Syarat Cara Daftar Kurir Shopee Express, Perhatikan Ini Dahulu

Posted on

Shopee memang menjadi salah satu marketplace dengan pertumbuhan dan perkembangan cukup tinggi belakangan ini. Berbagai macam fasilitas dan layanan ditawarkan didalamnya termasuk Shopee Express.

Tidak heran semakin banyaknya orang mencari cara daftar kurir Shopee Express tersebut untuk mendapatkan pekerjaan.

Sesuai dengan Namanya, Shopee Express sendiri merupakan jasa pengiriman barang khusus dari Shopee yang diharapkan akan meningkatkan kenyamanan para konsumen setianya.

Seperti sudah diketahui, aplikasi e-commerce ini sendiri memang menempati posisi teratas sebagai platform jual beli terbaik di Tanah Air. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena layanan dan fasilitas didalamnya memang sangat lengkap.

Syarat Cara Daftar Kurir Shopee Express

Syarat Daftar Kurir Shopee Express

Selain menyediakan belanja kebutuhan sehari-hari dengan mudah bahkan layanan ShopeeFood, platform inipun sudah menyediakan layanan Shopee Express.

Walaupun terbilang sebagai ekspedisi baru, tetapi para penggunanya ternyata juga cukup banyak. Bahkan counter-counternya mulai dibuka di berbagai kota di Tanah Air.

Jangan heran apabila layanan penyedia pengiriman barang tersebut juga rutin untuk menawarkan lowongan kerja kepada masyarakat umum. Sampai disini, anda pastinya tertarik bergabung menjadi salah satu kurir pengantar barang didalamnya bukan?

Nah, untuk menjadi seorang kurir atau sprinter sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mendaftar. Berikut beberapa syarat dimana wajib dipenuhi oleh calon pendaftar.

  1. Mempunyai usia maksimal 35 tahun
  2. Memilih SIM C untuk motor dan SIM A untuk mobil jika masih aktif.
  3. Memilih kendaraan pribadi dengan kondisi masih baik
  4. Surat kendaraan masih lengkap dan berlaku
  5. Pendidikan terakhir SMA/SMK ataupun sederajat
  6. Memiliki smartphone android dengan spesifikasi RAM 3 GB
  7. Mampu memahami rute wilayah penempatan
  8. Surat wajib pajak atau NPWP jika ada
  9. Memiliki rekening BCA atas nama pribadi
  10. Surat domisili dimana berasal dari RT / RW.

Syarat memiliki kendaraan pribadi sendiri hanya berlaku untuk kurir motor saja. Sedangkan apabila menjadi pengantar dengan mobil, maka tidak diwajibkan untuk memilikinya. Sebab nantinya sudah disediakan mobil oleh pihak perusahaan.

Proses Pendaftaran

Sudah menyiapkan syarat-syarat diatas? nah, anda bisa langsung melanjutkan proses registrasi. Perlu diingat bahwa proses pendaftarannya sendiri ternyata hanya dapat dilakukan secara online saja.

Nantinya, apabila telah diterima, maka bisa langsung mengikuti pelatihan di kantor Shopee terdekat.

Apabila anda sudah memenuhi kualifikasi dan syarat diatas, maka bisa langsung melakukan pendaftarannya dengan cara berikut ini

Buka Link Pendaftaran

Pertama, calon pendaftar bisa segera membuka link pendaftarannya terlebih dahulu. Adapun untuk wilayah jabodetabek bisa mengakses link bit.ly/pendaftaran-mitraspx-jakarta2 dan di luar Jabodetabek dapat mengakses bit.ly/pendaftaran-mitraspx-nonjabo

Pilih Kurir Sesuai Kendaraan

Apabila sudah mengklik link untuk melakukan pendaftaran, anda bisa langsung melanjutkan pemilihan sprinter berdasarkan dengan jenis kendaraannya.

Di halaman inilah, anda dapat memilih apakah akan menjadi kurir motor ataukah mobil. Pastikan memilih yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

Melakukan Pengisian Data Pribadi

Sudah menentukan pilihan sprinter berdasarkan dengan kendaraan, pendaftar akan langsung dialihkan ke halaman berikutnya yakni buat melakukan pengisian data pribadi secara lengkap sekaligus sesuai dengan KTP.

Adapun beberapa data pribadi yang harus dimasukkan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Data Pribadi
  2. Nama lengkap sesuai dengan KTP
  3. Nomor KTP
  4. Jenis kelamin
  5. Tanggal lahir
  6. Usia
  7. Masukkan Kontak Pribadi

Setelah diminta untuk memasukkan kontak pribadi diatas, anda akan diminta untuk mengisi kontak pribadi seperti alamat email, nomor HP 1 (WhatsApp) dan Nomor HP 2.

Npwp

Selanjutnya, calon pendaftar juga akan diminta untuk memasukkan nomor wajib pajak alias NPWP. Perlu diingat bahwa syarat ini sendiri wajib sehingga pendaftar harus memasukkan terlebih dahulu.

Input Data Bank

Apabila sudah melakukan pengisian NPWP, anda bisa langsung melanjutkan proses berikutnya yakni pengisian data bank. Perlu diingat bahwa Shopee Express sendiri ternyata hanya menyediakan nomor rekening dari BCA saja.

Apabila bukan dari BCA, disarankan agar membuatnya terlebih dahulu. Masukkan beberapa informasi penting diantaranya adalah

  1. Nomor rekening
  2. Kantor cabang pembuatan
  3. Pilih Lokasi HUB

Sampai di bagian berikutnya, pendaftar akan diminta buat menentukan lokasi HUB sesuai dengan tempat tinggal masing-masing calon kurir. Anda juga akan diminta memasukkan tempat tinggal dengan lengkap.

Beberapa data yang harus diisi diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Nama jalan/ gang
  2. Nomor rumah
  3. RT/ RW
  4. Kelurahan
  5. Kecamatan
  6. Masukkan Data-data Tambahan Lainnya

Selain melakukan pengisian diatas, pendaftar juga harus memasukkan data-data lainnya sesuai dengan instruksi yang ada didalamnya. Beberapa data tersebut diantaranya adalah isi data SIM, Masukkan data kendaraan, STNK, Informasi lainnya.

Kirim

Jika formulir diatas sudah diisi dengan baik, maka calon kurir bisa langsung mengirimkannya untuk menyelesaikan proses pendaftaran berikutnya.

Adapun proses pendaftaran tersebut tidak akan dipungut biaya sedikitpun. Anda tinggal menunggu informasi apakah akan diterima ataukah tidak.

Sistem Kerja Kurir Shopee

Sistem Kerja Kurir Shopee

Sudah paham bukan bagaimanakah cara pendaftaran menjadi kurir atau spinter dari Shopee Express? Untuk memahaminya lebih jauh, anda juga harus memahami bagaimanakah sistem kerja didalamnya.

Adapun jam kerjanya sendiri menggunakan sistem shifting yakni 6 hari kerja dan 1 hari libur.

Adapun jam kerja inipun akan diperbaharui setiap 2 bulan sekali dan menjadi acara kerja wajib bagi seorang kurir. Untuk memahaminya lebih lanjut, maka berikut beberapa hal yang harus diketahui seputar sistem kerjanya.

  1. Kurir bisa langsung datang ke kantor sesuai dengan jadwal dari shift kerjanya dan melakukan absensi
  2. Mengambil dokumen untuk pengiriman paket. Untuk kemudian, menyusun paket-paket ke dalam kendaraan sesuai dengan data
  3. Apabila paket telah diantar rapi ke kendaraan, maka bisa langsung mengantarkan ke alamat tujuan
  4. Apabila ada, maka kurir juga bisa mengambil paket dari pelanggan. Paket yang masuk sebelum jam 13.00, akan dikirimkan di hari sama. Tetapi jika melebihi waktu tersebut, akan dikirimkan keesokan harinya.

Keuntungan Yang Bisa Didapatkan

Dengan menjadi kurir di ekspedisi dari Shopee inilah ternyata juga terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan lho diantaranya adalah

Gaji Pokok

Sebagai info tambahan gaji perbulan dari kurir paket Shopee inipun berkisar mulai dari 3-4 juta. Adapun jumlah inipun juga masih tergantung dengan beberapa hal seperti UMP dari daerah bersangkutan.

Selain itu, gaji mereka juga dapat dihitung per paket yakni Rp2.213 setiap satu paket.

Mendapatkan Tunjangan

Selain gaji diatas, anda juga berkesempatan memperoleh berbagai macam jenis tunjangan seperti tunjangan kinerja, insentif kendaraan hingga uang bensin ataupun makan sehingga akan membuat hemat.

Menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia, tidak heran jika banyak orang berkeinginan bergabung dengan Shopee, termasuk menjadi kurir ekspedisi mereka. Cara daftar kurir Shopee Express diatas dapat dijadikan panduan apabila ingin melakukan pendaftaran diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *