atas smartphone. Wajar jika suaranya dapat keluar dengan bagus dan maksimal.

  • Dilengkapi dengan Fitur Mode Malam pada Kameranya

Kamera depan milik perangkat ini sudah memakai A57 berjenis kamera wide dengan resolusi 8 MP aperture f/2.0. Pada kamera ini juga telah berbagai fitur unggulan, di antaranya seperti fitur mode malam.

Fitur ini sangat menarik karena membuat pengguna dapat menjepret gambar dengan bagus meski ketika malam hari. 

  • Fitur Supervooc 33W

Bagi yang enggan menunggu lama saat melakukan pengisian daya, perangkat ini bisa diandalkan. Karena kapasitas baterai yang dimiliki perangkat ini cukup jumbo, 5.000 mAh. Belum lagi adanya dukungan teknologi fast charging yang dikenal dengan sebutan Super VOOC 33W.

Tak heran jika pengisian baterai perangkat cukup cepat. Karena dalam waktu 20 menit saja, baterai perangkat sudah mengisi 50% total daya baterai.

Kekurangan Oppo A57

Kekurangan Oppo A57

Meski disebut sebagai ponsel paling sempurna di kelasnya, ternyata A57 tetap punya beberapa kekurangan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Memiliki Desain Kamera Depan yang Sangat Standar

Perangkat OPPO ini masih mengandalkan desain kamera depan model Water Drop. Tak heran jika modelnya cukup mengganggu kenyamanan pengguna. Bahkan, karena modelnya ini ponsel mirip dengan pendahulunya.

  • Tidak Dilengkapi dengan Chipset Gaming

Memang cukup disayangkan, terutama bagi penggemar gaming. Karena chipset yang digunakan oleh perangkat ini masih MediaTek Helio G35 kelas bawah. Meski masih bisa digunakan untuk main game, tapi kenyamanan dan kepuasan penggunanya masih terganggu.

  • Memiliki Refresh Rate 60Hz

Kekurangan selanjutnya A57 adalah refresh rate yang masih 60Hz saja. Padahal untuk perangkat keluaran tahun yang sama sudah memakai refresh rate 90Hz hingga 120Hz.

Harga OPPO A57

Ponsel ini masuk ke kelas menengah dengan harga Rp2,4 jutaan saja. Tentu cukup membingungkan pencari ponsel berkat berbagai fitur yang ada di dalamnya.

OPPO A57 masih menjadi salah satu perangkat smartphone milik OPPO yang paling laris saat ini. Hal tersebut berkat dukungan fitur dan teknologi mumpuni di dalamnya. 

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official OPPO A57

Leave a Reply

Your email address will not be published.