Memahami Hmm Artinya di 2023 dan Mengapa Orang Menggunakannya!!

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang secara sengaja maupun tidak sengaja kita sering mengucapkan kata ‘hmm’. Kata yang sederhana ini memang terkadang tidak memiliki arti apa-apa dan hanya menjadi ungkapan lalu saja, namun hmm artinya sering memiliki makna yang tersembunyi. Terkadang, artinya pun tergantung konteks percakapan dan situasi yang terjadi.

Hmm Artinya

Hmm Artinya

1.      ‘Hmm’ Intonasi Panjang

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI sendiri, kata ‘hmm’ ini masih belum diketahui secara pasti dan akurat. Sebab, penggunaan kata ini dapat ditafsirkan secara berbeda tergantung dari berbagai macam faktor tertentu. Namun, ada pula yang bisa langsung memahami maksud dari kata ‘hmm’ ini berdasarkan intonasi yang diucapkan oleh seseorang.

Apabila seseorang mengucapkan kata ‘hmm’ dengan intonasi yang cukup panjang, hal itu memiliki arti bahwa dia sedang berusaha untuk memikirkan secara mendalam apa yang sudah dikatakan oleh orang lain atau sedang berpikir tentang suatu hal. Kata ‘hmm’ menjadi indikator bahwa dia ingin diberikan waktu untuk berpikir dalam beberapa saat tanpa diinterupsi oleh pihak yang lain. Dengan begitu, nantinya dia akan sampai pada kesimpulan secara pribadi karena sudah berpikir cukup lama.

2.      ‘Hmm’ Intonasi Tinggi

Selain kata ‘hmm’ dengan intonasi panjang untuk berpikir, ada pula orang yang mengucapkan kata ini dengan intonasi yang cukup tinggi. Dia akan bercakap-cakap dengan seseorang dan ketika ada gangguan tertentu yang membuatnya tidak bisa menangkap maksud lawan bicara, maka dia akan berusaha untuk membuat pihak lain mengulangi maksud ungkapannya. Biasanya, seseorang itu akan berkata, “Maaf, aku kurang mendengar apa yang kamu katakan. Hmm, apa kamu bisa mengulanginya lagi?”

Penekanan pada kata ‘hmm’ yang tinggi bertujuan agar pihak lain segera mengucapkan kembali apa yang sebelumnya dia katakan. Tidak hanya untuk menjadi indikasi agar orang lain mengulang ungkapan, namun kata ‘hmm’ berintonasi tinggi juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang merasa setuju dengan pendapat atau pernyataan yang diucapkan oleh orang lain.

3.      ‘Hmm’ yang Diucapkan dengan Cepat

Pada saat kondisi tertentu, banyak pihak yang berusaha mengucapkan kata ‘hmm’ dengan cukup cepat dan hal ini memiliki arti bahwa dia hendak menyatakan tanda kurang setuju pada pendapat orang lain atau merasa ragu-ragu akan kebenaran dari pendapat itu. Hal ini biasanya dilakukan dalam situasi yang cukup non-formal, namun terkadang ada banyak pula orang yang mengucapkan kata ini ketika sedang seminar yang bersifat formal.

Seorang ahli bahasa dari University of Minnesota yakni Anatoly Liberman menjelaskan bahwa sebenarnya kata ‘hmm’ digunakan ketika orang-orang hendak berpikir dalam menyelesaikan suatu kondisi tertentu. Meskipun dipakai dalam seluruh bahasa, namun tidak ada yang mengetahui dari mana awal penggunaan kata ini. Hanya saja, bisa disimpulkan bahwa kata ‘hmm’ yang diungkapkan dalam gerakan cepat dapat menjadi alternatif ketika hendak menyatakan pendapat yang berbeda dengan lawan bicara.

Arti Kata ‘Hmm’ yang Dipakai Perempuan Saat Chatting

Arti Kata ‘Hmm’ yang Dipakai Perempuan Saat Chatting

Baik itu laki-laki atau pun perempuan, mereka pasti akan menggunakan kata ‘hmm’ baik itu dalam berdialog secara muka atau ketika sedang chatting. Dalam chat, perempuan sering menggunakan kata ini untuk menyampaikan maksud tertentu secara implisit dan tidak gamblang. Berikut adalah beberapa arti dari kata ‘hmm’ yang dipakai perempuan agar kamu tidak salah langkah ketika menge-chat mereka.

·         Merasa Bosan dengan Percakapan

Ketika perempuan tiba-tiba mengucapkan kata ‘hmm’ dalam chat, maka kemungkinan besar hal ini memiliki arti bahwa dia merasa bahwa chat yang kamu kirim kurang menarik untuk diperhatikan. Hal ini bisa terjadi ketika kamu merasa terlalu bersemangat dalam mengetik padahal apa yang kamu ceritakan bukanlah hal-hal yang mampu membuat minat dia merasa tergugah.

Saat perempuan merasa malas untuk merespons cerita yang kamu kirim, mereka terkadang hanya akan menanggapi dengan ‘hmm’ saja. Pastinya setiap orang akan merasa kehilangan energi untuk mengetik apa saja ketika sudah merasa bosan, bahkan membaca cerita yang kamu ketik pun terkadang akan membuatnya malas. Untuk itu, pastikan kamu bercerita ketika dia sedang bersemangat dan jangan terlalu berlebihan agar dia tidak merasa turn off ke kamu.

·         Kondisi Hati yang Bad Mood

Kemungkinan yang terakhir yaitu kondisi hati si dia ternyata kurang baik dan bad mood sehingga tidak ada keinginan untuk membalas pesanmu. Tidak perlu merasa khawatir pada saat fase ini, asalkan kamu bisa menghargai waktunya dan tidak membuatnya merasa kesal maka hubungan kalian pasti akan tetap aman.

Bisa dibilang hmm artinya bermacam-macam dan tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti apa yang ingin diungkapkan oleh seseorang jika menggunakan kata ini. Apabila kamu ingin memahami secara benar, tidak ada salahnya untuk bertanya pada pihak lain agar mereka menyampaikan dalam bentuk kalimat yang spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *