Review dan Spesifikasi Evercoss r6 dengan Harga 800 Ribuan

Posted on

Apakah kamu sedang mencari ponsel murah dengan kamera mumpuni? Jika iya, Evercoss r6 mungkin bisa menjadi jawaban yang tepat. Pasalnya, kita sudah bisa mendapatkan ponsel dengan kamera depan 8 MP di harga 800 ribuan saja.

Sebagai bahan pertimbangan, pada kali ini akan dibahas tuntas mengenai ponsel tersebut, mulai dari spesifikasi, kelebihan, hingga kekurangannya. Jadi, silakan simak seluruh pembahasan berikut.

Spesifikasi Evercoss r6

Evercoss r6

Desain

Secara desain, ponsel ini masih cukup identik dengan produk lain di kelasnya. Kita bisa memilih beberapa varian seperti warna putih, hitam, dan gold. Jadi, tidak ada hal penting yang perlu dibahas di bagian ini.

Layar

Ponsel ini dibekali layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Angka tersebut sebenarnya sudah cukup bagus mengingat 5.5 inci masih nyaman digenggam maupun disimpan di saku celana. Resolusinya juga tergolong bagus, hanya saja untuk menonton video masih belum bisa Full HD.

Namun, dengan harga yang sangat terjangkau, mendapatkan spesifikasi layar tersebut benar-benar mengagumkan. Memang ada beberapa, namun kebanyakan ponsel di atas satu juta lah biasa mengadaptasi layar tersebut.

Dimensi

Dengan layar 5.5 inci tidak mengherankan jika dimensi dari handphone ini adalah 143 x 72 x 9.35 mm. Beratnya pun hanya sekitar 195 gram saja, sudah cukup ringan untuk dibawa ke mana-mana. Ukuran tersebut memang menjadi berat rata-rata ponsel di kelasnya. Jadi, tidak ada hal yang perlu dipermasalahkan.

Jaringan

Mungkin ini menjadi salah satu hal yang cukup disayangkan, yakni hanya mendukung sinyal 3G saja, belum 4G LTE. Untuk sebuah ponsel pintar, tentu saja kapasitas jaringan benar-benar penting, apalagi jika penggunanya ingin mengakses berbagai sosial media seperti YouTube atau Instagram.

Sebagai langkah antisipasi, kita bisa menggunakan WI-Fi atau mifi yang sudah berkecepatan tinggi. Langkah tersebut mungkin bisa sedikit mengobati kelemahannya. Namun, konsekuensinya adalah kita harus mengeluarkan ekstra budget karena perlu mengisi kuota di dua perangkat sekaligus.

Software

Lalu, bagaimana dengan softwarenya? Jawabannya cukup bagus karena sudah menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Alasan kenapa dikatakan bagus adalah beberapa perangkat di kelasnya kebanyakan masih menggunakan Android Jelly Bean hingga Lollipop saja.

Sistem operasi memang memegang peran cukup penting untuk menjalankan berbagai aplikasi terbaru dengan lebih baik. Seperti kita ketahui, beberapa aplikasi saat ini sudah tidak bisa dijalankan di OS lawas seperti Jelly Bean. Jadi, ini bisa menjadi satu nilai plus tambahan.

Memori Penyimpanan

Di sektor penyimpanan juga tidak cukup spesial, atau bahkan bisa dibilang tidak terlalu bagus. Pasalnya, ponsel ini hanya dibekali RAM 1 GB saja. Untuk menjalankan banyak aplikasi tentu saja kapasitas tersebut masih kurang mumpuni.

Di sisi lain, ruang penyimpanan internalnya adalah sekitar 8 GB saja. Angka tersebut biasanya masih akan terpotong penyimpanan data aplikasi sistem sehingga real capacity hanya di kisaran 5 hingga 6 GB. Kapasitas tersebut masih bisa dimaklumi mengingat kita bisa menambahkan micro SD card.

Kamera

Spesifikasi Evercoss r6

Jika beberapa sebelumnya mungkin terdapat sedikit kekurangan, kabar baiknya di sektor kamera mempunyai kelebihan. Kamera depan dan belakang dari Evercoss r6 sama-sama berkapasitas 8 MP. Untuk kamera belakang memang wajar, namun sebagai kamera depan tentu saja angka tersebut lumayan langka.

Kebanyakan ponsel di kelasnya hanya dibekali kamera depan maksimal 5 MP saja. Artinya, kita bisa sedikit terbantu ketika ingin mengambil gambar selfie maupun keperluan video call. Hanya saja, di bagian depan masih belum terdapat lampu flash.

Konektivitas

Di sektor konektivitas lagi-lagi tidak ada sesuatu yang spesial. Ponsel ini hanya bisa melakukan transfer data melalui kabel micro USB type C dan juga Bluetooth. Mungkin salah satu hal cukup menarik perhatian adalah penggunaan kabel type C karena cukup jarang ditemukan di ponsel seharga 900 ribu ke bawah.

Baterai

Untuk mendukung semua spesifikasi di atas, Evercoss r6 dibekali dengan baterai berkapasitas 3000 mAh. Artinya, jika digunakan secara normal ponsel tersebut bisa bertahan 7-9 jam. Hanya saja, kita semua tahu semakin sering dipakai, maka real capacity sebuah baterai akan menurun.

Apakah angka ini bagus? Untuk handphone dengan harga di bawah 900 ribu, kapasitas tersebut sudah cukup baik. Kita bisa menggunakannya secara nyaman tanpa khawatir daya akan cepat habis.

Harga Evercoss r6

Di beberapa bagian sebelumnya telah disinggung bahwa harga ponsel ini cukup terjangkau, yakni masih di bawah 900 ribu rupiah. Dengan uang tersebut, kita sudah bisa mendapatkan ponsel pintar Android Marshmallow, kamera depan 8 MP, baterai kapasitas besar, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Kita bisa mendatangi gerai Evercoss terdekat atau membelinya secara online di beberapa situs marketplace online Indonesia jika ingin mendapatkan promo berupa potongan harga.

Kelebihan Evercoss r6

Evercoss r6 Real Foto

  1. Sudah menggunakan Android Marshmallow

Hal pertama yang wajib diacungi jempol adalah keberanian mereka menghadirkan OS Android Marshmallow di ponsel harga 800 ribuan. OS ini memang mempunyai berbagai kelebihan, salah satunya adalah lebih ringan ketika menjalankan aplikasi.

  1. Kamera memukau

Satu lagi yang perlu mendapat apresiasi lebih adalah adanya kamera depan dengan resolusi 8 MP. Meskipun belum dilengkapi flash light, namun hal ini masih sangat langka ditemui untuk ponsel lain di kelasnya.

  1. Kapasitas baterai besar

Kapasitas 3000 mAh merupakan angka yang cukup besar. Dengan spesifikasi serupa, biasanya pabrikan hanya berani membekali baterai berkapasitas maksimal 2600 mAh saja. Jadi, di sektor baterai memang menjadi satu poin plus tersendiri.

Dengan kapasitas besar tersebut, pengguna tidak perlu khawatir ketika sedang bepergian jauh. Namun, untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya jika membawa pengisi daya cadangan seperti power bank.

Kekurangan Evercoss r6

  1. Belum mendukung jaringan 4G

Ini merupakan satu hal yang cukup disayangkan. Dengan fasilitas lumayan bagus di atas, kita hanya bisa menikmati jaringan maksimal 3G saja. Tentu saja hal tersebut sudah ketinggalan zaman. Apalagi beberapa ponsel dengan harga lebih murah malah sudah mendukung jaringan 4G LTE.

  1. Memori standar

Tidak ada hal istimewa dari ponsel ini di sektor memori penyimpanan. Hanya saja, RAM 1 GB dan ROM 8 GB sepertinya masih terbilang cukup kecil untuk mengakomodasi keperluan pengguna yang cukup kompleks. Satu hal yang paling terasa adalah kita tidak dapat menginstal terlalu banyak aplikasi di dalamnya agar tidak terjadi lag.

  1. Single SIM

Meskipun tidak terlalu berdampak, kita semua tahu bahwa mayoritas smartphone sudah mendukung dual SIM. Sayangnya, Evercoss r6 tidak termasuk di dalamnya. Bagi sebagian orang, hal tersebut pasti cukup mengganggu karena tidak bisa mengaktifkan dua nomor bersamaan.

Jadi, apakah Evercoss R6 layak dimiliki? Mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, ponsel ini bisa menjadi pilihan cukup baik untuk yang ingin mendapatkan ponsel kekinian dengan harga di bawah 900 ribu rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.