Review Evercoss sp6, Ponsel Unik dengan Fungsi Walkie Talkie

Posted on

Evercoss tidak ada henti-hentinya terus meluncurkan produk-produk unik dengan harga terjangkau. Salah satu contohnya adalah Evercoss sp6. Bagaimana tidak, ponsel tersebut bisa berfungsi layaknya sebuah walkie talkie sehingga tidak membutuhkan pulsa maupun koneksi internet untuk berkomunikasi.

Meski begitu, ponsel tersebut tetap bisa dipasang kartu SIM meskipun hanya mendukung jaringan GPRS saja. Selain itu, ada pula fitur-fitur menarik lainnya seperti pemutar musik, pemutar video, Bluetooth, slot microSD, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan lengkap di bawah ini.

Review Evercoss sp6

Kelengkapan

Evercoss sp6

Di dalam box yang masih terbuat dari mika, kita akan menemukan beberapa komponen cukup lengkap. Komponen tersebut antara lain unit, headset, baterai, alat jepit, obeng, baut, charger, kartu garansi, dan buku panduan. Tentu saja itu sudah sangat baik mengingat kebanyakan ponsel di atasnya pun bahkan tidak menyertakan headset di dalamnya.

Hanya saja, kita tidak bisa mengharapkan kualitas headset terlalu baik mengingat harganya pun sangat murah. Namun, jika hanya digunakan agar tidak terlalu membuat kebisingan di sekitar, hal tersebut sudah layak.

Desain

Mendapatkan sebutan sebagai handphone walkie talkie, sudah sewajarnya jika desain bentuknya dibuat menyerupai sebuah walkie talkie. Di bagian atas terdapat antena UHF yang nantinya digunakan untuk menangkan sinyal. Hanya saja, bahan pembuatannya masih menggunakan plastik, berbeda dengan walkie talkie pada umumnya di mana sudah menggunakan kombinasi karet.

Di bagian depan, kita akan melihat sebuah layar berukuran 1.8 inci, tombol navigasi, serta keypad dengan bentuk benar-benar seperti pada walkie talkie. Di bagian kanan terdapat port mikro USB dan jack audio. Sementara itu, di kiri terdapat tombol walkie talkie serta saklar untuk menghidupkan senter di bagian atas.

Kemudian, di bagian belakan terdapat satu buah speaker cukup besar yang akan menunjang beberapa fitur audionya. Untuk membuka case, kita membutuhkan obeng dan akan mendapati dua buah slot SIM card, micro SD, serta baterai.

Jadi, bisa disimpulkan dari segi desain, Evercoss sp6 memang benar-benar mirip walkie talkie. Beberapa orang yang akrab dengan perangkat tersebut mungkin akan sangat familiar seperti satpam, petugas parkir, dan sebagainya.

Dimensi

Mempunyai layar berukuran 1.8 inci dengan resolusi 220 x 176 piksel sepertinya tidak terlalu kecil untuk dilihat. Mengenai dimensi atau ukuran perangkat, lagi-lagi adopsi dari walkie talkie masih diterapkan sehingga cukup nyaman digenggam atau dimasukkan ke dalam kantong celana.

Jaringan

Mengingat ponsel ini masih belum mengadopsi teknologi smartphone, maka tidak heran jika jaringan hanya mendukung GSM saja dengan frekuensi 850, 900, 1800, dan 1900. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah berarti mengingat keunggulan utamanya adalah mampu digunakan berkomunikasi tanpa pulsa.

Software

Setelah ponsel dihidupkan, kita bisa mengakses beberapa menu bawaan. Menu tersebut antara lain walkie talkie, pesan, buku telepon, pemutar musik, pemutar video, pembuka foto, radio FM, dan permainan. Meskipun mendukung pembuka multimedia, sayangnya perangkat ini masih belum dibekali kamera.

Memori Penyimpanan

Spek Evercoss sp6

Pada dasarnya, kita tidak bisa mengandalkan memori internal dari ponsel ini apabila ingin menyimpan file seperti musik, foto, atau video. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan micro SD card karena Evercoss sp6 sudah mendukung tambahan SD Card hingga 32 GB.

Kapasitas tersebut tentu sudah lebih dari cukup untuk menyimpan ribuan lagu favorit. Hanya saja, mengingat resolusinya masih rendah, kualitas foto atau video pasti tidak akan terlalu maksimal.

Konektivitas

Untuk mendukung aktivitas transfer data, Evercoss sudah membekali beberapa fitur seperti Bluetooth dan micro USB. Kedua fitur tersebut sepertinya sudah cukup karena file yang dipindah juga hanya sebatas musik, video, serta foto saja.

Baterai

Satu hal yang cukup menarik dan bisa jadi keunggulan sangat menonjol adalah kapasitas baterai. Untuk sekelas ponsel non smartphone, baterai 2600 mAh adalah kapasitas sangat besar. Apabila dalam kondisi normal, maka diperkirakan perangkat bisa bertahan hidup hingga 2 sampai 3 hari lamanya.

Keunggulan ini mungkin yang menjadi salah satu daya pikat untuk mendukung fungsi walkie talkie. Jadi, pengguna bisa merasakan layaknya mempunyai perangkat sungguhan karena biasanya walkie talkie juga memiliki daya tahan hidup cukup lama.

Fitur Evercoss sp6

Evercoss sp6 Real Foto

  1. Walkie talkie

Fitur utama yang menjadi daya pikatnya adalah mampu digunakan sebagai walkie talkie. Kita bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna Evercoss sp6 dengan jarak maksimal 1 km tanpa halangan. Ada beberapa pilihan channel guna memastikan kedua perangkat bisa terhubung.

Untuk menggunakan fitur tersebut, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke bagian menu
  • Pilih Walkie Talkie
  • Atur di bagian Channel
  • Klik Background
  • Jika sudah aktif akan muncul icon HP di menu utama
  • Untuk mengirim pesan, tahan tombol yang berada di bagian samping
  1. Wireless radio

Selain berfungsi menangkap sinyal, adanya antena internal di bagian atas juga berfungsi sebagai wireless radio. Seperti kita ketahui, beberapa perangkat diharuskan menggunakan headset apabila ingin membuka fitur radio FM. Akan tetapi, pada ponsel ini hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Didukung dengan speaker yang besar, maka kita bisa mendengarkan radio dengan lebih jelas ketika beraktivitas. Namun, kualitas suaranya masih standar, belum ada keseimbangan antara bass, middle, dan treble.

  1. Bluetooth

Model ponsel lawas seperti ini biasnya hanya dibekali infra red saja untuk transfer data. Namun, menariknya Evercoss sp6 sudah memiliki fitur Bluetooth 3.0. Tentu saja itu menjadi satu hal yang baik dan sangat berguna apabila ingin melakukan transfer file tidak perlu menggunakan kabel.

  1. Agenda

Layaknya di ponsel-ponsel pada umumnya, fitur agenda pasti ada di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah alarm, kalender, pengingat, dan kalkulator.

  1. Senter

Fitur yang terakhir adalah flash light atau lampu senter. Untuk memudahkan pengguna dalam menyalakannya, di bagian samping sudah terdapat saklar khusus. Kita hanya perlu menggeser saklar tersebut, maka lampu akan langsung menyala.

Satu hal yang cukup menarik adalah cahaya senter tersebut tergolong terang. Dengan demikian, ponsel ini juga bisa dimanfaatkan ketika sedang melakukan perjalanan di malam hari seperti kegiatan memancing, berkemah, dan lain-lain.

Harga Evercoss sp6

Lalu, berapa harga dari ponsel tersebut? Dikutip dari beberapa sumber seperti marketplace dan situs resminya, kita hanya perlu mengeluarkan sekitar 350 ribu rupiah saja. Harga tersebut sepertinya cukup wajar mengingat banyak sekali fitur unggulan seperti baterai besar, wireless radio, hingga fungsi walkie talkie.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Kita bisa memesan di berbagai situs marketplace atau mencari di gerai Evercoss terdekat. Tentu saja harganya akan berbeda-beda setiap daerah.

Itulah tadi pembahasan lengkap terkait Evercoss sp6 dengan fitur utama sebagai walkie talkie. Jika dilihat dari seluruh aspek, sepertinya ponsel ini masih layak dimiliki, terutama bagi orang yang ingin menikmati komunikasi tanpa harus menggunakan pulsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.