Ulasan Lengkap Evercoss m40a, Ponsel 4G dengan Bonus Internet Unlimited

Posted on

Ada kabar baik untuk kamu yang sedang mencari ponsel murah dengan spesifikasi lumayan. Evercoss m40a atau Xtream 1 adalah jawabannya. Pemberian nama tersebut sepertinya bukan tanpa alasan mengingat fitur-fitur internet sudah cukup mumpuni dan bisa mendukung berbagai aktivitas di dunia maya.

Untuk sebuah ponsel baru dengan harga di bawah 1 juta, kita sudah bisa mendapatkan ponsel beserta beberapa kelengkapan lainnya seperti kartu, kuota internet, dan sebagainya. Agar lebih lengkap, sepertinya wajib menyimak seluruh pembahasan pada kali ini. Selanjutnya, silakan simpulkan sendiri apakah gadget tersebut layak dimiliki.

Evercoss m40a Review

Evercoss m40a

Kelengkapan

Ketika pertama kali mendapati box, di sana tertulis tentang spesifikasi serta beberapa fitur unggulannya seperti kuota unlimited YouTube, telepon, SMS, bonus 12 GB, jaringan 4G, dan lain-lain. Dengan harga yang terjangkau, hal tersebut mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sendiri nantinya.

Ketika box dibuka, kita akan mendapati satu buah SIM Card dengan bonus unlimited internet selama satu tahun. Selanjutnya, ada pula kartu garansi, silicon case, kabel data micro-USB, adaptor dengan daya arus 500 mA, baterai, dan unit.

Mungkin kelengkapan tersebut bisa dibilang standar ponsel baru pada umumnya. Selain adanya tambahan SIM Card bonus internet, tidak ada lagi hal spesial yang perlu dibahas. Oleh karena itu, mari kita berlanjut ke pembahasan berikutnya.

Desain

Meskipun termasuk ponsel kelas menengah, namun dari segi desain tidak terlalu buruk. Di bagian casing belakang terdapat gambar panah ke kanan yang mampu menambahkan kesan lebih kekinian serta tulisan evercoss pada sisi bawah. Dengan karakter glossy, kesan visual dari bahan plastik bisa sedikit dinetralkan.

Di bagian depan ada flash, camera selfie, serta tombol navigasi. Selanjutnya, di bagian bawah kita akan menemukan mikrofon, di samping kanan ada tombol power dan volume. Terakhir, di bagian atas terdapat lubang micro USB beserta satu buah colokan jack audio.

Ketika backdoor dibuka, terdapat dua buah slot kartu SIM, baterai, serta micro SD card. Secara keseluruhan, desain tersebut terbilang bagus dan tidak terlalu jadul. Apalagi keberanian menggunakan tampilan glossy mampu sedikit memunculkan kesan elegan di dalamnya.

Dimensi

Dari segi ukuran, ponsel ini lumayan nyaman untuk digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku celana mengingat ukurannya hanya 134 x 34 x 10 mm saja serta berat 136 gram. Dengan ukuran tersebut, Evercoss m40a sudah mengadaptasi layar sentuh 4.5 inci beresolusi 480 x 854 piksel, tentu saja telah dilengkapi tempered glass.

Jaringan

Mungkin ini merupakan salah satu keunggulan dari ponsel tersebut. Pasalnya, dengan harga di bawah 500 ribu rupiah kita sudah bisa mendapatkan handphone dengan jaringan 4G LTE. Tentu saja jarang sekali ponsel sekelasnya menawarkan hal ini.

Dengan jaringan tersebut, kegiatan berseluncur di dunia maya pun akan menjadi lebih nyaman. Apalagi di dalam paket pembelian sudah diberikan kartu SIM dengan fitur unlimited internet selama 12 bulan. Kombinasi tersebut benar-benar akan memanjakan para user-nya.

Software

Selain sudah mendukung jaringan 4G, sistem operasinya juga tidak bisa diremehkan. Di saat ponsel lain di kelasnya hanya mampu menawarkan OS Android Jelly Bean hingga Lollipop, Evercoss berani memberikan lebih, yakni OS Android 8.1 Oreo.

Sistem operasi memang memiliki pengaruh cukup banyak terutama pada performa menjalankan aplikasi nantinya. Semakin baru sistem operasinya, maka akan semakin banyak aplikasi yang didukung sehingga tidak perlu khawatir apabila ingin memasang aplikasi keluaran terbaru.

Sebagai contoh, saat ini OS Android 4 ke bawah sudah tidak bisa lagi mengoperasikan aplikasi WhatsApp. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan batas tersebut akan semakin naik.

Memori Penyimpanan

Evercoss m40a Spesifikasi

Agar bisa menjalankan berbagai aplikasi secara lancar, memori memegang peranan cukup penting. Sayangnya, ponsel ini hanya dibekali RAM 512 MB saja. Tentu saja angka tersebut terbilang sangat kecil jika ingin mengoperasikan banyak aplikasi kekinian seperti Instagram, YouTube, Telegram, dan lain-lain.

Untuk memori penyimpanan, Evercoss m40a dibekali memori internal sebesar 4 GB, cukup diterima dengan harga yang harus ditebus. Kemudian, ponsel ini juga sudah mendukung tambahan memori eksternal hingga kapasitas 32 GB. Jadi, kita bisa menyimpan lebih banyak file penting seperti foto, video, atau koleksi lagu.

Kamera

Informasi yang mungkin tidak boleh dilewatkan bagi pecinta fotografi adalah sektor kameranya. Lalu, apakah performa kamera bisa diandalkan? Jawabannya tergantung dari keperluan kita.

Dibekali kamera belakang 5 MP dengan lampu flash memang sudah cukup untuk mengambil gambar ditempat minim cahaya, meskipun hasilnya juga tidak terlalu maksimal. Kemudian, guna mendukung foto selfie ataupun video call, terdapat satu buah kamera depan 2 MP.

Untuk merekam video, kabar baiknya ponsel ini sudah mendukung hingga kualitas 1080p 30 fps. Hasil tersebut bisa dibilang cukup baik, namun kita tidak bisa berharap banyak dari sektor ini. Kesimpulannya, sektor kamera handphone ini tidak terlalu spesial meskipun juga tidak terlalu buruk.

Konektivitas

Dari segi konektivitas, sepertinya tidak akan terlalu berbeda dengan produk-produk di kelasnya. Beberapa di antaranya adalah Bluetooth, Micro USB, Wi-Fi, serta GPS. Fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan ketika kita ingin melakukan transfer data antar perangkat, baik sesama ponsel maupun ke perangkat lainnya.

Baterai

Bagi beberapa orang, baterai merupakan hal yang cukup penting karena berpengaruh terhadap frekuensi pengisian daya. Semakin awet sebuah baterai akan memberikan rasa nyaman tanpa perlu takut kehabisan daya ketika sedang bepergian jauh.

Lalu, bagaimana dengan Evercoss m40a? Cukup disayangkan karena untuk menunjang beberapa kelebihan yang dimiliki, ponsel ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 1500 mAh saja. Tentu saja angka ini tergolong kecil.

Seperti kita ketahui, melakukan streaming video akan menguras daya lebih cepat karena memproses output visual audio. Baterai 1500 mAh mungkin hanya bisa digunakan sekitar 4 hingga 5 jam pemakaian normal saja.

Jika berada jauh dari tempat pengisian daya, akan lebih baik untuk menyiapkan power bank guna berjaga-jaga. Sebagai catatan, pastikan jangan gunakan ponsel ketika sedang mengisi daya karena akan mengurangi daya tahan baterai di kemudian hari.

Harga Evercoss m40a

Secara umum, keunggulan paling menonjol dari ponsel ini adalah sektor internetnya. Selain sudah mendukung jaringan 4G di mana tidak perlu dipertanyakan lagi kecepatannya, Evercoss juga memberikan kartu SIM dengan kuota internet unlimited hingga 12 bulan.

Bagi yang gemar menonton video di YouTube, sepertinya Evercoss m40a bisa menjadi andalan. Apalagi dengan harga di bawah 500 ribu kita sudah bisa mendapatkan spesifikasi lumayan bagus. Hanya saja, satu hal paling disayangkan adalah kapasitas baterai tidak terlalu mendukung untuk itu.

Demikian pembahasan lengkap mengenai Evercoss m40a. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ponsel tersebut sangat layak dimiliki karena mempunyai kelebihan di sektor kecepatan internetnya. Namun, tidak terlalu disarankan menginstal banyak aplikasi ataupun game berat untuk menjaga usianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.