Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi Pada Printer Canon, Epson Dll

Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi – Ada berbagai masalah yang sering kita temui saat menggunakan printer. Salahnya satunya error pada cartridge dimana printer tidak bisa mendeteksi. Hal tersebut biasanya ditunjukan dengan notif di layar laptop/PC “the following ink cartridge cannot be reconized”. Lantas apa yang menjadi sebab dan bagaimana cara penanganannya? Jangan buru buru di bawa ke tukang service sebab kamu bisa mengatasinya sendiri.

Bagi yang belum tahu, cartridge atau katrid merupakan komponen dari printer yang memiliki fungsi menampung tinta sekaligus menuangkanya dalam kertas dalam bentuk cetakan huruf, gambar atau sesuai dokumen yang dicetak. Jadi komponen ini memang sangat vital perannya. Jika terjadi error atau masalah, tentu saja printer tidak bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi

Jika cartridge rusak memang solusinya adalah dengan ganti baru. Harganya sendiri sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. Akan tetapi ada beberapa penyebab cartridge tidak terdeteksi meski kondisinya masih baik. Diantaranya kotor atau posisi pemasanganya yang salah. Maka dari itu jangan buru buru diganti, lakukan dulu beberapa pengecekan berikut:

Cara Mengatasi Cartridge Tidak Terdeteksi

1. Bersihkan chip head
Ada kemungkinan chip head pada cartridge kotor entah itu tinta yang mengering atau debu yang menempel. Jika ini terjadi maka bisa menyebabkan motherboard tidak bisa mendeteksi keberadaan cartridge. Untuk itu lepas cartridge dari rumahnya. Lalu bersihkan secara perlahan dengan tisu atau cutton but.

2 Posisi yang tidak pas / kendor

Ketika kamu mengisi ulang tinta lalu memasangnya kembali dalam kondisi yang kendor bisa jadi menjadi penyebab lainya. Atau bisa juga karena pemakaian yang terlalu intens menyebabkan posisi cartridge sedikit bergeser. Maka dari itu kamu bsa lepas cartridge lalu pasang kembali dengan posisi yang tepat.

3. Reset Printer

Jika sudah melakukan pengecekan dan pembersihan seperti diatas namun tak kunjung berhasil, langkah selanjutnya adalah dengan mereset printer. Ada dua cara yakni secara manual dan menggunakan resetter. Di website pdscustom.com sendiri sudah ada tutorial cara mereset printer. Silahkan cari saja sesuai dengan tipe dan merk printermu. (baca: Cara Reset Epson L3110)

4. Ganti Cartridge
Mengganti cartridge dengan yang baru adalah solusi terakhir. Jika sudah melakukan ketiga hal diatas, namun cartridge tetap tidak terdeteksi, besar kemungkinan dikarenakan sudah rusak. Kamu bisa membelinya di toko printer terdekat atau bisa juga melalui beberapa toko online.Harganya bervariasi tergantung merk dan tipe printermu. Namun kurang lebih berkisar antara 100 ribuan sampai 200 ribuan.

Demikian tadi beberapa tips cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi baik pada printer canon, epson, HP dan lain lain. Semoga tips diatas bisa bermanfaat. Jika ada penyebab dan solusi lainnya silahkan bisa ditambahkan di kolom komentar ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *