Kuota 1 GB Berapa MB dan Internet 1 GB Bisa Apa Saja?


Banyak orang masih bingung dan tidak mengetahui 1 GB berapa MB ketika membeli kuota internet. Ketidaktahuan tersebut akan berdampak pada perencanaan pemakaian. Sangat penting mengetahui nilai konversi GB ke MB dan sebaliknya. Konversi keduanya mudah dilakukan dan hampir bisa otomatis.

Mengenai kuota data, zaman sekarang memang sudah tidak zaman membeli kuota di bawah 1GB kecuali mendesak. Kuota 1 GB dianggap sebagai kuota pas yang digunakan untuk berbagai aktivitas di internet. Konversi dari GB ke MB dan untuk apa saja kuota data 1 GB bisa kamu temukan di artikel ini.

Apa Itu GB?

Sebelum membahas mengenai konversi GB ke MB, mari bahas sedikit mengenai apa itu byte (bita). Byte (B) adalah unit informasi digital yang merepresentasikan bilangan biner. 1 B (Byte) merupakan kumpulan dari 8 bit. Bit atau (b) merupakan kependekan dari binary digit yang tentu tidak sama dengan Byte (B).

Satuan GB, MB, dan KB umum ditemukan dalam memori perangkat dan kuota internet. Satuan tersebut memang digunakan untuk menjelaskan daya tampung atau berapa banyak data yang bisa disimpan di perangkat tersebut. Satuan tersebut sangat mudah ditemukan di RAM, HDD, SSD, dan kuota internet.

Manfaat Mengetahui Konversi GB ke MB

Konversi dan perhitungan 1 GB berapa MB terkesan sepele. Padahal, hal tersebut penting dan membuat kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang tidak terduga. Manfaat terbesar akan kamu rasakan jika kamu termasuk yang ingin mengoptimalkan pemakaian kuota internet dari penyedia seluler manapun.

Berikut adalah berbagai manfaat dan kegunaan mengetahui konversi GB ke MB dan sebaliknya.

  • Kamu bisa mengontrol kuota internet yang digunakan. Kamu bisa melihat dan memprediksi pemakaian data dan aktivitas apa saja yang dilakukan di sana. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari habisnya data ketika kamu sedang asyik menggunakan data internet di HP.
  • Kamu bisa mengontrol pemakaian aplikasi yang terpasang di HP. Mengetahui ukuran aplikasi akan membuat kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang dinilai pantas untuk digunakan. Aplikasi mana yang memakan banyak data dan membebani untuk kemudian dihapus dari HP.
  • Kamu bisa membuat perencanaan pemakaian paket data internet. Kamu bisa selektif dalam memilih berapa paket data yang ingin dibeli. Jangan sampai membeli paket data yang terlalu sedikit atau terlalu besar. Pemakaian dan pembelian yang akan kamu lakukan menjadi lebih optimal.

Perhitungan 1 GB Berapa MB

Perhitungan 1 GB Berapa MB

Dalam perhitungan GB ke MB ada 2 istilah penting yang perlu kamu ketahui, yaitu biner dan desimal. Bilangan biner adalah bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1, dimana bilangan tersebut digunakan oleh para provider seluler atau di bidang komputer. Sementara bilangan desimal digunakan di sektor umum.

Menyatakan 1 GB sama dengan 1000 MB sebenarnya tidak tepat. Dalam perhitungan yang lebih spesifik, 1 GB adalah 1024 MB. Menghitung 1 GB ke MB dan sebaliknya mudah dan sederhana dimana kamu hanya perlu memperhatikan tabel konversi berikut ini.

Satuan Biner Desimal
1 KB (KiloByte) 1024 Byte 1000 Byte
1 MB (MegaByte) 1024 KB 1000 KB
1 GB (GigaByte) 1024 MB 1000 MB
1 TB (TeraByte) 1024 GB 1000 GB
1 PB (PetaByte) 1024 TB 1000 TB
1 EB (EksaByte) 1024 PB 1000 PB
1 ZB (ZettaByte) 1024 EB 1000 EB
1 YB 1024 ZB 1000 ZB

Mengacu pada tabel konversi di atas, mudah sekali menghitung dari GB ke MB. Sebagai contoh, 1 GB berapa MB dalam kuota internet? Dalam bilangan biner 1 GB adalah 1024 MB dan dalam bilangan desimal adalah 1000 MB. Bagaimana dengan 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, 10 GB dan seterusnya?

Kamu hanya perlu mengalikan dengan jumlah biner atau desimal dalam tabel. 8 GB berarti 8 x 1024 yang berarti adalah 8192 MB. Prinsip dari perhitungan tersebut diterapkan juga pada satuan lain, termasuk KB. Mengacu kepada prinsip tersebut, kamu dijamin tidak akan kesulitan untuk melakukan konversi satuan.

Kuota 1 GB Dapat Apa?

Setelah mengetahui perhitungan 1 GB berapa MB dan sebaliknya, kamu mungkin penasaran dengan apa saja yang bisa didapatkan dari kuota internet 1 GB. 

Kuota 1 GB memang sudah menjadi standar minimal pemakaian internet. Dengan modal 1 GB, kamu sudah bisa melakukan berbagai aktivitas di internet. Berikut adalah aktivitas apa saja yang bisa kamu dapatkan dari kuota internet 1 GB.

1. Menggunakan WhatsApp

WhatsApp atau WA adalah aplikasi bertukar pesan dan panggilan video yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Dengan modal kuota internet 1 GB, kamu sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan nyaman. Bahkan, kamu bisa sampai melakukan pertukaran pesan sebanyak 400 ribu kali (sangat banyak).

2. Streaming Musik dan Video

Streaming Musik dan Video

Kuota internet 1 GB ternyata bisa digunakan untuk menikmati layanan streaming video dan musik yang berkualitas. Pengetahuan mengenai 1 GB bersamaan berapa MB akan memberi manfaat di sini. Untuk streaming musik, kamu akan memakan 2,4 MB data per menit (7 jam) di situs streaming musik Spotify.

Sementara untuk streaming video, kamu bisa menghabiskan sekitar 240 MB untuk video dengan durasi sampai 1 jam dalam resolusi video SD (480p). Dalam jam dan menit, kamu bisa menonton sekitar 4 jam 10 menit video di Youtube. Angka tersebut lumayan untuk pengguna kuota 1 GB yang terbilang irit.

3. Share Foto

Pengguna media sosial pasti sering menghabiskan waktunya untuk berbagi konten, terutama dalam format visual. Kuota internet 1 GB akan memberi para penggunanya kesempatan untuk membagikan 4 ribu foto ke internet. Sebaliknya, kamu akan menikmati 40 ribu foto yang dibagikan orang lain ke internet.

4. Browsing

Aktivitas lain yang bisa kamu nikmati dengan nyaman dari kuota data 1 GB adalah melakukan browsing. Kamu bisa membuka sekitar 445 halaman dengan kuota tersebut. Jumlahnya mungkin meningkat apabila kamu menggunakan HP dan mengunjungi halaman website yang dioptimasi untuk perangkat mobile.

Dengan memahami 1 GB berapa MB kamu bisa merencanakan pemakaian kuota data internet lebih baik. Selain itu, perhitungan GB ke MB memang pengetahuan dasar yang siapapun sebaiknya memahaminya dengan baik. Kedepannya, kamu tidak akan salah lagi menghitung konversi GB ke MB.