Catat! Inilah Daftar Kode Area Telkomsel Paling Update!!


Apakah kamu pengguna kartu Simpati? Coba lihat berapa kode area Telkomsel pada kartu tersebut. Kode area adalah 3 angka yang berada tepat di belakang 4 digit pertama pada nomor kartu Telkomsel kamu, baik prabayar ataupun pasca bayar. 

Jadi, kode area tersebut tidak hanya berlaku untuk kartu Simpati saja, tetapi juga kartu prabayar Telkomsel lainnya, seperti As dan Loop. Kode area juga terdapat pada kartu pasca bayar Telkomsel, yaitu Kartu Halo.

Apa Itu Kode Area Telkomsel?

Kode Area Telkomsel | Portal, Pengetahuan, Nomor telepon

Kalau diamati, pada saat membeli kartu perdana Telkomsel, maka pada kemasannya akan tertulis areanya, misalnya Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagainya. Kartu GSM dari provider, terutama Telkomsel memang memiliki kode-kode yang mempunyai arti masing-masing.

Salah satunya adalah kode area atau Home Location Register (HLR). Kode area atau HLR Telkomsel ini terdiri dari 3 angka yang letaknya tepat setelah 4 digit pertama dari nomor kartu seluler. HLR dibuat supaya provider lebih mudah membuat klasifikasi berdasarkan daerah masing-masing.

Tujuan dari pembuatan kode area ini yaitu supaya provider, dalam hal ini Telkomsel bisa melakukan manajemen yang terstruktur atas kartu-kartu yang telah dikeluarkannya. Kode wilayah atau kode area tersebut dibuat dengan kode khusus yang berbeda untuk setiap daerah.

Cara Membaca Kode Kartu Telkomsel

Seperti sudah diketahui masyarakat, Telkomsel menyediakan 2 jenis kartu seluler, yaitu prabayar dan pasca bayar. Sedangkan untuk kartu prabayar sendiri ada 3 macam, yaitu Simpati, As dan Loop. Kode pada kartu memudahkan kamu mengenali jenis kartu apa yang dipakai.

Setiap operator seluler memiliki kode yang terdiri dari 4 digit angka di depan tersebut, termasuk Telkomsel. Arti 4 digit pertama pada kartu seluler menunjukkan kartu seluler apa yang digunakan. Empat digit angka pertama itu disebut sebagai kode awal atau prefix.

Untuk kode awal kartu Telkomsel, 4 digit pertama yang dimiliki terdiri dari :

  1. Nomor 0811 adalah kode awal Kartu Halo yang terdiri dari 10 atau 11 digit.
  2. Nomor 0812 adalah kode area Kartu Halo dan Kartu Simpati, terdiri dari 10 atau 11 digit.
  3. Nomor 0813 adalah kode awal Kartu Halo dan Kartu Simpati, terdiri dari 11 dan 12 digit.
  4. Nomor 0821 adalah kode area Kartu Simpati yang terdiri dari 12 digit.
  5. Nomor 0822 adalah kode area Kartu Simpati dan Facebook.
  6. Nomor 0823 adalah kode area Kartu As yang terdiri dari 12 digit.
  7. Nomor 0851 adalah kode area As dan Flexi
  8. Nomor 0852 adalah kode awal Kartu As yang memiliki 12 digit.
  9. Nomor 0853 adalah kode area As dengan 12 digit.

Cara Cek Kode Area Telkomsel

Kadang-kadang kalau hanya melihat angka-angka yang berderet pada nomor kartu seluler, hanya membuat kamu bingung dan pusing. Tenang saja, karena ada cara lainnya untuk melihat kode area Telkomsel dari kartu yang kamu miliki.

Cara memeriksa kode area kartu Telkomsel yaitu :

  1. Periksa kode area melalui www.ceebdyth.co dari browser.
  2. Pilih menu “Lokasi HP” atau “Pencarian HLR” yang terletak pada layar sebelah kiri.
  3. Setelah itu, kamu tinggal memasukkan nomor HP yang akan dicek kode areanya, lalu ketuk “Cari”.
  4. Tunggu pencarian diproses dan hasilnya dimunculkan di layar.

Secara umum, kode area Telkomsel dibagi menjadi 3 jenis kartu yaitu Halo, Simpati dan As. Pencarian kode area kartu Telkomsel juga dapat dilakukan secara manual yaitu menggunakan CTRL+F lalu silahkan masukkan nama daerah atau areanya.