Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L3110

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L3110 – Mendengar kata epson yang kali pertama terfikirkan tentu adalah perangkat printer. Maklum saja, perusahaan ini memang sudah sedari dulu terkenal akan produk printernya yang handal. Banyak sekali produk produk epson di pasaran dari kelas entry level, mid level hingga high level yang dibandrol belasan juta rupiah. Di segmen menengah atau mid level, ecotank l3110 adalah salah satu yang terlaris. Untuk itu pada kesempatan kali kami tertarik untuk membahas pro dan cons dari seri ini.

Printer epson l3110 bisa kamu dapatkan dengan harga kurang lebih Rp 2 jutaan. Di segmen ini pesaingnya tidak begitu banyak diantaranya ada Canon MX537, Canon G3010, HP 415 dan juga brother t310. Mungkin beberapa diantara anda sedang membandingkan antara epson l3110 vs brother t310 atau l3110 vs canon g3010. Untuk itu baca ulasan ini sampai habis agar bisa membandingkan kira kira mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L3110
Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L3110

Setiap orang pasti memiliki pertimbangan sendiri sendiri dalam memilih printer. Dari segi harga, kualitas cetakan, konsumsi tinta, kecepatan dalam mencetak dan lain sebagainya. Epson l3110 ini memiliki sejumlah fitur yang mampu memenuhi kebutuhanmu sehari hari baik scan, copy dan juga print. (baca: cara scan printer epson l3110) Cocok untuk pemakaian pribadi atau bahkan untuk usaha percetakan.

Printer Epson L3110 Kelebihan Dan Kekurangan

Sama seperti pendahulunya L1110, seri ini juga memiliki desain yang ringkas. Hanya sedikit lebih besar dan sedikit berat saja. Namun masih cocok untuk ditempatkan di ruangan yang minimalis. Masih di sektor desain, kali epson sedikit melakukan perubahan pada posisi tank tinta. Jika pada seri sebelumnya, berada di kanan di seri ini ink tank ditempatkan di bagian depan. Hal ini membuat lebih mudah dalam mengisi tinta printer epson l3110 dan resiko tinta tumpahpun bisa di minimalisir.

Kelebihan lainya adalah konsumsi tinta yang cukup irit. Jika kamu melihat spesifikasi epson l3110 disana sudah tertulis dalam kondisi tinta penuh mampu mencetak 4500 halaman untuk tinta hitam dan 7500 halaman untuk cetakan berwarna. Selain konsumsi yang lumayan irit, harga tintanyapun terjangkau. Printer ini menggunakan jenis tinta 003 yang dijual dengan harga Rp 35 ribu saja per botol.

Buat para pekerja kantoran atau usaha percetaan, kecepatan dalam mencetak mungkin menjadi salah satu hal yang diperhatikan. L3110 memiliki kecepatan yang cukup bisa diandalkan yakni mampu mencetak dalam kecepatan 10 ipm pada tinta hitam dan juga 5 ipm pada tinta warna. Tak hanya sekedar irit dan cepat saja, hasilnyapun cukup tajam karena mampu mencetak dalam resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi. Penulis juga pernah mengetes untuk mencetak foto pada kertas art paper. Dan hasilnyapun not badlah, lumayan tajam. Jika menggunakan tinta art paper tentu hasilnya lebih bagus lagi.

Tentunya ngak fair kalau cuma membahas kelebihan tanpa membahas kekurangannya. Dari beberapa pengalaman pengguna, kekurangan epson l3110 ini adalah pada komponen gear roller ASF penarik kertas yang lemah. Dalam penggunaan yang intens dan banyak, sering kali bermasalah. Untuk itu jangan terlalu memfosir untuk mencetak terus menerus. Jika mencetak dalam jumlah banyak, beri jeda waktu. Selain itu, beberapa pengguna juga mengeluhkan seringkali mengalami paper jamĀ  atau kertas nyelip. Namun ini bukanlah masalah serius, sebab cara mengatasinya tinggal menarik kertas tersebut dan membersihkanya jika ada yang tersisa. Namun jika lampu indikator terus berkedip kamu bisa reset epson l3110 seperti yang sudah kami berikan tutorialnya sebelumnya.

Kelebihan Printer Epson L3110

  • Desain ergonomis, simpel dan modern
  • harga tinta murah
  • konsumsi tinta cukup irit
  • kualitas cetakan cukup tajam
  • kecepatan mencetak bisa diandalkan
  • Harga bersaing di kelasnya

Kekurangan Printer Epson L3110

  • Sering paper jam
  • lemah pada komponen gear roller

Demikian tadi kelebihan dan kekurangan printer epson L3110. Semoga dengan review diatas bisa menjadi referensi atau pertimbangan saat memilih printer. Secara keseluruha, printer ini cukup rekomended buat kamu yang sedang mencari printer terbaik harga Rp 2 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *