Evercoss U6B, HP Gaming Lokal Harga Ramah Kantong

Posted on

Berbicara tentang vendor smartphone, mungkin banyak orang menyebut merek global seperti Oppo, Apple, Asus, Samsung, dan lainnya. Namun rupanya selain pabrikan asing, terdapat produsen smartphone asli Indonesia yang produknya tak kalah dengan merek asing yakni Evercoss. Dari banyaknya produk brand lokal ini, salah satu yang cukup diminati adalah Evercoss U6B.

Ponsel yang digadang-gadang menjadi HP gaming lokal murah ini dibandrol dengan harga ramah di kantong, yakni di bawah Rp 1 juta. Bahkan pencapaian skor AnTuTu-nya cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk keperluan gaming dengan leluasa. Tertarik ingin beli? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Evercoss U6B Review

Evercoss U6B

Tampilan Elegan

Dipasarkan di kelas entry level, seri U6B ini hadir dengan performa tinggi yang bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas penggunanya. Tampilannya pun terbilang elegan untuk HP harga di bawah Rp 1 juta, karena hadir dengan desain cantik di bagian bodi belakangnya.

Dua kamera utama berada di sisi kiri belakang, dengan sensor fingerprint di bagian tengah. Terlihat pula logo Evercoss di bagian bawah. Warna yang dihadirkan pun tak kalah menarik yakni Blue (biru) dan Black (hitam), sehingga semakin memperlihatkan kemewahan ponsel lokal ramah kantong ini.

Ada Notch Display

Salah satu keunggulan yang diusung ponsel gaming ini adalah adanya notch display atau poni di bagian atas layar. Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah ini, notch adalah desain lekukan yang dapat dilihat di atas layar ponsel. Tak sedikit pengguna smartphone menyebutnya dengan kata “poni hitam”, karena memang terlihat seperti poni.

Adanya notch 2.5D di bagian layarnya juga membuat penampilan ponsel berubah, karena mampu memberikan kesan full screen atau memperluas layar. Pasalnya seperti diketahui, banyak smartphone di pasaran menggunakan layar bingkai. Meskipun begitu, kehadiran si poni hitam ini tidak menghilangkan komponen lainnya sebut saja sensor, kamera depan, dan lain-lain.

Layar HD

Selain karena kehadiran notch, layar Evercoss U6B ini memang sudah terlihat luas karena mengusung layar 5,45 inci dan aspek rasio mencapai 19 : 9. Untuk keperluan gaming, layar ukuran tersebut terbilang pas karena membuat perangkat ponsel nyaman digenggam. Jari-jari penggunanya pun bisa meraih segala sudut dengan mudah, sehingga bermain game menjadi lebih leluasa.

Selain itu layar luas ini juga didukung teknologi panel IPS (In-Plane Switching), dengan display beresolusi HD+ 1440 X 720 piksel. Tak heran jika layarnya mampu menghasilkan warna tajam, cemerlang, dan detail, karena kerapatan display yang ditawarkan hingga mencapai 282 piksel per inci.

Panel IPS menggunakan dua transistor bagi setiap piksel di layar, dan kelebihan utamanya adalah kualitas warna lebih akurat serta natural. Sehingga meskipun dilihat dari sudut pandang berbeda, warnanya tetap tidak akan berubah. Selain itu jejak sentuhannya pun tidak terlihat di layar, dan cocok digunakan pada gadget berlayar sentuh.

Dual Camera

Kelebihan lainnya adalah adanya dual camera atau kamera ganda di bagian belakang. Resolusinya pun cukup tinggi, yakni 8 MP dan 2 MP (depth sensor) dengan fitur autofokus menggunakan sensor BSI CMOS. Sensor tersebut berpadu dengan lensa f2.2 serta LED Flash.

Kedua kamera belakang mampu menghasilkan foto bokeh dan cukup baik untuk ponsel kelas entry level. Gambarnya pun terlihat detail dan tajam, sehingga sangat cocok bagi mereka yang hobi fotografi.

Beralih ke bagian depan, terpasang kamera beresolusi 8 MP aperture f/2.2 fixed focus sensor BSI CMOS. Selain itu ketika digunakan untuk ber-selfie ataupun melakukan video call di ruangan gelap, dapat menggunakan LED Flash yang terpasang di sebelah kamera depan.

Skor AnTuTu Tinggi

Spesifikasi Evercoss U6B

Bagi orang awam mungkin masih asing dengan kata AnTuTu, namun apa sebenarnya AnTuTu?

Adalah aplikasi untuk menilai kualitas dari suatu smartphone Android, dan bekerja untuk mengetahui performa dari setiap komponen seperti prosesor, RAM, chipset, GPU, CPU, dan komponen lainnya. Tak sedikit pengguna Android yang sengaja mengunduh aplikasi ini guna mengetahui performa serta kualitas dari ponsel.

Umumnya aplikasi ini dimanfaatkan oleh para gamers, guna menguji kelayakan smartphone sebelum digunakan bermain game. Semakin tinggi skor yang dihasilkan, maka semakin baik pula performa dari ponsel tersebut. Karena itu banyak orang terlebih para gamers berpendapat jika skor AnTuTu tinggi menjadi patokan suatu smartphone layak untuk dibeli.

Untuk seri U6B ini, berhasil meraih skor benchmark di angka 74 ribuan. Angka tersebut terbilang cukup fantastis, serta membuktikan jika ponsel gaming lokal ini memiliki performa andal dan mumpuni.

Memori Penyimpanan dan Baterai Besar

Beralih ke dapur pacu, Evercoss U6B mengusung prosesor octa core 1,6 GHz berpadu dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Prosesor tersebut disandingkan dengan RAM 2 GB serta memori internal sebesar 16 GB, dengan slot microSD yang bisa diperluas hingga 128 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut terbilang lumayan mencukupi.

Untuk daya ponsel disematkan baterai sebesar 2600 mAh guna menunjang segala aktivitas penggunanya. Baterai tersebut pun terbilang cukup digunakan sehari-hari.

Harga Terjangkau

Lantas berapa harga jual dari smartphone gaming yang diklaim super murah ini? Ketika pertama kali diluncurkan, U6B dipasarkan dengan harga Rp 900 ribuan.

Namun seiring berjalannya waktu, harga yang ditawarkan turun di kisaran Rp 700 ribuan hingga Rp 800 ribuan. Kamu bisa mendapatkan ponsel satu ini di toko HP offline maupun di e-commerce langganan kamu.

Ada Fitur Fingerprint

Selain itu ada fitur keamanan yang ditawarkan oleh smartphone ini yakni fingerprint dan diletakkan di sisi belakang ponsel. Fingerprint merupakan sensor biometrik sidik jari, yang berfungsi sebagai pengaman ketika pengguna ingin mengakses smartphone tersebut.

Sehingga orang lain tidak bisa membuka ponsel tersebut, karena untuk dapat mengaksesnya harus menggunakan sidik jari dari penggunanya. Kelebihan dari fitur ini adalah tingkat keamanan tinggi, mudah digunakan, terkesan mahal, melindungi data penting, dan lain-lain.

Kelebihannya Evercoss U6B

Evercoss U6B Real Foto

  • Harga murah dan terjangkau untuk semua kalangan, karena dibandrol di bawah Rp 1 juta.
  • Layar luas didukung panel IPS, sehingga bermain game lebih leluasa dan nyaman.
  • Dual camera dengan hasil gambar lumayan baik.
  • Resolusi kamera selfie cukup besar yakni 8 MB.
  • Ada LED Flash di kamera depan maupun kamera belakang.
  • Memiliki fitur pengaman fingerprint.
  • Desain elegan dan kekinian.
  • Ada notch display atau poni di bagian layar.
  • Performa andal dan mumpuni untuk ponsel kelas entry level.
  • Layar HD.
  • Memiliki Skor AnTuTu tinggi hingga angka 74 ribuan.

Kelemahannya Evercoss U6B

  • Kapasitas memori penyimpanan kurang.
  • Pilihan warna kurang variatif karena hanya ada dua varian saja yakni Blue dan Black.
  • Cangkang bodi tipis dan terkesan ringkih.
  • Slot SIM Card tidak terpisah dan menyatu dengan bodi.

Itulah ulasan Evercoss U6B, ponsel gaming lokal murah dengan harga terjangkau di bawah Rp 1 juta. Rupanya produk asli Indonesia pun tak kalah dengan keluaran brand asing, mengingat spesifikasi yang diusung pun terbilang mumpuni dan cukup baik untuk HP kelas entry level. Kamu tertarik beli?

Leave a Reply

Your email address will not be published.