Resmi Diluncurkan, Apa Itu Telkomsel Prabayar?


Telkomsel Prabayar adalah jenis kartu seluler milik provider Telkomsel, yang pembayaran tarifnya dilakukan oleh pengguna sebelum menggunakan layanannya. Pengguna harus mengisi pulsa ataupun paket data lebih dulu, sebelum nomor dapat dipakai untuk komunikasi dan internet.

Kartu Telkomsel Prabayar yang telah dikenal oleh masyarakat ada 3 macam, yaitu Simpati, As dan Loop. Pada pertengahan tahun 2021 yang lalu, bersamaan dengan penggantian logo provider terbesar tersebut, dilakukan peleburan pada Simpati, As dan Loop menjadi Telkomsel Prabayar.

Pengertian Telkomsel Prabayar Adalah

Kartu perdana Telkomsel PraBayar Brand baru Telkomsel gabungan simPATI, kartu As dan LOOP - GraPARI Banjarbaru

Sudah sejak lama masyarakat Indonesia mengenal dan menggunakan kartu GSM Simpati dari Telkomsel untuk ponsel mereka. Kartu Simpati memang jenis kartu prabayar pertama milik Telkomsel yang dihadirkan kepada publik.

Seiring dengan perkembangannya, kemudian Telkomsel mengeluarkan produk kartu prabayar lainnya yaitu Kartu As yang disusul oleh Loop. Kedua jenis kartu tersebut memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan Kartu Simpati yang hadir lebih dulu.

Pada pertengahan tahun 2021 yang lalu, Telkomsel melakukan penyederhanaan produk dengan melakukan peleburan atas ketiga kartu Prabayar tersebut, yaitu Simpati, As dan Loop. Ketiganya telah dilebur ke dalam satu merek dan berganti nama menjadi Kartu Telkomsel Prabayar.

Jadi, kartu Telkomsel Prabayar adalah bentuk penggabungan dari tiga jenis kartu prabayar milik Telkomsel, yang terdiri dari Simpati, As dan Loop. Peleburan ini dimaksudkan supaya pelayanan  bisa dilakukan secara lebih menyeluruh dan terintegrasi demi memenuhi kebutuhan pelanggan.

Apakah Pelayanan Telkomsel Prabayar Berubah?

Dengan adanya peleburan terhadap kartu prabayar tersebut, mungkin pelanggan akan bertanya-tanya apakah terdapat perbedaan pelayanan yang dilakukan oleh provider? Pihak Telkomsel sendiri menegaskan bahwa tidak akan ada yang berubah terhadap pelayanan yang diberikan.

Pelanggan Telkomsel yang menggunakan Simpati, As maupun Loop tidak perlu kuatir, karena nomor yang telah dipakai selama ini tidak akan berubah. Begitu juga dengan jenis layanan kartu prabayar Telkomsel yang telah dinikmati selama ini, tetap diberikan.

Penggabungan ketiga kartu tersebut menjadi Telkomsel Prabayar, juga tidak merubah skema tarif yang berlaku, voucher isi ulang, masa aktif, jenis paket dan sebagainya. Bedanya hanyalah semuanya kini berada di bawah satu naungan merek yang sama yaitu Telkomsel Prabayar.

Sekalipun telah dilebur menjadi satu merek, pelanggan Telkomsel tetap bisa memilih jenis kartu prabayar yang ingin digunakan, apakah Simpati, As atau Loop. Hal tersebut dikarenakan ketiga kartu tersebut masih tersedia stoknya di pasaran.

Layanan Kartu Telkomsel Prabayar

Kamu mungkin juga bertanya, setelah dilebur menjadi satu merek, lalu bagaimanakah nasib layanan kartu Telkomsel Prabayar tersebut. Seperti kaya yang dikatakan oleh VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, pelayanan akan dilakukan bertahap.

Layanan yang telah bisa dinikmati sekarang yaitu UMB yang sudah disatukan untuk ketiga kartu tersebut. Nomor Customer Touchpoints UMB untuk Simpati, As dan Loop, kini sama yaitu *363# tanpa adanya pemisahan berdasarkan merek lagi.

Begitu juga dengan jenis layanannya, pemilik ketiga kartu tersebut tidak akan dibedakan lagi. Contohnya, harga dan spesifikasi layanan seperti paket kuota dan lainnya, akan sama untuk semua pemilik kartu Prabayar, baik Simpati, As maupun Loop.

Perbedaan Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Pascabayar

Telkomsel Luncurkan Kartu Prabayar Khusus Turis Dukung Potensi Kawasan Mandalika

Selain memiliki produk prabayar, Telkomsel juga hadir dengan layanan kartu pasca bayar melalui Kartu Halo. Banyak yang bertanya, apa sebenarnya perbedaan Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Pascabayar tersebut. 

Perbedaan di antara keduanya dapat dilihat dari beberapa faktor, yaitu:

  • Pengertian

Dari namanya saja sudah bisa dilihat bagaimana perbedaan keduanya. Telkomsel prabayar adalah jenis kartu yang harus dibayar dulu biayanya oleh pengguna sebelum menikmati layanan yang disediakan. Pembayaran dengan cara pembelian pulsa ataupun paket data.

Sedangkan cara pembayaran Telkomsel pascabayar dilakukan setelah pelanggan menggunakan layanannya. Perhitungannya dibuat setiap bulan dan dibayarkan per bulan juga. Gampangnya, Telkomsel pascabayar ini tidak jauh beda dengan telepon rumah yang dibayar setiap bulan.

  • Tarif 

Kartu Telkomsel Prabayar adalah kartu yang pembayaran layanannya dilakukan sebelum digunakan. Tarif atau biaya layanan bisa dipilih sejak awal sesuai dengan kebutuhan. Pelanggan bisa membeli pulsa ataupun kuota internet sesuai dana yang dimilikinya.

Ketika pulsa atau kuota internet yang dibeli telah habis, maka kartu tidak bisa lagi digunakan untuk mengakses layanan. Kalau ingin menikmati layanan kembali, pengguna harus isi ulang pulsa atau beli kuota internet lagi.

Sedangkan tarif Kartu Halo cenderung lebih mahal daripada kartu prabayar. Telkomsel memberikan promosi tarif pada pengguna baru, dan selanjutnya akan mengalami penyesuaian setelah penggunaan 3,6 ataupun 12 bulan. 

Pengguna kartu Halo bisa memakai kartu sepuasnya dan semua total biaya akan ditagihkan pada bulan selanjutnya sesuai dengan penggunaan. Jadi, pemakai kartu pascabayar tidak perlu kuatir kehabisan pulsa. 

Kesimpulannya, Telkomsel Prabayar adalah produk atau merek baru yang merupakan hasil penggabungan dari tiga jenis kartu prabayar Telkomsel yang telah hadir sebelumnya. Ketiga kartu tersebut adalah Simpati, As, dan Loop.