Review Lengkap Tablet Evercoss m70, Gadget Murah Android Nougat

Posted on

Tablet memiliki beberapa kelebihan dibandingkan smartphone, salah satunya adalah mempunyai layar lebih lebar. Jika saat ini kamu sedang mencari tablet murah dengan spesifikasi lumayan, mungkin Evercoss m70 bisa menjadi jawabannya. Namun, sebelum itu pastikan pelajari terlebih dahulu tentang spesifikasi lengkapnya.

Pada kali ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mempertimbangkan apakah tablet ini benar-benar layak dimiliki atau tidak. Tidak perlu berlama-lama lagi, silakan simak pembahasan lengkap berikut.

Review Tablet Evercoss m70

Kelengkapan

Evercoss m70

Ketika pertama kali membuka box, kita akan disambut dengan busa sebagai pelindung perangkat yang tidak terlalu tebal. Kemudian, ada satu buah device terbungkus plastik. Sementara itu, beberapa perangkat lainnya adalah adaptor charger 1,2 ampere, kabel data micro USB, kartu garansi, buku panduan, anti-gores non tempered glass, silikon, dan headset.

Dari beberapa komponen di atas, bisa dikatakan bahwa kelengkapan gadget ini cukup baik. Apalagi beberapa orang menganggap bahwa headset bawaan dari Evercoss mempunyai kualitas lumayan. Jadi, ini mungkin bisa menjadi salah satu poin plus tersendiri.

Desain

Secara desain, sepertinya tidak ada perbedaan cukup signifikan apabila dibandingkan gadget sekelasnya. Di bagian depan hanya terdapat sebuah layar 7 inci beresolusi 1024 x 600 piksel beserta kamera depan. Apakah ukuran tersebut bagus? Dengan harga yang ditawarkan, tentu saja hal ini sudah sangat bisa diterima dan memang hampir semua gadget menggunakan desain seperti itu.

Selanjutnya, di bagian kanan terdapat tombol volume dan tombol power, di bagian atas terdapat slot micro USB serta headset, di bagian kiri kosong, sedangkan di bagian bawah terdapat mikrofon. Menariknya, kita sudah bisa menikmati fitur fingerprint yang berada di bagian belakang.

Mengenai pilihan warna, kita memiliki beberapa alternatif seperti putih, hitam, dan gold. Tidak ada perbedaan signifikan di antara ketiganya sehingga cukup disesuaikan dengan selera masing-masing saja.

Dimensi

Beralih ke bagian dimensi. Untuk sebuah tablet, bisa dibilang Evercoss m70 memiliki desain cukup mungil. Bagaimana tidak, ukuran gadget ini hanya 194 x 110 x 10 mm saja dengan berat 270 gram. Jadi, apabila kita ingin membawanya bepergian tidak akan terlalu menyulitkan.

Jaringan

Untuk jaringan juga sudah lumayan baik mengingat perangkat ini sudah mendukung sinyal GSM, HSDPA, serta 4G LTE. Dukungan 4G LTE akan membuat aktivitas berselancar di dunia maya menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Meski begitu, hal ini bukan sesuatu yang spesial karena produk-produk sekelasnya pun kebanyakan sudah menggunakan jaringan tersebut.

Software

Spesifikasi Evercoss m70

Salah satu yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli tablet adalah sistem operasinya. Apabila OS pada sebuah gadget masih tergolong jadul, hal tersebut biasanya akan cukup berdampak pada pemasangan aplikasi.

Semakin terbaru OS yang digunakan, maka akan semakin baik pula performa dari perangkat tersebut. Lalu, bagaimana dengan tablet ini? Kabar baiknya, sistem operasi Android Nougat 7.0 sudah disematkan sehingga tidak perlu khawatir ketika ingin memasang berbagai macam aplikasi.

Memori Penyimpanan

Selain faktor software, memori juga memegang peran penting seperti RAM serta memori internal. Tablet ini sudah dibekali RAM 1 GB. Meskipun tergolong kecil, namun untuk keperluan ringan seperti membuka sosial media, YouTube, ataupun game-game kecil tidak akan menjadi masalah berarti.

Kemudian, untuk mengakomodasi penyimpanan data seperti foto, video, dan musik, Evercoss sudah membekali dengan memori internal sebesar 8 GB. Ukuran tersebut cenderung kecil, apalagi pasti beberapa persen akan digunakan menjalankan aplikasi sistem sehingga hanya akan tersisa sekitar 6 GB saja.

Guna mengatasi hal tersebut, kabar baiknya kita bisa menambahkan memori eksternal hingga 64 GB. Dengan demikian, tidak perlu khawatir lagi ketika ingin menyimpan banyak file sekaligus.

Kamera

Meskipun tidak terlalu penting, namun aspek kamera juga perlu dibahas. Pasalnya, perangkat ini hanya dibekali kamera belakang 3 MP dan kamera depan 1.2 MP. Untungnya, lampu flash sudah disematkan sehingga bisa membantu mendapatkan gambar lebih baik di tempat minim cahaya.

Sekali lagi, dengan spesifikasi tersebut, tablet ini memang tidak didesain untuk kepentingan fotografi, melainkan lebih ke aspek-aspek lainnya. Agar lebih jelas, mari berlanjut ke bagian berikutnya.

Konektivitas

Aspek konektivitas berkaitan erat dengan proses pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Lalu, apakah aspek ini layak diacungi jempol? Sebenarnya jawabannya adalah tidak karena fitur konektivitas cenderung standar pada semua gawai seperti Bluetooth, Wi-Fi, Micro USB, serta GPS.

Baterai

Standar ukuran baterai pada tablet tentu berbeda jika dibandingkan dengan smartphone. Mungkin kapasitas 2900 mAh sudah cukup besar untuk ukuran smartphone. Akan tetapi, bagi tablet angka tersebut cenderung standar dan tidak terlalu spesial meskipun juga tidak terlalu buruk.

Dengan kapasitas tersebut, diperkirakan perangkat bisa beroperasi selam kurang lebih 6-9 jam tergantung pemakaian. Semakin baik perawatannya, semakin lama pula durasinya.

Fitur

Mengenai fitur-fitur sepertinya tidak ada yang terlalu spesial sehingga mungkin tidak ada pembahasan secara detail. Beberapa contoh di antaranya sudah disebutkan di bagian sebelumnya seperti Wi-Fi, Bluetooth, kamera, kalender, kalkulator, dan sebagainya.

Harga

Lalu, berapa uang yang perlu kita keluarkan untuk meminang Evercoss m70? Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya kita harus merogoh kocek sekitar 750 hingga 900 ribu rupiah saja, tergantung dari tempat pembelian.

Harga tersebut masih bisa diterima jika dilihat dari spesifikasi yang ada. Jadi, tidak ada salahnya jika kita sedang mencari tablet murah dengan spesifikasi lumayan, ini bisa menjadi pilihan tepat.

Kelebihan Evercoss m70

Evercoss m70 Real Foto

Kelebihan paling menonjol dari gadget ini adalah sistem operasinya. Bayangkan saja, dengan budget di bawah 900 ribu, kita sudah bisa mendapatkan tablet yang memakai OS Android 7.0. Selain itu, performa prosessornya juga cukup baik sehingga bisa menunjang berbagai aktivitas di dalamnya.

Kemudian, adanya sensor finger print juga menjadi salah satu keunggulan tersendiri mengingat kebanyakan produk di kelasnya masih belum ditemui. Di sisi lain, ukuran layar 7 inci termasuk nyaman baik ketika digunakan maupun disimpan.

Kekurangan Evercoss m70

Dari penjelasan di atas, mungkin kita semua sepakat bahwa aspek kamera memang layak masuk dalam daftar kekurangan. Meskipun fungsi utamanya bukan soal fotografi, namun akan lebih baik jika kualitas kamera sedikit dinaikkan guna mendukung penggunanya mengabadikan momen-momen spesial.

Kekurangan berikutnya adalah kapasitas baterai terlalu kecil untuk ukuran tablet. Di pembahasan tentang baterai telah disebutkan bahwa rata-rata baterai bisa bertahan adalah sekitar 6 jam saja. Itu pun juga kondisinya masih sangat prima.

Bukan tidak mungkin selama beberapa bulan pemakaian, performanya akan menurun dan mendapatkan waktu stand by lebih singkat. Untuk mengatasinya, penggunaan power bank mungkin bisa dipertimbangkan lagi.

Dari seluruh ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Evercoss m70 masih layak dimiliki mengingat harganya juga terjangkau kita sudah bisa mendapatkan perangkat Android 7.0. Tentu saja hal tersebut sudah menjadi sebuah kelebihan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.