Evercoss U55: Spesifikasi, Fitur, Keunggulan, Plus Minus, Cara Merawat

Posted on

Boleh dibilang kalau Evercoss terus berusaha memenuhi kebutuhan pengguna smartphone, terutama yang mau punya ponsel murah namun spesifikasi lengkap. Di tahun 2017, brand lokal ini meluncurkan produk barunya yaitu Evercoss U55. Cocok untuk pebisnis hingga anak rumahan.

Spesifikasi dari HP tersebut tidak kalah dengan HP yang diproduksi label internasional. Oleh karena itulah, sampai sekarang seri U55 ini masih menjadi pilihan sejumlah orang. Apakah Anda juga mau memilikinya?

Spesifikasi Evercoss  U55

Evercoss  U55

Penasaran seperti apa spesifikasi dari ponsel besutan produsen lokal yang sempat menghuni posisi kedua penjualan smartphone terbanyak 2015 silam? Soal dimensi termasuk standar, yaitu berukuran 154 x 77,5 x 9,3 mm dengan berat mencapai 139,2 gram.

Ada beberapa pilihan warna desainnya, yaitu gold, white, dan black dengan karakteristik warnanya masing-masing. Untuk ukuran layarnya juga termasuk standar yaitu 5,5 inci atau belum full screen seperti kebanyakan HP saat ini.

Untungnya, penggunaan sudah mengakomodir teknologi touch screen yang memudahkan pengguna ketimbang harus memencet tombol-tombol huruf atau angka tersedia. Ketajaman gambar yang ditampilkan pada layar, ditunjang pula dengan resolusi gambar 720 x 1280 piksel. Cukup jelas, detail, dan tajam.

Sedangkan untuk sistem operasi, sudah mengadopsi Android versi tujuh yaitu Android Nougat. Masuk kategori sistem operasi cukup baik dibanding pendahulunya. Ditunjang pula dengan CPU Quad Core 1.3 GHz, lalu kapasitas RAM mencapai 1GB sementara memori penyimpanan internal 8GB yang dapat ditingkatkan hingga 32 GB melalui MicroSD.

Menyoal Evercoss U55, sudah menggunakan Lithium Ion yang langsung menempel pada body perangkat sehingga tidak dapat dilepaskan. Kalau mau mengganti baterai, tidak dapat dilakukan sendiri sebab Anda akan butuh teknisi andal dengan kemampuan tepat akan membuka mesin dan berhubungan langsung dengan banyak komponen lainnya.

Dengan kapasitas baterai 3000 mAh, tergolong sudah cukup tahan bahkan lebih dari satu hari. Asalkan dipakai untuk kebutuhan normal, lalu isilah daya sesuai petunjuk dari buku panduan penggunaan.

Bagaimana dengan jaringan internet yang didukung oleh Evercoss U55? Ternyata mendukung jaringan 4G, HSDPA, 3G, hingga 2G. Alhasil, pengguna dapat memilih sesuai dengan lokasi mereka. Ada kawasan dengan jaringan internet stabil dan cukup cepat, Anda pilih 4G.

Tapi, kalau berada di daerah susah sinyal tinggal memindahkan koneksi menggunakan jaringan 3G atau 2G.

Fitur Utama Evercoss U55

Seperti HP pada umumnya, U55 juga punya sejumlah fitur unggulan. Membuat Anda akan lebih nyaman saat memakai, baik itu untuk pecinta fotografi atau ingin terhubung setiap saat dengan banyak orang.

  • Kamera

Sudah dibekali dengan kamera utama belakang dengan resolusi 8 MP, bisa otomatis auto fokus ketika objek tidak terlalu jelas. Ada pilihan flash untuk hasil lebih baik, kemudian dilengkapi dengan tools kamera seperti pemilihan kualitas hasil jepretan sampai pada kualitas HDR.

Kemudian ada pengidentifikasian wajah menggunakan face detection, touch focus, hingga geo tagging.

 Untuk kamera depan juga sudah disediakan, berkapasitas 8 MP untuk memuaskan kecintaan Anda pada foto-foto selfie dan wefie. Hasilnya cukup bagus kalau dibandingkan dengan HP sejenis di kelasnya.

  • Konektivitas

Ada lagi fitur konektivitas, untuk membantu perangkat ini terhubung dengan media atau ponsel lainnya. Anda bisa memilih koneksi Wifi jika ingin jaringan internet lebih stabil, tidak menghabiskan kuota pribadi. Ada juga koneksi Hotspot, ketika Anda mau meminta koneksi dari ponsel lain.

Tidak hanya itu, tersedia pula koneksi bluetooth untuk sharing file dan dokumen jarak dekat dengan pengguna HP lain ketika tidak punya kuota internet. Selanjutnya, tersedia port USB ketika Anda ingin menghubungkan Evercoss U55 dengan media komputer atau laptop untuk memindahkan dokumen.

  • Video Call

Mau video call menggunakan aplikasi seperti Whatsapp dan lainnya? Perangkat ini juga sudah menyediakan fiturnya. Anda tinggal mengaktifkan dan komunikasi jarak jauh akan terasa lebih menyenangkan.

  • Pemilihan Jaringan Internet

Fitur ini memungkinkan Anda memilih jaringan internet, mau 2G ketika berada di lokasi terpencil. 3G atau 4G pada berbagai lokasi, atau pilihan jaringan auto connection. Dimana ponsel akan menemukan jaringan terbaik di sebuah lokasi, sehingga Anda bisa tetap terhubung dengan siapa saja.

Kecepatan jaringan juga cukup maksimal. Untuk jaringan 3G 42,2 mbps, jaringan 4G LTE Cat 4 150/50 mbps.

Keunggulan Evercoss U55

Keunggulan Evercoss U55

Keunggulan sebuah HP juga menjadi pertimbangan sebelum membeli, meskipun ponsel besutan Evercoss ini sudah rilis sejak 2017 namun soal keunggulan masih tidak kalah kalau dibandingkan dengan smartphone di kelas mid low lainnya.

  • Hasil Kamera Sudah Bagus

Jepretan kamera belakang untuk objek jauh, sudah bagus. Bahkan tidak butuh banyak polesan lagi menggunakan aplikasi editing. Sebab, dalam fitur kamera sudah tersedia banyak tools pendukung.

Bagi yang suka posting di media sosial, tinggal capture sebuah momen terbaik. Lalu tinggal unggah. Beda dengan HP berkamera standar 2 MP atau resolusi di bawah itu, dengan hasil masih buram dan sepertinya belum layak kalau langsung jadi sebuah postingan media sosial.

  • Cocok Untuk Bisnis

Kalau Anda punya bisnis online, lalu butuh perangkat penunjang untuk komunikasi dengan konsumen. Evercoss U55 Dapat dijadikan pilihan, layarnya yang sudah cukup besar didukung dengan koneksi lengkap memudahkan Anda melakukan promosi di media sosial dengan mudah tanpa bantuan tambahan aplikasi.

  • Desain Sudah Up to Date

Soal desain smartphone, tidak kalah dengan HP produksi China. Cukup elegan, dengan bahan plastik yang ringan. Jadi, Anda akan tetap percaya diri memakainya dimana saja.

Dengan desain yang tepat untuk berbagai kalangan ini, menyimpannya di dalam tas atau dompet juga sangat mudah karena setiap sisinya dibuat melengkung sehingga memudahkan saat menyimpan tanpa harus tersangkut pada sisi dompet atau tas Anda.

  • Harga Relatif Murah

Soal harga, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp900 ribuan saja. Coba bayangkan, hanya dengan harga tersebut Anda sudah bisa memiliki ponsel canggih. Punya banyak fitur hebat, cukup tahan banting, dan dapat menunjang berbagai aktivitas.

Kekurangan Evercoss U55

Satu hal sangat disayangkan dari produk ini, karena ternyata belum dilengkapi fitur fast charging. Hal tersebut membuat pengguna harus rela menunggu dalam waktu lama, hanya untuk mengisi daya baterai.

Jika dipaksakan untuk menggunakannya saat sedang pengisian daya, maka kemungkinan HP cepat panas dan ujung-ujungnya cepat pula rusak.

Bagaimana Cara Merawat Evercoss U55

Untuk merawat HP ini, tidak terlalu sulit seperti Anda merawat smartphone pada umumnya. Mulai dari mematikan saat sedang pengisian daya, untuk memperpanjang umur baterainya, kemudian mematikan aplikasi yang tidak digunakan, ketika sedang berada di perjalanan. Fungsinya, agar sistem perangkat tidak bekerja keras karena banyak aplikasi running.

 Cara berikutnya adalah, memberikan pengaman pada casing dan layar. Supaya dampak buruk saat jatuh tidak akan terjadi. Lalu, Anda juga harus mematikan koneksi internet saat sedang tidak menggunakan HP supaya baterai tidak cepat habis.

Demikianlah sekelumit penjelasan tentang Evercoss U55. Jika memang Anda tertarik untuk memilikinya, cari saja melalui toko online atau langsung beli ke toko ponsel terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.