Cara Mengisi Baterai iPhone yang Benar Agar Baterai Awet

Posted on

Untuk mencegah baterai iPhone cepat habis, pengguna perlu mengetahui cara mengisi baterai iPhone dengan benar. Tidak boleh sembarangan dalam mengisi daya iPhone Anda jika ingin battery health iPhone tetap awet. Banyak keluhan bahwa baterai iPhone mudah rusak, rasio baterai salah, baterai memburuk, dan boros hingga battery health menurun cepat.

Sebagai pengguna tentu saja tanggung jawab menjaga keawetan baterai iPhone ada pada Anda dan bukan orang lain. Apalagi yang kita tahu bahwa harga baterai original lagi-lagi cukup mahal dan tentunya Anda pasti akan berpikir dua kali untuk mengganti baterai iPhone. Nah, karena masalah seperti ini sering terjadi. maka dari itu, jaga kesehatan baterai dengan melakukan pengisian daya yang benar.

Bolehkah Mengisi Baterai iPhone di Bawah 20%?

Sebelum mengisi daya baterai, Anda harus memeriksa berapa banyak daya baterai yang masih tersedia. Jangan pernah mengisi baterai iPhone Anda di bawah 20%. Ini sebenarnya normal, tetapi buruk bagi kesehatan baterai jika dilanjutkan dalam jangka panjang. Jadi sebelum persentase mencapai kurang dari 20%, segera isi baterai iPhone Anda.

Apa yang terjadi ketika mengecas di bawah 20%? Karena baterai dikenai tegangan yang lebih tinggi, ia akan bekerja lebih keras, sehingga baterai lebih cepat panas. Melakukan hal ini sering akan mempersingkat masa pakai baterai.

Kapan sebaiknya iPhone dicas? Waktu yang baik untuk mengisi daya baterai yaitu ketika persentase baterai 21% -30%. Jangan sampai menunggu mendapatkan notifikasi baterai lemah. Charger jika suhu iPhone normal atau tidak panas. Jika iPhone Anda panas, sebaiknya diamkan dulu selama 5-10 menit. Juga, jangan mengisi baterai pada interval 40%-80% saat iPhone dalam kondisi baik untuk digunakan.

Mengisi Baterai iPhone Menggunakan Charger dan Kabel Ori dari Apple

Salah satu aksesori penting bagi pengguna iPhone adalah kepala dan kabel pengisi daya asli. Saat Anda membeli iPhone resmi, Anda pasti akan mendapatkan charger dan kabel iPhone. Aksesori ini sangat penting karena termasuk salah satu cara untuk menjaga keawetan baterai iPhone anda. Jadi, pastikan peralatan pengisian daya yang Anda gunakan adalah asli.

Daya tahan baterai berkurang 1% hanya dalam 15 hari setelah menggunakan aksesori KW. Namun untuk penggunaan normal menggunakan aksesori asli, setelah sekitar 2 bulan penggunaan biasanya hanya akan turun 1%, tetapi itu tergantung pada bagaimana Anda menggunakan iPhone Anda. Maka dari itu cara mengisi baterai iPhone dengan benar ini penting untuk menggunakan aksesoris asli dari iPhone.

Jika kepala pengisi daya iPhone Anda rusak atau hilang, Anda dapat menggunakan kepala pengisi daya iPad. Namun, ada aturan yang harus Anda ketahui. Artinya, ampere dan voltase yang disediakan oleh adaptor iPad. Sebagai contoh, batas daya maksimum yang harus diterima adalah 12W. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan adaptor pengisi daya 12W atau kurang.

Bagaimanapun, yang perlu Anda lakukan hanyalah meninjau aturan batas daya yang diterima oleh iPhone Anda yang sesuai dengan model iPhone Anda. Jangan terlalu sering menggunakan charger dengan daya yang berlebih agar tidak cepat bocor.

Anda bisa lebih tenang dalam mengganti kabel. Ini karena banyak pilihan produk pihak ketiga selain Apple yang sudah menjual aksesoris iPhone bersertifikat MFi (Made for iPhone/iPad/iPod). Kabel MFi adalah produk Apple non resmi, tetapi telah disertifikasi oleh Apple. Apple merekomendasikan untuk menggunakan kabel bersertifikasi Mfi karena lebih aman dibandingkan kabel KW tanpa MFi.

Buka Casing iPhone Sebelum Mengisi Baterai

Apakah iPhone Anda menggunakan casing? Disarankan untuk mematikan daya dan melepas casing sebelum mengisi daya baterai. Menggunakan casing saat mengisi daya memengaruhi suhu iPhone Anda karena menghalangi atau bahkan menghentikan sirkulasi udara. Jangan biarkan hp terlalu panas baik itu saat dimainkan ataupun saat mengisi daya.

Aktifkan Mode Pesawat Ketika Mengisi Baterai

Disarankan untuk mengaktifkan mode Pesawat untuk menghindari panas berlebih yang disebabkan oleh iPhone yang berjalan di latar belakang. Mengaktifkan mode Pesawat tidak hanya mempercepat pengisian baterai, tetapi juga mencegah kerusakan atau kebocoran sel baterai. Lebih baik lagi jika iPhone Anda mati saat mengisi daya atau bisa menyalakan mode pesawat sudah cukup untuk mengisi daya.

Charger iPhone Hingga Penuh 100%

Berapa persentase baterai yang harus Anda isi? Setiap kali pertanyaan ini dibahas dalam forum atau grup diskusi, itu menjadi pembahasan yang tidak ada habisnya. Beberapa mengatakan itu harus hingga 100%, sementara yang lain hanya menawarkan pengisi daya iPhone hingga 80%. Ini tentu sangat membingungkan.

Namun perlu diingat bahwa jika baterai Anda sudah terisi penuh hingga 100%, segera cabut dan jangan biakan lebih dari 30 menit. Cara mengisi baterai iPhone dengan benar akan menjaga agar baterai iPhone Anda tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.