Evercoss n1e, Si Kecil dengan Suara Menggelegar

Posted on

Di tengah maraknya persaingan smartphone di Indonesia, rupanya ponsel-ponsel candy bar masih memiliki banyak peminat. Salah satu contohnya adalah Evercoss n1e, sebuah ponsel dengan harga 200 ribuan dengan fitur-fitur menarik. Lalu, apa saja spesifikasi beserta kelebihan-kelebihannya?

Pembahasan kali ini mungkin tidak akan selengkap jika membahas ponsel Android mengingat masih termasuk tipe ponsel jadul. Namun, sebisa mungkin aspek-aspek penting lainnya akan dibahas secara tuntas. Dengan demikian, kita akan memiliki bahan pertimbangan cukup baik sebelum memutuskan apakah ingin membelinya atau tidak.

Evercoss n1e Review

Evercoss n1e

Kelengkapan

Ketika membeli dalam kondisi baru, kita akan mendapati sebuah box berisi unit ponsel, kartu garansi, beserta satu buah charger. Tidak ada komponen-komponen lainnya seperti headset, case, atau sejenisnya. Jadi, bisa dibilang kelengkapannya memang sangat sederhana dan tidak ada sesuatu yang spesial.

Meskipun tidak disertakan headset di dalamnya, jangan terlalu khawatir karena ponsel ini sudah mendukung penggunaan perangkat tersebut. Apalagi tajuk utama dari Evercoss n1e adalah “Super Sound”. Artinya, sudah bisa terlihat bahwa sektor audio akan menjadi senjata andalannya.

Desain

Dilihat dari desain, sepertinya tidak ada sesuatu yang spesial. Di bagian depan, kita akan mendapati sebuah layar 1.8 inci dengan 5 tombol navigasi dan 9 keypad seperti ponsel lama pada umumnya. Kemudian, di bagian samping terdapat tombol untuk menghidupkan lampu senter.

Beralih ke bagian bawah, terdapat slot micro USB untuk mengisi daya beserta jack audio apabila ingin mendengarkan musik menggunakan headset. Sementara itu, di bagian atas terdapat satu buah senter yang diklaim memiliki jarak sorot hingga ratusan meter.

Satu hal yang cukup menarik bisa kita lihat di bagian belakang. Kita akan melihat sebuah speaker cukup besar untuk ukuran ponsel mungil beserta kamera di sisinya. Ketika backdoor dibuka, terdapat dua buah slot SIM Card serta satu slot Micro SD Card.

Secara keseluruhan, desain seperti ini masih cukup nyaman untuk dipandang maupun digenggam. Apalagi penggunaan model keypad terpisah akan membantu terhindar dari salah ketik.

Dimensi

Dengan ukuran layar yang hanya 1.8 inci saja, ponsel ini tidak terlalu besar dan masih nyaman diletakkan di kantong celana. Akan tetapi, satu hal yang mungkin disayangkan adalah terlalu tebal, mungkin hal tersebut masih ada kaitannya dengan kapasitas baterai mengingat beberapa ponsel sejenis mempunyai dimensi lebih ramping.

Apakah ini menjadi masalah serius? Jawabannya adalah tergantung dari penggunanya. Beberapa orang mungkin akan sedikit terganggu karena beratnya sekitar 500 gram meskipun ada juga menganggap sebagai hal wajar.

Jaringan

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, ponsel ini memiliki dua buah slot SIM Card dengan masing-masing hanya mendukung jaringan WAP dan GPRS saja. Jaringan tersebut memang cukup wajar karena belum mendukung aktivitas internet berat, hanya sekadar telepon atau SMS saja.

Sebenarnya hal tersebut sangat lumrah, terutama pada ponsel-ponsel bertema candy bar pada umumnya. Fungsi utamanya adalah SMS dan telepon, kemudian ditambahkan fitur-fitur pendukung aktivitas offline seperti pemutar musik. Jadi, di sektor ini sepertinya tidak ada masalah cukup berarti.

Memori Penyimpanan

Untuk memori penyimpanan, di bagian box disebutkan bahwa handphone ini bisa menyimpan hingga 500 kontak serta 200 SMS. Mengenai kapasitas penyimpanan file masih belum ada kejelasan informasi. Hanya saja, beberapa sumber mengatakan bahwa kita bisa menyimpan data hingga 512 MB di memori internal.

Kemudian, untuk kebutuhan menyimpan lagu-lagu favorit, kita bisa menggunakan micro SD card hingga kapasitas 16 GB. Angka tersebut sudah lebih dari cukup bahkan dapat menyimpan ribuan lagu sekaligus. Jadi, kita tidak perlu khawatir ada lagu yang tidak termuat di dalamnya.

Kamera

Evercoss n1e Real Foto

Di satu sisi, ini menjadi sebuah kelebihan sendiri karena ponsel sekelasnya biasanya bahkan tidak dibekali oleh kamera. Namun, di sisi lain kita juga tidak dapat terlalu mengharapkan kualitasnya. Kameranya hanya berkapasitas VGA saja sehingga hasilnya pasti tidak akan maksimal.

Konektivitas

Mengingat belum mengadopsi sistem operasi tertentu, tentu saja terdapat sedikit batasan di sektor konektivitas. Contohnya saja pada ponsel ini hanya terdapat fitur Bluetooth dan USB untuk transfer file. Jadi, sepertinya tidak perlu ada pembahasan terlalu mendalam.

Baterai

Dari beberapa sektor yang telah disebutkan, mungkin ini bisa menjadi satu poin plus karena sudah dibekali baterai berkapasitas 1450 mAh. Biasanya ponsel dengan tipe yang sama hanya memiliki kapasitas sekitar 800 mAh saja. Jika diasumsikan penggunaan normal, maka besaran tersebut diperkirakan bisa membuat ponsel bertahan hidup hingga dua hari lamanya.

Akan tetapi, untuk penggunaan berkelanjutan seperti menyetel radio atau musik terus menerus, mungkin perkiraan tersebut bisa menjadi lebih pendek. Di luar hal tersebut, keberanian menggunakan baterai tersebut patut diacungi jempol.

Fitur-Fitur Evercoss n1e

Secara garis besar, beberapa fitur standar sudah tersedia seperti alarm, jam, kalender, dan kalkulator. Namun, setidaknya ada tiga fitur yang menjadi keunggulan dari Evercoss n1e ini. Apa saja itu?

  1. Radio

Handphone dengan fitur radio memang cukup banyak di pasaran. Akan tetapi, hanya beberapa saja yang bisa menyetelnya tanpa harus menggunakan headset. Headset biasanya digunakan sebagai penangkap sinyal.

Menariknya, ponsel ini termasuk yang bisa mengoperasikan tanpa harus menggunakan headset. Jadi, kita bisa lebih puas mendengarkan radio, terutama ketika sedang tidak membawa headset.

  1. Pemutar musik

Dilihat dari box-nya saja sudah terlihat jelas bahwa keunggulan utama dari ponsel ini adalah dari segi audionya. Bagaimana tidak, sebuah speaker cukup besar sudah tertanam di bagian belakang dan siap menyajikan audio dengan volume tinggi.

  1. Senter

Terakhir adalah fitur senter atau flash light. Jika biasanya kita menemukan ponsel candy bar harus memencet kombinasi tombol tertentu untuk menyalakan flash, di ponsel ini bisa dibilang cukup unik. Pasalnya, di bagian kanan sudah terdapat saklar khusus guna menghidupkan senter.

Harga Evercoss n1e

Evercoss n1e Spesifikasi

Lalu, berapa budget yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan ponsel tersebut? Dari beberapa sumber di internet, Evercoss n1e dijual seharga 180—250 ribu rupiah saja. Dengan spesifikasi di atas, sepertinya angka tersebut masih terbilang wajar.

Kelebihan dan Kekurangan Evercoss n1e

Sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli, mungkin kamu bisa melihat terlebih dahulu rangkuman tentang kelebihan dan kekurangan ponsel tersebut.

Beberapa kelebihan yang cukup menonjol antara lain speaker nyaring, baterai tahan lama, serta adanya tombol khusus senter. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau untuk sebuah ponsel baru.

Di sisi lain, ada juga kekurangan dari handphone tersebut seperti kualitas kamera jauh di bawah standar. Meski begitu, dengan harga 200 ribuan kita tidak bisa mengharapkan terlalu banyak, apalagi ponsel ini belum mengadopsi sistem operasi Android.

Demikian ulasan lengkap tentang Evercoss n1e. Bisa disimpulkan bahwa ponsel ini bisa menjadi pilihan ketika kita sedang mencari ponsel mudah dengan fungsi standar seperti SMS, telepon, atau sekadar menyetel musik favorit di waktu luang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.