Gambar WhatsApp iPhone Tidak Tersimpan dan Tidak Bisa Dikirim? Ini Cara Mengatasinya!


Cara Hapus Kontak Di Iphone Dengan MudahSebagai aplikasi perpesanan terpopuler saat ini, WhatsApp menyediakan layanan yang bisa diakses melalui perangkat Android maupun iPhone. Namun beberapa pengguna mengeluhkan kenapa gambar WhatsApp iPhone tidak tersimpan ke galeri.

Seperti yang kita tahu, aplikasi WA sering digunakan untuk mengirimkan file berupa gambar yang biasanya akan langsung terunduh dan tersimpan di galeri. Oleh karena itu, ketika gambar tidak muncul di galeri tentu menimbulkan pertanyaan. Kira-kira apa ya yang jadi penyebabnya?

Kenapa Gambar WhatsApp iPhone Tidak Masuk Galeri 

Gambar WhatsApp iPhone Tidak Masuk Galeri 

Gambar WA yang tidak muncul di galeri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak beberapa penyebabnya di bawah ini:

  • Koneksi Internet yang Buruk

Yang namanya aplikasi perpesanan online, pasti membutuhkan koneksi internet yang stabil dan memadai. Seperti ketika harus mengunduh dan menyimpan gambar di WhatsApp. Jika koneksi internetnya buruk, maka gambar tidak akan tersimpan di galeri iPhone.

  • Fitur Auto Save Off

Pada aplikasi perpesanan biasanya tersedia fitur auto save yang memungkinkan seluruh file gambar maupun video tersimpan secara otomatis. Jika fitur tersebut tidak diaktifkan maka gambar dan video dari WhatsApp tidak akan tersimpan di galeri.

  • Kesalahan Setting Tanggal dan Waktu

Tidak munculnya gambar WhatsApp iPhone di galeri juga bisa disebabkan karena kesalahan pada setting tanggal dan waktu. Hal ini akan akan membuat gambar di ruang chat WA tidak bisa terunduh apalagi tersimpan di galeri.

  • Fitur Penyimpanan ke Galeri Off

Pada dasarnya gambar yang berasal dari aplikasi WhatsApp tidak langsung tersimpan di galeri, terutama jika fitur penyimpanan ke galeri dalam kondisi off. Sehingga untuk bisa menyimpan gambar fitur tersebut harus diaktifkan.

  • Memori Perangkat Penuh

Salah satu penyebab yang membuat gambar tidak bisa tersimpan ke galeri adalah karena memori sudah penuh. Untuk bisa menyimpan gambar maka harus dilakukan pengosongan pada sebagian memori perangkat.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Lokasi Di Iphone Yang Dapat Anda Praktikan Sendiri

Cara agar Gambar di WhatsApp Tersimpan di Galeri iPhone

Cara agar Gambar di WhatsApp Tersimpan di Galeri iPhone

Nah, setelah tahu apa saja penyebab gambar WA tidak tersimpan di galeri iPhone, tentu kamu juga penasaran kan bagaimana caranya agar gambar tersebut bisa tersimpan di galeri? Berikut adalah caranya:

  • Cara agar Gambar WhatsApp iPhone Tersimpan di Galeri secara Otomatis

Untuk menyimpan gambar secara otomatis, silakan ikuti langkah di bawah ini. Cara ini juga berlaku untuk penyimpanan file video maupun audio, tinggal disesuaikan kebutuhan.

  • Buka WhatsApp ikon titik tiga Setelan.
  • Pilih Data dan Penyimpanan Saat menggunakan data seluler.
  • Ketuk pada kotak Foto OK.
  • Cara agar Gambar WhatsApp iPhone Tersimpan di Galeri secara Manual

Selain melakukan pengaturan penyimpanan gambar secara otomatis, kamu juga bisa mengaturnya secara manual. Dengan cara ini maka tidak semua gambar langsung terunduh secara otomatis sehingga bisa memilih yang akan disimpan. 

Cara ini cukup efektif untuk mencegah agar ruang penyimpanan tidak cepat penuh akibat banyaknya file gambar atau video yang langsung terunduh. Adapun cara agar gambar di WhatsApp tidak terunduh otomatis di iPhone adalah:

  • Buka WhatsApp ikon titik tiga Settings Penggunaan Data dan Penyimpanan.
  • Nantinya akan ditampilkan menu pengaturan untuk media penyimpanan dan data, akan terlihat opsi Media auto download dengan 3 menu yang bisa dipilih pengguna.
  • Pilih opsi Saat menggunakan data seluler hilangkan tanda centang pada kotak (checkbox) semua jenis file (foto, audio, video dan dokumen) OK.

Dengan cara tersebut maka semua file gambar, audio, video maupun dokumen tidak akan tersimpan secara otomatis ke galeri. File tersebut akan tampil dengan efek buram, sehingga untuk membukanya harus mengunduh gambar terlebih dulu melalui ikon tanda panah.

Baca Juga: Cara Membersihkan Cache di iPhone Dengan atau Tanpa Aplikasi

Tips Mengatasi Gambar WhatsApp iPhone yang tidak Bisa Dikirim

Selain kendala berupa gambar WA yang tidak tersimpan ke galeri, beberapa pengguna iPhone juga mengeluhkan tidak bisa mengirim gambar di WhatsApp. Kendala ini tentunya akan menghambat aktivitas perpesanan yang sedang dilakukan. Untuk mengatasinya, perhatikan tips di bawah ini:

  • Memastikan Koneksi Internet Stabil

Salah satu tips yang perlu diperhatikan untuk mengatasi kegagalan pengiriman file gambar di Whatsapp adalah dengan memastikan koneksi internet di tempat kamu stabil. Jaringan internet yang buruk akan menghambat proses pengiriman maupun pengunduhan gambar di WA.

Untuk memulihkan koneksi internet kamu bisa memuat ulang dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat. Kemudian aktifkan kembali dan coba gunakan untuk mengirim gambar. Kamu juga bisa mencari lokasi yang sinyal internetnya kuat untuk mengirim gambar.

  • Cek Kembali Pengaturan Tanggal dan Waktu

Salah satu penyebab kenapa tidak bisa kirim gambar di WhatsApp iPhone adalah kesalahan dalam mengatur tanggal dan waktu sehingga tidak sinkron. Kondisi ini akan menyebabkan perangkat tidak bisa tersambung dengan server WhatsApp.

Akibatnya, kamu bukan hanya tidak bisa mengirim gambar di WA tetapi juga tidak bisa mengunduh atau menyimpan gambar yang masuk ke ruang obrolan.

  • Izin Akses Dokumen

Ada kalanya pengiriman gambar di WhatsApp gagal dilakukan karena tidak ada izin akses dokumen yang diberikan. Oleh karena itu harus dipastikan dulu bahwa izin akses sudah diberikan agar sistem WhatsApp bisa membuka file gambar dan mengirimkannya.

Caranya memberikan izin akses adalah dengan masuk ke Pengaturan perangkat kemudian pilih menu Aplikasi dan melanjutkannya dengan memilih opsi WhatsApp. Jika sudah tinggal berikan izin dengan memberikan tanda centang.

  • Pastikan Ruang Penyimpanan Cukup

Kegagalan mengirim gambar WhatsApp iPhone juga bisa disebabkan karena ruang penyimpanan yang sudah penuh. Seperti yang diketahui untuk bisa menyimpan maupun mengirim gambar di WA diperlukan ruang penyimpanan yang cukup.

Oleh karena itu sebelum mengirimkan gambar pastikan dulu ruang penyimpanannya cukup memadai. Jika sudah penuh maka beberapa file bisa dihapus untuk mengosongkan sebagian ruang penyimpanan.

  • Bersihkan Cache di WhatsApp

Cara Mengatasi iPhone tidak bisa Kirim Gambar WhatsApp selanjutnya adalah dengan membersihkan cache di WhatsApp. Jika ternyata ruang penyimpanan masih cukup tapi tetap tidak bisa menyimpan atau mengirim gambar, maka bisa saja karena cache yang menumpuk.

Ketika cache menumpuk, baik di perangkat maupun di aplikasi WA maka hal itu akan menyebabkan kinerja perangkat menurun. Termasuk dalam hal ini tidak mampu mengirimkan gambar di WhatsApp.

Untuk membersihkan cache, kamu hanya perlu membuka menu Pengaturan kemudian pilih opsi Pemeliharaan Perangkat dan lanjutkan dengan Optimalkan sekarang atau menuju ke aplikasi dan hapus cache. Bisa juga dengan membersihkan pesan yang menumpuk di WA.

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai iPhone yang Benar Agar Baterai Awet

  • Jangan Kirim Gambar dalam Jumlah Banyak

Mengirimkan gambar dalam jumlah yang banyak akan berpengaruh pada kecepatan pengiriman. Jika koneksi internet buruk maka proses upload gambar akan semakin terhambat, akibatnya gambar gagal terkirim.  Oleh karena itu jangan langsung kirim dalam jumlah banyak.

  • Update Aplikasi WhatsApp

Jika kamu mendapatkan notifikasi yang menyebutkan bahwa WhatsApp tidak bisa mengirim foto karena format tidak didukung. Bisa saja hal itu terjadi karena versi WA yang kamu gunakan masih versi yang lama dan belum diupdate.

Biasanya pada versi yang lama kinerjanya tidak sebagus yang sudah diperbarui karena fiturnya tidak bisa berjalan secara maksimal. Sebagai solusinya kamu bisa memperbarui aplikasi WhatsApp terlebih dulu baru kemudian mengirimkan gambar.

  • Instal Ulang Aplikasi

Jika kamu sudah melakukan beberapa tips di atas tapi ternyata masih belum bisa mengirimkan gambar WhatsApp iPhone, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah instal ulang. Caranya cukup sederhana, pertama adalah melakukan uninstall aplikasi WhatsApp.

Setelah aplikasi WA berhasil uninstall maka langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi WA di App Store. Tinggal cari aplikasi tersebut dan ketuk Instal untuk mulai pemasangan di perangkat iPhone.

Jika sudah berhasil diunduh maka bisa langsung masuk ke aplikasi WA seperti biasa dengan nomor atau akun WA yang didaftarkan. Baru kemudian mengirim gambar ke nomor yang dituju sesuai kebutuhan. Tantunya cara ini akan cukup efektif jika cara sebelumnya gagal.

Jadi dapat disimpulkan bahwa gambar WhatsApp iPhone yang tidak tersimpan di galeri atau gagal dikirim bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah koneksi internet yang buruk. Sebagai solusinya maka harus dipastikan koneksi internet stabil dan ruang penyimpanannya cukup.

Baca Juga Artikel Tentang Iphone Lainnya:

  1. Cara Hapus Kontak Di Iphone Dengan Mudah
  2. 3 Cara Melihat Jumlah Kontak WA di iPhone
  3. Cara Mengembalikan File Dan Video Yang Terhapus Di Iphone Termudah
  4. Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone: Charging, Penyimpanan, Tips
  5. 3+ Cara Menghentikan Backup WhatsApp di iPhone dengan Cepat!!