Cara Restart iPhone 11, 11 Pro, Dan 11 Pro Max

Posted on

Bagaimana cara restart iPhone 11? Mungkin yang Anda pikirkan dari restart yaitu dilakukan hanya pada saat smartphone mengalami lemot atau hang. Padahal sebenarnya restart atau reboot termasuk hal yang wajib dan perlu dilakukan secara rutin bagi para pengguna iPhone. Bahkan hal ini perlu dilakukan setiap hari dengan cara restart iPhone yang benar.

Mungkin banyak yang mempertanyakan mengapa harus melakukan restart iPhone secara rutin? Terlepas dari kenyataan bahwa iPhone adalah ponsel mahal dengan kualitas yang sudah terbukti. Memang mahal dan berkualitas tinggi, jadi Anda perlu menyegarkan dan memperbarui untuk menjaga kualitasnya. Setiap pengguna iPhone tentu adalah yang bertanggung jawab atas keawetan ponsel cerdasnya.

Tidak ingin iPhone mahal Anda mudah rusak atau lag? Mem-boot ulang iPhone Anda secara teratur akan membuat perangkat Anda bertahan lebih lama karena perangkat dan sistem diperbarui secara otomatis. Sama seperti komputer atau laptop Anda, ponsel Anda perlu dihidupkan ulang untuk menyegarkan atau meningkatkan. Jadi, bagaimana cara me-restart iPhone?

Manfaat Restart iPhone

Sebelum Anda tahu cara mereset iPhone dengan benar, Anda perlu tahu apa manfaat reset. Anda mungkin tidak menyadari manfaat ini pada awalnya, tetapi Anda akan merasakannya dengan melakukan restart secara teratur. Berikut manfaat me-restart iPhone yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengurangi Beban Ponsel

Seperti ponsel merek lain, iPhone dapat mengalami kelebihan beban. Apalagi jika Anda menggunakannya terus menerus tanpa henti untuk berbagai aplikasi. Secara umum, kemacetan di iPhone disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan.

Cache yang terus terakumulasi juga dapat membebani iPhone Anda. Pada akhirnya, Anda perlu me-restart iPhone Anda untuk mengurangi beban pada ponsel Anda yang mempengaruhi operasinya. Maka dari itu lakukan restart secara berkala. Jika iPhone tidak di restart dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin iPhone akan menjadi mudah lemot dan ngelag.

  1. Menyempurnakan Aplikasi

Manfaat berikutnya jika Anda me-restart iPhone Anda yaitu Anda dapat menyempurnakan berbagai aplikasi yang diunduhnya. Misalnya, jika Anda baru saja menginstal aplikasi melalui App Store, biasanya ada perintah untuk me-restart ponsel Anda terlebih dahulu. Jalankan perintah segera untuk mengunduh aplikasi sepenuhnya.

  1. Memberi Kesempatan iPhone untuk Rehat Sejenak

Ponsel adalah salah satu perangkat yang paling sering digunakan sepanjang hari tanpa gangguan. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan ponsel Anda termasuk iPhone. iPhone digunakan untuk komunikasi, bermain jejaring sosial, dan bekerja. Apalagi jika Anda tidak memiliki tempat untuk mengistirahatkan iPhone Anda yang bisa menjadi melelahkan.

Jadi, memulai ulang iPhone Anda adalah cara yang tepat untuk mengistirahatkan iPhone Anda. Mematikan perangkat Anda untuk sementara waktu dapat membuat iPhone Anda lebih tahan lama dan menyebabkan lebih sedikit kerusakan. Oleh karena itu harus di restart setiap hari atau minimal 3 hari sekali.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Setelah Mati Mendadak atau Hang

Mengetahui cara me-restart iPhone Anda penting karena memulai ulang dapat mengoptimalkan kembali kinerja iPhone setelah shutdown atau freeze secara tiba-tiba. Misalnya, saat Anda berselancar menggunakan iPhone, perangkat tiba-tiba mati atau tidak berfungsi.

Santai saja dan mulai ulang perangkat Anda dan iPhone Anda akan berfungsi normal kembali. Biasanya, pembekuan atau penghentian tiba-tiba ini terjadi ketika iPhone Anda habis atau kelebihan beban.

  1. Mencoba Jaringan atau Memperbaharui Koneksi

Anda juga dapat merasakan manfaat memulai ulang iPhone saat mencoba menghubungkan ke jaringan atau memperbarui sambungan jaringan. Misalnya, jika Anda menelusuri iPhone dan koneksi lambat, Anda mungkin perlu memulai ulang iPhone sebentar. Perbarui iPhone Anda dengan me-reboot dan koneksi Anda akan kembali normal, tidak lagi lemot.

Cara Restart untuk Berbagai Tipe iPhone Melalui Sistem

Jika demikian, maka Anda perlu mengetahui berbagai cara restart iPhone 11 Anda atau ponsel tipe lainnya saat ponsel sedang lemot atau dalam kondisi normal. Salah satunya adalah me-restart iPhone Anda melalui sistem.

  • Mem-boot ulang iPhone Anda melalui sistem adalah cara termudah dan direkomendasikan. Metode ini juga berfungsi untuk tipe iPhone apa saja. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.
  • Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake hingga penggeser merah muncul di layar.
  • Seret penggeser hingga iPhone mati.
  • Setelah itu, tekan dan tahan kembali tombol `Sleep/Wake` hingga logo Apple muncul kembali pada layar.

Cara Restart iPhone Secara “Paksa”

  • Restart secara normal adalah cara terbaik dan sangat dianjurkan. Namun, jika ini tidak memungkinkan, Anda dapat memaksa memulai ulang iPhone dalam keadaan darurat. Begini caranya.
  • Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake selama sekitar 10 detik.
  • Diamkan saja dan tunggu sampai logo Apple muncul di layar.

Cara di atas merupakan cara restart yang sebaiknya tidak selalu digunakan. Anda hanya boleh melakukan ini ketika restart normal tidak berhasil. Juga, metode restart paksa di atas hanya tersedia untuk iPhone 4s dan di atasnya. Di sisi lain, iPhone generasi muda melakukan restart paksa dengan menahan tombol home selama 6-10 detik tanpa harus menarik tombol slider merah.

Cara Restart iPhone Tanpa Tombol

Cara me-restart iPhone dimungkinkan tanpa menggunakan tombol. Caranya yaitu dengan membuat teks iPhone Anda menjadi bold atau tebal. Namun, metode ini hanya tersedia di iPhone yang menjalankan iOS 7. Berikut adalah langkah-langkah tentang cara me-restart iPhone yang sedang freeze tanpa tombol home.

  • Masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Pilih menu “General”.
  • Pilih menu “Ease of Access” lalu ubah lokasi di bawah teks “Bold Text” menjadi “On”.
  • Layar akan menampilkan “Menerapkan pengaturan ini saat memulai ulang iPhone”.
  • Pilih Lanjutkan.
  • iPhone Anda akan otomatis restart.

Anda juga dapat memulai ulang iPhone tanpa tombol dengan mengatur ulang pengaturan jaringan nirkabel iPhone yang ada. Cara reset yang bisa digunakan di berbagai model termasuk iPhone 11 adalah sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih menu “General”.
  • Pilih menu “Reset Network Settings” dan konfirmasi.
  • iPhone Anda akan otomatis restart.

Cara Restart iPhone 11

Cara restart iPhone 5, 5s, 6, 6s Plus, 7, 8 dan X pasti berbeda dengan iPhone 11. Berikut cara restart iPhone 11 dan 11 Pro yang bisa Anda praktikkan.

  • Tekan dan tahan tombol kanan dan volume perangkat.
  • Geser atau geser slider merah di layar dari kiri ke kanan.
  • Hidupkan kembali dengan menekan tombol kanan hingga muncul logo Apple.

Metode di atas adalah cara yang disarankan untuk me-restart iPhone 11 Anda. Jika iPhone Anda masih tidak merespons setelah melakukan metode ini, Anda dapat memaksa restart. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan dan tahan tombol volume bertanda (+) kemudian lepas.
  • Tekan dan tahan tombol volume bertanda (-) kemudian lepas.
  • Tekan kemudian tahan tombol sebelah kanan hingga iPhone melakukan restart secara otomatis.

Inilah cara restart iPhone 11 dan tipe iPhone lainnya yang bisa Anda coba sesuai dengan tipe hp iPhone yang ingin Anda restart. Anda juga bisa menyesuaikan cara mana yang tepat untuk hp Anda agar hp bisa tetap awet dan kinerja yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.