4 Alasan Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak dan Tips Mudah Mengatasinya!!

Posted on

Tak sedikit para pengguna aplikasi chatting yang sering bertanya-tanya mengenai alasan kenapa WhatsApp tidak bisa menyimpan kontak secara tiba-tiba. Bahkan meskipun sudah mencoba menyimpannya kembali, namun nomor tersebut tetap tidak bisa tersimpan. Nah, bagi kamu yang penasaran mengenai apa faktor yang menjadi pemicunya dan bagaimana cara mengatasinya, simak informasinya berikut.

Sekilas Tentang Aplikasi WhatsApp

4 Alasan Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak dan Tips Mudah Mengatasinya

Secara umum, WhatsApp sendiri merupakan sebuah aplikasi perpesanan instan dan lintas platform pada perangkat ponsel yang mana dapat memungkinkan pengguna untuk saling bertukar pesan dengan koneksi jaringan internet. Jika dilihat secara sekilas, aplikasi berlogo telepon warna hijau ini memiliki tampilan yang sederhana dengan berbagai fitur menarik yang menjadikannya banyak diminati oleh orang-orang.

Jika melihat dari sekian banyaknya fitur yang tersedia untuk digunakan pengguna, salah satu fitur yang cukup banyak digunakan para pengguna yakni WhatsApp Story. Dengan menggunakan fitur ini, maka kita sebagai pengguna dapat dengan mudah membagikan status yang ingin dibagikan. Baik itu berupa status dalam bentuk teks, gambar maupun video sekalipun.

Meski demikian, kita sendiri juga harus paham bahwasanya tidak ada aplikasi yang sempurna, termasuk aplikasi WhatsApp yang satu ini. Dimana, aplikasi ini sering kali membuat pengguna merasa jengkel ketika mereka tidak bisa menyimpan nomor baru. Alhasil, kontak tersebut hanya berupa nomor yang mana tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Alasan Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak

Alasan Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak

Menambah atau menyimpan nomor telepon orang ke daftar kontak dinilai penting dilakukan jika orang tersebut memang kita kenal. Ini tentu saja berguna untuk memudahkan kita sebagai pengguna agar dapat menghubungi orang tersebut jika ada keperluan. Tidak hanya itu saja, adanya kontak telepon ini juga nantinya akan langsung terhubung dengan aplikasi WhatsApp jika nomor tersebut sudah memiliki akun WhatsApp.

Akan tetapi, tak sedikit pengguna yang sering kali mengalami masalah dimana kontak yang dimasukkan tidak tersimpan dengan baik di WhatsApp. Hal itu tentu saja menjadi tanda tanda besar bagi pengguna, bukan? Oleh karena itu, bagi kamu yang mungkin pernah atau sekarang sedang mengalaminya, maka bisa simak beberapa faktor penyebab yang menjadikan WhatsApp tidak bisa menyimpan kontak berikut.

1.    Penyimpanan Kontak Sudah Terlalu Penuh

Perlu kamu ketahui, bahwa salah satu penyebab utama kenapa aplikasi WhatsApp tidak dapat menyimpan kontak yakni karena penyimpanan kontak yang dinilai sudah terlalu penuh. Menurut informasi yang beredar, maksimal kontak yang bisa disimpan yakni sekitar 250 untuk di kartu SIM ponsel. Sehingga ketika SIM Card tidak bisa menyimpan kontak baru, bisa jadi ini disebabkan karena kapasitas penyimpanan kontak tersebut sudah terlalu penuh.

Sementara itu, untuk lokasi penyimpanan di perangkat ponsel mungkin saja bisa menyimpan hingga 1000 kontak. Dan jika kamu sudah genap memiliki kontak sebanyak 1000, maka bisa jadi ini akan mengakibatkan kamu tidak bisa lagi menambah kontak di ponsel yang dimiliki.

2.    Perangkat Memori Internal Penuh

Selain karena kapasitas penyimpanan kontak yang memang sudah terbilang penuh, alasan lain yang membuat aplikasi WhatsApp tidak bisa untuk menyimpan nomor kontak baru yakni karena adanya perangkat memori internal yang penuh. Hal ini tentu saja merupakan kondisi yang wajar lantaran menyimpan kontak juga dibutuhkan adanya ruang meskipun sedikit. Jadi, pastikan dalam hal ini memori internal yang kamu miliki tidak penuh ketika akan menyimpan nomor kontak.

Sebab jika memori internal dalam kondisi yang penuh, tentu saja ini akan menyebabkan masalah lain. Dimana, kamu nantinya tidak akan bisa untuk menerima SMS ataupun panggilan masuk. Terlebih lagi untuk membuka aplikasi maupun menambah kontak baru.

3.    Nama Kontak yang Terlalu Panjang

Sering kali tidak disadari bagi pengguna, bahwa alasan sepele yang membuat kontak tidak bisa tersimpan di aplikasi WhatsApp yakni karena pemberian nama kontak yang terlalu panjang. Padahal, ada beberapa perangkat yang mana hanya bisa menyimpan 2 kata saja untuk nama kontak. Maka dari itulah, disini pastikan kamu memberikan nama kontak dari 2 kata saja.

Meskipun demikian, nama kontak yang kamu berikan ini juga perlu diingat dengan baik. Hal ini dilakukan agar nantinya kamu tidak salah orang ketika akan menghubungi kontak tersebut ketika ada kepentingan tertentu.

4.    Nomor yang Dimasukkan Tidak Valid

Tahukah kamu, bahwa nomor kontak dikatakan valid jika memiliki jumlah digit antara 10 sampai dengan 13 nomor. Jika nomor darurat tersebut tidak benar alias tidak valid, maka besar kemungkinan hal itu akan membuat kamu merasa kesulitan dalam menyimpan nomor tersebut. Sehingga, hal inilah yang akan membuat kamu merasa kesulitan dalam menyimpan kontak di nomor WhatsApp.

Maka dari itu, sebelum benar-benar memasukkan nomor kontak seseorang, cek ulang nomor tersebut agar benar-benar valid. Dengan demikian, maka kamu akan lebih mudah untuk menyimpannya dan menghubungi nomor tersebut nantinya.

Tips Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak

Tips Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menyimpan Kontak

Setelah tadi kita membahas mengenai beberapa alasan yang membuat kontak tidak bisa tersimpan di aplikasi WhatsApp, maka selanjutnya kita akan mengulas mengenai tips mudah mengatasi permasalahan tersebut. Untuk tips mengatasi masalah ini, kamu hanya perlu menerapkan beberapa cara mudah di bawah ini.

1.    Lakukan Restart Ponsel

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa menyimpan kontak yakni dengan melakukan restart ponsel. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menekan tombol restart dan klik restart dan tunggu sampai proses restart selesai dilakukan hingga ponsel menampilkan layar utama. Dengan cara ini, maka akan membuat nomor WhatsApp bisa kembali kamu simpan.

2.    Pastikan WhatsApp Selalu Update Secara Rutin

Seperti yang kita ketahui, bahwa WhatsApp umumnya akan melakukan pembaruan atau dikenal dengan istilah update secara berkala. Tujuannya yakni untuk menjaga agar performa aplikasi tersebut tetap berjalan dengan baik sehingga tidak akan membuat penggunanya merasa kecewa. Nah, jika kamu mengalami masalah sulit menyimpan kontak di WhatsApp, maka bisa melakukan update WhatsApp untuk memperoleh fitur terbaru nantinya.

3.    Hapus Data di Aplikasi WhatsApp

Apabila dari kedua cara di atas masih juga belum berhasil, maka kamu bisa mencoba dengan menghapus data di aplikasi WhatsApp melalui menu Pengaturan. Untuk cara ini terbilang berbeda antara ponsel yang satu dengan ponsel lain karena bergantung dengan merk ponsel yang dimiliki. Akan tetapi, secara umumnya caranya hampir mirip yakni sebagai berikut :

  • Langkah pertama, kamu hanya perlu membuka menu Pengaturan di ponsel yang digunakan.
  • Setelah itu, tinggal pilih bagian menu Aplikasi.
  • Kemudian, kamu cukup cari aplikasi WhatsApp.
  • Dan jika sudah, maka kamu hanya perlu memilih opsi “Hapus Data”
  • Nantinya setelah data WhatsApp berhasil terhapus, maka kemungkinan kamu akan diminta untuk melakukan proses login Disini kamu hanya perlu masuk seperti ketika pertama kali melakukan proses login WhatsApp.

Demikian pembahasan menarik bagi kamu mengenai alasan kenapa WhatsApp tidak bisa menyimpan kontak dan tips mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *