Kenapa Kita Harus Tahu Kode Negara Di Iphone?

Posted on

Membeli iphone tentunya tidak smebarang orang dapat membelinya. Hal ini karena iphone hadir dengan banyak perbedaan yang tidak dapat anda samakan dengan android. Tentunya handphone iphone sendiri ditawarkan dnegan harga yang jauh lebih mahal sehingga tidak jarang banyak pembeli yang khawatir apakah iphone yang dibeli illegal atau tidak. Untuk mengetahui cara mengetahui apakah iphone yang anda beli illegal atau tidak anda dapat mengecek melalui IMEI iphone. Sedangkan cara lainnya adalah dengan mengetahui kode negara iphone yang anda beli. Cara untuk mengetahui kode negara dari iphone tentunya sangatlah mudah dan dapat anda cek sendiri melalui iphone yang anda miliki.

Seberapa penting kode asal iphone?

Pada semua perangkat iphone terdapat sebuah kode negara dimana perangkat tersebut dibuat. Hal ini disebut juga sebagai kode regional. Beberapa dari kode negara iphonetersebut juga mempunyai ciri khasnya masing – masing bukan hanya sekedar huruf. Banyak orang yang mempermasalahkan kode region dari iphone ini. Sebenarnya kode negara iphone yang membedakan adalah regulasi penggunaan posnel dan assesorisnya menurut kebijakan masing – masing negara. Sedangkan dari segi kueliatas semua iphone dari negara manapun tetaplah sama asalkan sparepartnya belum pernah diganti dalam artian bahwa iphone tersebut masih original dari pabrik.

Fungsi dari kode negara iphone

Fungsi dari kode negara ini tidak hanya sebatas untuk mengetahui negara mana iphone tersebut diproduksi akan tetapi juga mempunyai beberapa fungsi lainnya seperti untuk mengetahui dimana anda dapat melakukan klaim atas garansi resmi yang disediakan. Hal ini tentunya menjadi sedikit polemic bagi pengguna iphone di indonesai karena belum adanya pabrik dan service centre apple di Indonesia. Untuk tempat terdekat yakni di singapura. Beruntungnya anda dapat melakukan klaim atas garansi yang diberikan oleh iphone di Authorized premium reseller dimana mereka akan membantu anda melakukan klaim ke negara aslanya. Akan tetapi tentunya cara ini membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Daftar kode negara iphone

Setiap dari iphone yang dijual hanya dijual resmi di satu negara saja oleh karena itulah garansi resminya juga hanya berlaku di satu negara saja. Lalu, negara mana saja yang sudah mempunyai pabrik dari iphone ini?

KODENEGARA
AKanada
ABArab Saudi, Mesir, Qatar, Uni emirat Arab, Yordania
BBritania Raya, Irlandia
BGBulgaria
BRBrazil, dirakit di Brazil
BTBritania Raya
BZBrazil, dirakit di China
CCanada
CHChina
ClParaguay
CMHungaria, Kroasia
CRKroasia
CSRepublik Ceko, Slovakia
CZRepublik Ceko
D/DMJerman
DNAustria, belanja, jerman
EMeksiko
EEEstonia
ELEstonia, Latvia
ERIrlandia
ETEstoria
FPrancis
FBLuxemburg, Prancis
FDAustria, Liechtenstein, Swiss
DSFinlandia
GBYunani
GHHungaria
GPPortugal
GRYunani
HBIsrael
HCBulgaria, Hungaria
IDIndonesia
INIndia
IPItalia, Portugal
J/JPJapan
KSwedia
KHChina, Korea Sleatan
KNDenmark. Norwegia
KSFinlandia, Swedia
LABarbados, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kolumbia, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Peru, Puerto Rico, Republik Dominica
LEArgentina
LLAmerika serikat
LPPolandia
LTLithuania
LVLatvia
LZChili, Paraguay, Uruguay
MGHungaria
MMAlbania, Makedonia, Montenegro
MYMalaysia
NDBelanda
NFBelgia, Luksemburg, Portugal, prancis
PL/ PMPolandia
POPortugal
PPFiliphina
PYSpanyol
QBRusia
QLItalia, Portugal, Spanyol
QNDenmark, islandia, Norwegia, Swedia
RKKazakhstan
RMKazakhstan, Rusia
RORumania
RP/ RS/RURusia
RRMoldova, Rusia
SESerbia
SLSlovakia
SOAfrika Selatan
SUUkraina
TItalia
TATaiwan
THThailand
TUTurki
TYItalia
VNVietnam
XAustria, Selandia Baru
YSpanyol
ZAHongKong, Macau
ZDAustria, Belanda, Belgia, Jerman, Luksemburg, Monaco, Prancis, Swiss
ZGDenmark
ZMZambia
ZOBritania raya
ZPSingapura
ZQJamaika
ZWZimbabwe

 

Setiap kode dari iphone tentunya berbeda untuk setiap negara oleh karena itu sangatlah penting sekiranya anda mengetahui darimana iphone anda berasal. Hal ini guna mengetahui di negara mana klaim atas garansi yang disediakan.

Ada juga beberapa kode lain yang patut juga untuk anda ketahu seperti kode M yang meruapakan kode iphone asli yang masih baru. Terdapat beberapa kode lainnya seperti F yang merupakan kode Refurbished unit resmi dari Apple, N yang merupakan kode replacement untuk produk yang diklaim memalui Apple Store dank ode P yang merupakan kode personalized untuk produk yang dibuat secara costume melalui Apple online store.

Dengan mengikuti kode – kode tersebut anda dapat mengetahu kondisi dari iphone anda apakah iphone anda termasuk dalam kategori iphone baru, refurbished, replacement ataukah kode yang lainnya.

Bagi anda yang berada di Indonesia, meskipun belum terdapat pabrik di negara ini akan tetapi anda masih dapat membeli iphone resmi di Indonesia. Hal ini ditunjukan dnegan kode provider yang biasanya tertera di bagian part bawah kontak iphone. Apabila iphone anda memiliki kode part tersebut maka anda dapat melakukan garansi di Indonesia.

Adapun kodenya adalah debagai berikut yakni kode PA/A untuk provider XL, ID/A untuk provider telkomsel dan FE/A untuk provider indosat. Sangat mudah bukan?

Cara mengecek kode negara iphone

Setelah anda mengetahui kode negara iphone anda pastinya langsung ingin memeriksa iphone anda berasal dari negara mana bukan? Untuk mengeceknya ada dua cara yang pertama anda dapat melihat di bagian bawah kotak kardus iphone nada. Anda dapat melihat kodenya. Nah, apabila kondisi dari kardus yang sudah tidak dapat terbaca kodenya anda dapat meloihat langsung dari iphone anda dengan cara membuka setting > General > About > model. Melalui cara itu anda sudah dapat melihat kode negara dari iphone anda. Dari negara mana iphone anda berasal. Sangat mudah bukan?

Itulah daftar kode negara pada iphone yang dapat anda ketahui. Dengan mengetahui kode negara tersebut tentunya akan memudahkan anda dalam beberapa hal seperti mengetahui dari negara manakah iphone nad berasal, di negara manakah anda dapat melakukan klaim akan garansi yang diberikan serta tentunya sangat membantu anda untuk terhindar dari segala bentuk penipuan. Hal ini tentunya sangatlah penting karena iphone yang di tawarkan masih dalam keadaan baru ataupun second selalu dalam keadaan harga yang masih melambung tinggi sehingga akan membuat banyak oknum untuk membuat replikanya. Sehingga anda harus mengetahui apakah iphone anda tersebut asli ataukah replica.

Sekali lagi, meskipun di Indonesia belum terdapat pabrik yang memproduksi iphone ini akan tetapi semua iphone yang ada di indoensia biasanya berasal dari negara – negara sekitarnya seperti singapura hongkong, china bahkan jepang. Anda dapat menghubungi bagian reseller resmi di Indonesia apabila terjadi kerusakan terhapa iphone anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *