2 Cara Instal Printer Epson L120 yang Mudah dan Praktis!!

Posted on

Printer yang sudah dikeluarkan oleh Epson yakni seri L120 memang sangat layak apabila dinobatkan sebagai printer sejuta umat. Akan tetapi, mungkin masih banyak orang yang merasa kebingungan dengan cara instal printer Epson L120. Sebenarnya, untuk menghubungkannya dengan laptop atau komputer tidak terlalu sulit, seperti penjelasan yang ada di bawah ini.

Cara Instal Printer Epson L120

Cara Instal Printer Epson L120

Biasanya, ketika kita membeli sebuah printer kita akan diberikan sebuah DVD atau CD bawaan untuk membantu proses instalasi. Namun, terkadang karena ceroboh CD tersebut mengalami kerusakan atau hilang tanpa diketahui tempatnya. Apabila hal ini terjadi, tidak usah terlalu panik karena sebenarnya printer ini bisa diunduh langsung dari situs resmi yang disediakan Epson.

Terlebih, apabila perangkat yang Anda miliki saat ini adalah Windows 10, Windows 8, Windows 7, atau Windows XP. Jika Anda adalah pengguna laptop Mac keluaran Apple, ada pula driver Epson L120 bagi laptop dengan sistem operasi Mac. Berikut ini adalah cara mengunduh dan memasang printer Epson L120 pada perangkat.

1.      Cara Download di Situs Resmi Epson

Untuk mengunduh driver Epson L120 pada situs resminya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama-tama, kunjungi situs resminya yakni di halaman berikut ini. Jika sudah terbuka, maka pada halaman tersebut cari ‘Operating System’ yang kini sedang kamu pakai lalu klik tombol ‘GO’. Tunggu hingga halaman tersebut memiliki perubahan tampilan.

Setelah itu, tekan menu ‘Drivers’ hingga nanti muncul keterangan tentang ‘Compatible Systems’ yang disertai oleh tombol ‘Download’. Kemudian, kamu akan diarahkan untuk berpindah pada link driver yang ingin diunduh. Klik tombol ‘Accept’ sehingga proses pengunduhan pun selesai secara otomatis.

2.      Cara Instal Printer di Laptop atau Komputer

Apabila driver tadi sudah diunduh, maka sekarang memasuki tahapan yang selanjutnya yakni menghubungkan driver printer pada laptop kamu. Pastikan printer yang kamu miliki sudah terhubung pada sumber listrik dan tombol power sudah menyala, selain itu pasangkan pula laptop ke kabel USB printer.

Cara memasangnya yaitu pertama bukalah driver yang sudah kamu unduh tadi dengan mengeklik sebanyak dua kali hingga muncul jendela baru berjudul ‘EPSON Printer Utility Setup’. Lalu berilah centang pada bagian ‘Automatically Update Software’ dan ‘Set As Default Printer’, klik tombol ‘OK’. Kamu akan berpindah pada halaman untuk memilih bahasa, lalu pilihlah opsi ‘English’. Pada halaman ‘Epson Eula’ klik menu ‘Agree’ dan tekan tombol ‘OK’, lalu tunggu hingga selesai. Dengan begitu, perangkat kamu dan printer pun sudah terhubung dan bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Keunggulan yang Dimiliki Printer Epson L120

Keunggulan yang Dimiliki Printer Epson L120

Printer besutan Epson ini memang menjadi favorit banyak pihak karena memang terkenal dengan harganya yang bersahabat namun kualitas yang dihasilkan tidak main-main. Berikut ini adalah beberapa kelebihan printer Epson L120 menjadi favorit masyarakat.

·         Kecepatan yang Mengagumkan

Kelebihan pertama yang dimilikinya adalah kemampuannya dalam mencetak kertas dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan, dibandingkan dengan printer lain yang berada di kelas setara, printer Epson L120 ini termasuk dalam kategori yang sangat unggul karena kecepatan cetaknya mencapai 4,5 IPM bagi warna-warni dan 8,5 IPM untuk cetak warna hitam. Dengan adanya kecepatan yang begitu gesit itu, maka produktivitas kamu dijamin akan tetap tinggi sehingga tidak menunggu lama dalam mencetak dokumen.

·         Hemat Tinta

Dari segi tinta, penggunaan tinta Epson L120 ini terbilang begitu hemat bahkan tanpa mengaktifkan mode draft sekali pun. Efektivitas penggunaan tinta ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak pihak yang lebih memiliki Epson L120 untuk menangani proses pencetakan. Tangki tinta yang disediakan pun sangat mengagumkan, karena setiap warna yang ada sudah diberi kapasitas 40 ml sehingga kemungkinan besar tinta tersebut akan tahan dalam waktu yang cukup lama.

Begitulah cara instal printer Epson L120 beserta kelebihannya yang mampu membuat kamu pastinya merasa tertarik untuk memilikinya. Tidak bisa dipungkiri lagi, kualitas printer yang dirilis oleh pihak Epson ini tidak akan kalah apabila dibandingkan dengan printer lain yang harganya lebih tinggi di atasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *