Inilah Cara Belanja di Shopee COD Beserta Keunggulannya

Posted on

Berbelanja di aplikasi Shopee menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang tidak ingin pergi belanja keluar rumah. Tidak hanya itu saja, metode pembayaran yang tersedia juga sangat beragam.

Salah satu metode paling populer tentu adalah COD (Cash On Delivery). Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara belanja di Shopee COD, maka simaklah informasinya berikut ini.

Shopee bayar di tempat

Penjelasan Metode Pembayaran COD di Shopee

Metode Cash on Delivery atau biasa dikenal dengan nama COD merupakan sebuah metode transaksi pembayaran yang dilakukan dengan pembeli dan penjual bertemu satu sama lain. Biasanya, orang-orang juga mengenal metode ini dengan nama bayar di tempat.

Cara pembayaran COD ini sudah digunakan sebelum munculnya marketplace online seperti sekarang ini. Pihak Shopee melihat bahwa cara bayar di tempat menjadi sebuah metode yang cukup baik untuk digunakan di aplikasinya.

Oleh karena itulah, fitur COD dihadirkan oleh pihak aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam membayar belanjaannya.

Metode bayar di tempat ini sangat cocok digunakan bagi orang-orang yang mungkin belum punya rekening bank ataupun malas untuk melakukan transfer pembayaran.

Dengan metode ini, para pengguna hanya tinggal memesan saja dan akan membayarnya saat pesanan sudah sampai di tempat tujuan.

Cara Berbelanja dengan Shopee COD

Untuk berbelanja menggunakan metode bayar di tempat sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan penggantian cara bayar saat masuk ke menu check out.

Untuk lebih jelas lagi tentang penggunaan cara bayar ini, Anda bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Bukalah aplikasi Shopee
  • Setelah itu, cari produk yang ingin dibeli
  • Jika sudah ditemukan, segera pilih menu “Beli Sekarang”
  • Selanjutnya, masukanlah alamat tujuan pesanan
  • Kemudian, pilihlah jasa ekspedisi pengiriman yang ingin digunakan
  • Pilihlah metode pembayaran. Dalam hal ini pilih COD
  • Pilihlah “Buat Pesanan” untuk membuat pesanan

Berikutnya, Anda tinggal menunggu proses pengemasan dan pengiriman barang ke lokasi tujuan. Jangan lupa saat paket datang siapkan uang pembayaran sesuai yang tertera di aplikasi.

Apabila terdapat hal tidak sesuai terkait barang pesanan, Anda bisa menghubungi pihak seller untuk meminta kejelasan.

Syarat Untuk Menggunakan Metode COD

Untuk menggunakan metode pembayaran Cash on Delivery, terdapat beberapa persyaratan yang harus diketahui. Apa sajakah syarat tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Seller Support Metode COD

Syarat pertama untuk menggunakan cara pembayaran ini adalah penjual sudah harus support COD. Jika dari pihak penjual belum mendukung, maka pembayaran dengan cara ini tidak bisa dilakukan.

Jadi, hanya pengguna harus menggunakan cara pembayaran lain seperti ShopeePay, Transfer Bank, pembayaran via minimarket, dan juga ShopeePay Later.

2. Ada Minimal Belanja

Selain toko harus sudah mendukung pembayaran dengan metode ini, terdapat juga syarat minimal pembelian yang harus dipenuhi. Syarat minimal pembelian bayar di tempat mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 3.000.000.

Pembayaran tersebut nanti akan diserahkan kepada kurir yang mengantarkan pesanan. Biasanya, akan dilakukan pembulatan pembayaran jika ada angka tidak bulat.

4. Ada Biaya Penanganan

Mulai tanggal 20 Maret tahun 2020 lalu, pihak Shopee memberikan biaya penanganan bagi yang memilih metode pembayaran ini. Besar biayanya akan tertera di saat pembeli melakukan check out barang. Tenang saja, pada umumnya, biaya ini tidak terlalu besar, yakni sekitar seribu rupiah saja.

Keunggulan Metode Shopee COD Bagi Pembeli

Keunggulan Shopee COD

1. Tidak Ada Risiko Kerugian Jika Barang Tidak Datang

Keunggulan pertama tentu adalah para pembeli tidak perlu terlalu khawatir apabila terkena penipuan. Hal itu karena memang pembayaran dilakukan setelah sampai.

Jadi, saat pihak seller berupaya menipu dengan tidak mengirimkan barangnya, Anda tidak akan mengalami kerugian finansial. Selain itu, cara ini juga dapat menghindarkan Anda dari tindakan seller yang tidak jujur dalam mengirimkan pesanan.

Selain itu, pada saat penjual tidak kunjung mengirimkan barang, maka tidak perlu ambil pusing karena tidak akan ada kerugian material yang akan dialami. Oleh karena itu, hanya penjual yang serius saja yang menambahkan fitur ini ke dalam metode pembayaran toko mereka.

2. Pesan Tanpa Perlu Bayar

Bagi beberapa orang mungkin lebih suka melakukan pembayaran lewat internet banking atau semacamnya. Mereka berpendapat bahwa cara tersebut lebih mudah ketimbang cara lainnya.

Namun, bagi orang yang mungkin masih awam tentang transfer bank, tentu akan merasa kesulitan. Nah, oleh karena itulah, pengguna tersebut lebih memilih untuk menggunakan bayar COD.

Tidak cuma itu, para pengguna juga tidak perlu langsung bayar setelah melakukan pemesanan. Artinya adalah kita bisa pesan barang terlebih dahulu dan baru membayarnya saat barang sampai.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan pembayaran dilakukan sesuai aplikasi agar tidak menyebabkan kendala.

3. Bisa Membatalkan Pesanan

Keunggulan lain dari metode pembayaran ini adalah para pembeli dapat melakukan pembatalan pesanan bahkan jika barang sudah sampai. Namun, tentunya pembatalan tersebut harus disertai dengan alasan. Berikut adalah alasan yang bisa membuat pesanan dibatalkan:

  • Pada saat pesanan sampai, pembeli tidak berada di titik pengiriman
  • Pembeli tidak bersedia untuk melakukan pembayaran pesanan.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan saat Anda membatalkan pesanan ini adalah terdapat konsekuensi yang harus ditanggung.

Apabila pembatalan dilakukan lebih dari dua kali dalam waktu 60 hari, akun Anda akan berstatus non-aktif sementara. Namun, setelah 60 hari setelah pembatalan terakhir akun akan kembali diaktifkan.

Keunggulan Metode COD Bagi Seller

Shopee COD

1. Omzet Penjualan Bisa Lebih Meningkat

Para seller juga dapat mendapatkan keuntungan dari bayar di tempat, terutama pada omzet penjualannya. Hal itu karena cara ini dapat menarik perhatian para pembeli baru yang lebih nyaman saat bayar COD.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pihak seller tentu juga harus memberikan pelayanan maksimal. Dengan begitu, para pelanggan tidak akan memberikan komplain atau bahkan sampai melakukan retur pesanan.

2. Target Pembeli Jadi Lebih Luas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tidak semua pengguna Shopee nyaman untuk melakukan transaksi bank. Selain karena dinilai ribet, mereka juga terkadang malas untuk pergi ke ATM.

Peluang itulah yang bisa diambil oleh para seller untuk mendapatkan tambahan segmen pembeli. Dengan menambahkan fitur COD, peluang menambah calon pembeli dapat jadi lebih besar.

3. Gratis Biaya Pengembalian Barang dari Pembeli

Pada saat terdapat retur dari pihak pembeli dengan alasan tidak ada di lokasi ataupun pembeli menolak membayar, maka pihak Shopee yang akan membayar penuh biaya pengiriman kembali barang yang dibatalkan pembeli.

Namun, apabila pengembalian terjadi karena barang rusak, produk tidak sesuai, dan alasan lain karena kesalahan seller, maka biaya retur akan dibebankan kepada seller.

Demikianlah tadi pembahasan tentang cara belanja di Shopee COD dan beberapa keunggulan yang bisa diperoleh pihak penjual ataupun pembeli.

Pada intinya, kehadiran pembayaran COD ini dapat menjadi langkah bagus untuk menarik perhatian dari para pengguna agar tetap setia belanja di marketplace Shopee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *