Cara Mengisi Alamat di Shopee Yang Benar dan Masalah Didalamnya

Posted on

Bagi para pengguna Shopee baru, kemungkinan besar anda akan bertanya-tanya banyak hal bukan? Termasuk bagaimanakah cara mengisi Alamat di Shopee yang benar?

Mengingat, alamat ini sendiri menjadi hal yang paling krusial agar barang pesanan bisa sampai ke rumah dengan tepat dan tidak salah.

Seperti sudah diketahui, berbelanja di Shopee memang menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang belakangan ini. Terlebih lagi, untuk berbelanja didalamnya ternyata tidaklah sulit dilakukan bahkan terbilang sangat mudah.

Bukan hanya itu saja, marketplace inipun sering menawarkan promo ataupun voucher menarik untuk membuat pengalaman belanja jauh lebih menarik.

Cara Mengisi Alamat di Marketplace Shopee

Cara Mengisi Adress di Marketplace Shopee

Jika anda merupakan seorang pengguna lama, pastinya tidak akan menemukan kendala ketika menggunakannya.

Tetapi lain cerita apabila merupakan seorang pengguna baru dan masih awam, tentu akan kebingungan dalam menggunakannya termasuk dalam proses pengisian tersebut.

Jika berbicara mengenai dunia belanja online pastinya akan bersangkutan dengan keberadaan jasa pengiriman barangan bukan seperti JNT, JNE, SI Cepat, ID Express dan masih banyak lagi.

Agar jasa ekspedisi bisa mengirimkan ke rumah dengan tepat, maka pengguna diwajibkan melakukan pengisian tempat tinggal terlebih dahulu.

Nah, untuk melakukan pengisian address sendiri ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan lho. Tetapi anda harus memastikan apabila sudah terdaftar dan mempunyai akun Shopee terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah dalam mengisi address Shopee tersebut

Masuk Ke Aplikasi

Pertama, pengguna bisa langsung masuk ke dalam aplikasi Shopee dengan menggunakan nama pengguna ataupun password yang sudah didaftarkan. Apabila sudah, maka pada halaman utama, pengguna bisa mencari pilihan menu saya yang terletak di pojok kanan bawah.

Pergi ke Pengaturan Akun

Jika sudah berhasil masuk ke menu saya, maka bisa scroll kebawah hingga menemukan pilihan sub-menu Pengaturan akun.

Alamat Saya

Nah untuk selanjutnya, anda akan langsung dialihkan ke halaman baru dan pilih alamat saya dan tambah address baru

Mengisi Formulir Alamat

Nantinya, pengguna akan langsung diminta buat mengisi formulir address dengan data-data sebagai berikut nama, nomor telefon, kecamatan, kabupaten, kode pos, hingga informasi rumah lengkap.

Seperti dengan blok dan nomor rumah, alamat Gedung, RT/RW ataupun patokan lain sehingga kurir bisa dengan mudah menemukannya

Kirim Alamat

Cek kembali apakah lokasi tempat tinggal tersebut sudah sesuai ataukah belum. Jika sudah, maka anda bisa langsung mengirimkan dan selesai.

Bagaimana Cara Mengganti Alamat

Bagaimana Cara Mengganti Alamat

Sudah mengisi lokasi tempat tinggal tetapi ternyata terdapat data yang salah atau kurang tepat? Jika demikian, anda tidak perlu khawatir berlebih dahulu. Sebab, masih tetap bisa menggantinya dengan informais baru.

Atau jika perlu, pengguna juga bisa menambahkan alamat kedua sebagai alternative. Nantinya anda tinggal memilih salah satu yang paling tepat.

Apabila anda masih bingung dalam melakukannya, berikut ini cara buat mengganti alamat tersebut.

  1. Masuk ke aplikasi Shopee dengan menggunakan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya
  2. Pilihlah pengaturan yang terdapat pada menu saya dimana berlokasi di pojok kanan bawah
  3. Carilah sub-menu alamat saya seperti dengan cara sebelumnya
  4. Tekan pada pilihan alamat yang lama untuk mengubah data-datanya.
  5. Mulailah mengisi data baru dan lakukan konfirmasi
  6. Lokasi baru sudah berhasil dibuat

Namun apabila anda tidak ingin mengubah informasi sebelumnya, maka bisa menggunakan opsi lainnya yakni dengan memilih Tambah Alamat Baru pada halaman untuk mengganti alamat Saya. Adapun cara menambahnya ternyata juga sama seperti dengan sebelumnya.

Alamat Shopee Tidak Sah

Mengisi dan mengganti alamat diatas memang cukup mudah untuk dilakukan bukan? Tetapi bagaimanakah jika anda mengalami alamat tidak sah? Jelas dapat menjadi kendala tersendiri bukan?

Bahkan membuat sebagian besar dari pengguna akan merasa jengkel ketika sudah mendapatkan masalah satu ini.

Jika ternyata anda sedang mengalami kendala satu ini? maka sebaiknya jangan khawatir dan risau secara berlebihan. Karena ternyata masih ada acara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. berikut ini beberapa penyebab address tidak sah dan cara mengatasinya.

Karena Lebih dari 90 Karakter

Penyebab yang paling sering terjadi ketika alamat dianggap tidak Sah oleh Shopee adalah karena lebih dari 90 karakter. Seperti sudah diketahui, Shopee sendiri ternyata mempunyai aturan tersendiri terkait dengan hal diatas yakni tidak boleh melebihi 90 karakter.

Oleh sebab itu, apabila anda sudah memasukkannya tetapi masih gagal, cobalah untuk memeriksa dahulu apakah jumlah karakternya melebih batas. Cara untuk mengatasinya sendiri cukup mudah yakni dengan cara menguranginya saja.

Cobalah Log out dari Akun Sebelum Memasukkan Alamat

Jika cara diatas ternyata masih belum berhasil, maka pengguna tidak perlu khawatir terlebih dahulu. Cobalah buat log out atau keluar dari aplikasi Shopee dahulu. Jangan lupa sebelum keluar, maka wajib buat membersihkan cache yang terdapat didalam aplikasi.

Ketika sudah keluar, anda bisa masuk kembali ke dalamnya. Buka menu saya dan pilih pengaturan untuk memasukkan alamat. Silahkan buat kembali tetapi pastikan jangan sampai melebihi 90 karakter didalamnya.

Cobalah Untuk Updrage Aplikasi

Apabila cara diatas masih gagal untuk mengatasi permasalahannya, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah aplikasi belum mendapatkan upgrade ke versi terbarunya.

Oleh sebab itulah, kami sarankan agar mengupgrade dahulu ke versi terbaru. Untuk kemudian bisa langsung menginput alamat baru.

Re-Install Shopee

Masih belum juga teratasi masalah diatas? jika ya, maka cobalah agar meng-uninstal aplikasinya terlebih dahulu. Apabila sudah dicopot, anda bisa langsung install kembali dan mengisi alamatnya sesuai dengan syarat dan ketentuannya

Cobalah Hubungi Customer Service

Ini adalah cara terakhir buat mengatasi masalah diatas yakni dengan menghubungi bagian customer service. Adapun CS dari Shopee inipun akan dibuka selama 24 jam baik melalui email, telefon, live chat, twitter ataupun Instagram.

Cobalah bertanya kepada mereka penyebab mengapa kesulitan dalam memasukkannya.

Masalah Lainnya Yang Sering Terjadi

Memang dalam memasukkan alamat sendiri ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan tetapi sejumlah kendala ternyata bisa saja terjadi bahkan membuat pengguna akan merasa kesal bukan? Selain masalah dimana address tidak sah, masih ada kendala lainnya.

Seperti anda tidak bisa menambahkan alamat di dalam Shopee walaupun sudah dicoba selama berkali-kali. Selain itu, kode pos yang dimasukkan ke dalamnya tidak sesuai. Nah, keberadaan kode pos sendiri memang menjadi hal cukup penting karena memberikan kemudahan bagi para kurir.

Selain masalah diatas, ada lagi pengguna yang melaporkan bahwa tidak dapat mengganti alamat penerima pada Shopee, kode pos tidak terdaftar hingga pemasalahan lainnya.

Apabila kendala diatas tidak dapat segera diatasi, maka sebaiknya anda bisa menghubungi bagian customer service untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Melakukan order di Shopee memang menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan buat sebagian besar orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebelum order, pastikan sudah mengetahui cara mengisi alamat di Shopee yang benar diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *