Ini Dia Spesifikasi Hingga Keunggulan Evercoss A53

Posted on

Meskipun sudah rilis sejak 2015, peminat ponsel Evercoss A53 masih ada sampai sekarang. Tidak salah jika sampai saat ini produk lokal ini masih beredar di pasaran. Kamu bahkan dengan mudah dapat membelinya di marketplace.

Seperti apa spesifikasi HP yang cocok dipakai untuk anak sekolah atau pelengkap komunikasi kekinian tersebut? Cek informasi lengkapnya disini!

Spesifikasi Evercoss A53

Evercoss A53

Kita mulai dengan spesifikasinya terlebih dahulu, smartphone berbentuk persegi panjang ini memiliki ukuran layar 3,5 inchi. Masih relatif kecil jika dibandingkan dengan HP Android terkini yang rata-rata punya layar berukuran 6 inchi.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android versi 4 dilengkapi CPU single core 1.00 GHz. Walaupun begitu, performanya sudah cukup bagus karena mendukung GSM atau HSDPA dan bandwidth HSDPA 21.1 Mbps, HSUPA 5,76 Mbps.

Bagaimana dengan bobotnya, ternyata mencapai 107 gram, dengan ukuran dimensi 113.7 mm x 61.2 mm x 10.8 mm. Bisa disimpan di dalam saku maupun di dalam dompet.

Memori penyimpanan dari evercoss A53 mencapai 256 MB dan RAM 512 MB, lebih cocok untuk dijadikan ponsel untuk komunikasi dan menyimpan sejumlah dokumen penting. Namun, jika ingin melakukan upgrade ukuran memori eksternal bisa menggunakan MicroSD dengan kapasitas maksimal 16GB.

Soal daya tahan baterai, cukup untuk seharian pemakaian standar sebab dilengkapi Li Ion battery dengan kapasitas 1200 mAh.

Fitur Unggulan Evercoss A53

Spesifikasi Evercoss A53

Beberapa fitur unggulan juga dimiliki salah satu ponsel terbaik Evercoss di eranya tersebut. Mulai dari kamera, hingga fitur keamanan.

  • Kamera

Smartphone ini memiliki satu kamera utama yang letaknya di bagian belakang, resolusi 2 MP dengan kualitas 1600 x 1200 piksel. Dilengkapi lampu LED flash dan beberapa tools pelengkap untuk menghasilkan foto terbaik.

Diantaranya adalah face detection, panorama, geo tagging, touch focus, dan juga digital zoom.

 Sementara untuk kamera depan memiliki resolusi 1,3 MP, dapat menjadi fitur favorit buat kamu yang suka selfie.

  • Konektivitas

Sama halnya dengan HP pada umumnya, HP besutan anak negeri ini bisa terhubung dengan perangkat lain melalui bluetooth, 3,5 mm jack untuk koneksi langsung pada perangkat audio mobil.

Ada juga koneksi USB untuk memudahkan memindahkan file ke media lain, seperti laptop atau PC ketika memori sudah hampir penuh.

  • MP4

Kamu suka mendengarkan musik? Ada fitur MP4, menikmati alunan musik kesukaan menjadi lebih leluasa dimana saja dan kapan saja. Tinggal pakai earphone atau headset untuk kenyamanan lebih.

  • Radio

Radio masih menjadi salah satu media pilihan untuk mendapatkan informasi tentang banyak hal. Evercoss A53 memiliki koneksi radio, mudah digunakan. Tinggal aktifkan pencarian siaran radio favorit.

  • Organizer

Mau membuat schedule kerja agar tidak lupa? Kamu juga bisa memanfaatkan fitur organizer. Tulis list kegiatan, list belanjaan, atau apa saja lalu simpan. Lalu, tinggal buka deh saat kamu butuh.

Kelebihan

Apakah HP Evercoss ini punya kelebihan? Tentu saja! Kamu akan merasakan empat keunggulan berikut saat membelinya.

  • Harga Relatif Murah

Untuk ukuran HP Android dengan spesifikasi standar dan fitur pendukung cukup lengkap, harganya termasuk sangat murah. Saat ini dibeberapa marketplace harganya berkisar Rp300.000 ke atas.

  • Mendukung Jaringan 3G

Berhubung sudah menggunakan sistem operasi Android Kitkat versi 4.0, smartphone ini sudah mendukung jaringan 3G. Sinyal lebih kuat, bahkan di lokasi cukup terpencil namun sudah terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi.

  • Pas Digenggam

Ukurannya pas untuk digenggam, kamu pastinya akan nyaman saat harus telponan lama dengan orang tersayang tanpa harus mengalami jari-jari kram.

  • Desain Elegan

Walaupun layarnya belum penuh, namun dilihat dari desainnya cukup elegan. Ada layar proporsional di bagian tengah depan yang dikelilingi permukaan anti gores. Warna pilihannya juga beragam, bisa disesuaikan dengan warna favoritmu.

Kekurangan Evercoss A53

Evercoss A53 Real Foto

Kamu juga harus memperhatikan beberapa kekurangan berikut, jika memang mau membeli HP yang satu ini. Supaya tidak kecewa jika produknya tidak sesuai ekspektasi.

  • HP Standar

Coba kamu bandingkan dengan ponsel Android kekinian, Evercoss A53 masih masuk kategori standar. Mulai dari kamera dengan resolusi masih rendah, begitu juga dengan jaringan internet yang didukung maksimal hanya 3G.

  • Memori Penyimpanan Masih Terbatas

Bagi yang butuh HP dengan memori penyimpanan besar, sepertinya kurang cocok karena smartphone ini hanya punya memori internal 256MB dan RAM 512MB.

Untuk memori sebesar itu, kemungkinan hanya bisa menyimpan foto dan dokumen sekelas word. Sedangkan jika kamu suka membuat video untuk diunggah di media sosial, pastinya tidak akan puas dengan kapasitas terbatas ini.

  • Belum Dilengkapi Fingerprint

Untuk security atau keamanan penggunaan, ponsel ini belum dilengkapi fingerprint. Penguncian perangkat menggunakan kode angka saja.

  • Belum Dilengkapi Fast Charging

Kurang cocok untuk digunakan dalam perjalanan jauh, sebab belum dilengkapi fast charging. Alhasil, untuk mengisi daya harus menunggu hingga satu jam lebih.

Masalah yang Sering Dialami Pengguna Evercoss A53 dan Solusinya

Barang elektronik termasuk HP, tidak ada yang sempurna. Pasti ada masalah pernah dialami pengguna. Sama halnya dengan Evercoss tipe A53, salah satu ponsel keluaran 2015 ini juga bisa saja tidak lancar digunakan.

  • Mati Total

Ketika sebuah ponsel mati total, ada kemungkinan bahwa masalah terletak pada bagian power. Jadi, sekeras apapun usahamu untuk menekan tombol power tidak akan berhasil karena sumber dayanya tidak terkoneksi dengan baik seperti biasa.

Jangan langsung dibuang! Kamu masih bisa memperbaikinya, yaitu dengan mengganti bagian fleksibel yang terdapat pada komponen mesin perangkat. Tapi, kalau tidak mahir akan lebih baik mengandalkan ahli service ponsel Evercross untuk melakukannya.

  • Bootloop

Jika kamu pernah melihat PC atau laptop mengalami hang saat muncul logo sistem operasi Windows, hal itu bisa juga terjadi pada smartphone. Penyebabnya, bisa karena memori yang full atau kegagalan sistem.

Tenang! Cara paling ampuh mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencoba mematikan kembali perangkat, lalu coba hidupkan kembali.

Pada kondisi standar, masalah akan selesai ketika ponsel dihidupkan kembali. Namun jika tidak berhasil, maka kamu perlu berkonsultasi dengan teknisi smartphone khusus Evercoss.

  • Restart Sendiri

Apakah perangkat Evercoss kamu sering restart sendiri? Salah satu penyebabnya karena adanya masalah pada memori yang sudah penuh, aplikasi tidak ditutup sempurna, atau ketidaksesuaian salah satu aplikasi tambahan dengan sistem perangkat.

Solusi paling tepatnya adalah dengan melakukan mencabut bagian baterai dan memori eksternal. Kemudian biarkan beberapa saat. Setelah itu, kamu bisa memasangnya kembali dan mencoba menekan tombol power seperti biasa.

Solusi berikutnya, lakukan segera update pada berbagai aplikasi tambahan. Supaya ponsel tidak melulu bermasalah ketika akan membuka aplikasi tersebut.

Kalau kamu mengunduh aplikasi dari Google Play Store, maka aktifkan update otomatis agar proses updating platform dapat langsung dilakukan ketika tersedia versi terbaru dari aplikasi tersebut.

Masih bermasalah? Coba hapus semua aplikasi tambahan yang menurut kamu membuat kinerja ponsel jadi menurun.

Tertarik untuk punya satu unit Evercoss A53? kamu dapat memilikinya sebagai ponsel pelengkap, terutama untuk melakukan panggilan telepon dimana saja dan kapan saja. Harga murah, dan spesifikasi standarnya sudah cukup menjawab kebutuhan komunikasi jarak jauhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.