Evercoss m40 Winner T, Ponsel Murah 4G dengan Fitur Lengkap

Posted on

Berbicara tentang dunia gadget mungkin tidak akan ada habisnya. Berbagai brand ternama saling berlomba-lomba mendapatkan hati masyarakat, salah satunya adalah Evercoss m40 atau kerap juga disebut Evercoss Winner T. Namun, apakah ponsel tersebut benar-benar layak dimiliki?

Seperti kita ketahui, pabrikan ponsel satu ini memang cukup rajin mengeluarkan inovasi berupa ponsel murah dengan fitur yang lumayan lengkap. Dirilis resmi pada tahun 2016, Evercoss Winner T sepertinya bisa menjadi salah satu pertimbangan jika kamu sedang mencari teman berseluncur di dunia maya ataupun aktivitas online ringan lainnya.

Evercoss m40 Winner T Review

Evercoss m40 Winner T

Desain Evercoss M40

Pembahasan sepertinya tidak akan lengkap jika tidak dimulai dari segi desainnya terlebih dahulu. Ketika pertama kali melihat, ponsel ini terlihat simpel dan kurang begitu mewah. Namun, kesan atraktif setidaknya masih dimiliki, terutama sebagai sebuah gawai modern.

Adanya beberapa pilihan warna netral seperti black wood, white, serta black mampu membuatnya terlihat lebih elegan. Apalagi hal tersebut didukung oleh bodinya yang ramping serta layar sentuh kapasitif minimalis berukuran 4 inci serta resolusi 480 x 800 piksel.

Resolusi tersebut sepertinya masih cukup wajar untuk sebuah ponsel kelas menengah. Satu hal yang disayangkan adalah belum terdapat proteksi berupa anti gores ketika pertama kali membelinya. Jadi, kita harus memasangnya secara mandiri setelah membawa pulang gadget tersebut.

Kualitas Hardware dan Software

Beralih ke sektor hardware serta software, dengan harga terjangkau sepertinya kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang spesial. Pasalnya, ponsel ini sudah dibekali chipset Spreadtrum Quad-Core 1.5 Ghz. Walaupun terbilang seadanya, namun chipset tersebut masih bisa digunakan untuk keperluan tidak terlalu seperti sosial media maupun game ringan.

Selanjutnya, untuk menunjang aktivitas berbagai aplikasi, Evercoss m40 sudah disematkan RAM dengan kapasitas 1 GB. Angka tersebut termasuk lumayan mengingat beberapa ponsel lain di kelasnya mungkin hanya dibekali RAM 512 MB saja.

Di sektor grafis juga tidak ada hal terlalu istimewa karena masih menggunakan GPU Mali 400 MP2. Meski begitu, pengalaman visual masih tetap bisa dinikmati dan nyaman dipandang. Jadi, kita bisa menonton video tanpa harus merasa kelelahan.

Terakhir adalah bagian dapur pacunya yang telah menggunakan Operation System Android 5.1. Dari beberapa rincian di atas, mungkin inilah salah satu yang cukup menakjubkan. Pasalnya, ponsel sekelasnya biasanya hanya dibekali OS Android 4.2 saja.

Memori Penyimpanan

Evercoss m40 Winner T

Untuk memastikan beberapa aplikasi bisa berjalan secara normal, tentu dibutuhkan ruang penyimpanan yang memadai. Lantas, bagaimana dengan ponsel ini? Apakah OS Android di atas bisa didukung oleh penyimpanannya?

Memori internal dari ponsel ini adalah 8 GB dengan asumsi beberapa persen dari jumlah tersebut akan digunakan untuk menjalankan aplikasi. Jadi, apabila ingin menyimpan file-file penting seperti musik, foto, maupun video, akan lebih baik jika menggunakan memori eksternal.

Tidak perlu khawatir, kita bisa menambahkan Micro SD Card hingga kapasitas 32 GB. Jadi, data-data seperti di atas bisa disimpan secara aman tanpa mengganggu kinerja sistem.

Kamera Evercoss Winner T

Sektor yang tidak kalah pentingnya adalah kamera, terlebih jika kamu suka mengabadikan momen ketika berkunjung ke tempat baru atau berkumpul bersama teman-teman. Memang tidak terlalu mewah, namun berbekal kekuatan 5 MP dilengkapi autofocus serta lampu flash, hal tersebut akan membantu ketika ingin mengambil gambar di tempat gelap.

Selain dapat digunakan untuk mengambil gambar, kita juga bisa merekam video dengan kualitas HD. Sementara itu, adanya kamera depan 2 MP bisa membantu ketika ingin berfoto selfie maupun melakukan video call.

Konektivitas dan Jaringan

Konektivitas menjadi salah satu bahan yang perlu dipertimbangkan oleh ponsel modern. Pasalnya, aktivitas berseluncur di dunia maya sangat bergantung dari hal tersebut. Koneksi terlalu lemot bisa cukup mengganggu, terutama jika ingin menonton video secara online.

Untuk ukuran ponsel kelas menengah, kebanyakan pabrikan hanya akan membekali maksimal jaringan 3.5 G saja. Namun, menariknya Evercoss m40 telah mendukung jaringan 4G LTE. Tentu saja kita semua sudah tahu betapa baiknya jaringan tersebut untuk berbagai keperluan online.

Kita bisa berseluncur dengan nyaman berkat dukungan kecepatan download hingga 150 Mbps serta upload 50 Mbps. Untuk koneksi lainnya, ada beberapa fitur yang sepertinya hampir selalu ada di setiap ponsel seperti Bluetooth, Hotspot, Wi-Fi, Micro USB, GPS, dan lain-lain. Jadi, ponsel ini sudah bisa menjadi pilihan dipakai sehari-hari.

Baterai Evercoss Winner T

Berlanjut ke pembahasan mengenai baterai. Mengingat spesifikasinya masih sederhana, sepertinya tidak terlalu mengagetkan apabila baterai ponsel ini masih standar. Pasalnya, Evercoss Winner T hanya dibekali baterai berkapasitas 1.650 mAh.

Apakah kapasitas tersebut cukup untuk mendukung fitur-fitur di atas? Jawabannya tentu bisa, hanya saja, secara durabilitas mungkin 1.650 mAh hanya bisa bertahan sekitar 5-6 jam pemakaian saja. Untuk lebih menghemat daya, mematikan data ketika sedang tidak digunakan adalah solusinya.

Hal tersebut sepertinya akan menjadi masalah tersendiri bagi kita yang suka bepergian jauh dan tidak ada tempat mengisi daya. Solusinya hanyalah memakai bantuan power bank sebagai suplai cadangan. Itu pun sebisa mungkin tidak dilakukan sambil ponsel beroperasi karena justru akan mengurangi usia baterai.

Harga Evercoss m40 Winner T

Evercoss m40 Winner T spesifikasi

Setelah mengetahui seluruh spesifikasi di atas, maka tiba saatnya mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk meminang ponsel keluaran Evercoss tersebut. Dengan sudah digunakannya jaringan 4G serta dukungan beberapa fitur lain, sepertinya angka 800 ribu rupiah masih bisa diterima.

Dengan budget seperti itu, kita sudah mendapatkan ponsel 4G dengan layar 4 inci 480 x 800 piksel. Selain itu, ponsel ini juga sudah disematkan RAM 1 GB, memori internal 8 GB, slot Micro SD hingga 32 GB, kamera depan 5 MP, serta kamera depan 2 MP.

Kelebihan dan Kekurangan Evercoss m40 Winner T

Mungkin setelah menyimak pembahasan tersebut, kamu belum bisa memutuskan apakah ponsel tersebut layak dimiliki atau tidak. Oleh karena itu, pada kali ini akan diberikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari Evercoss Winner T ini.

Pertama, hal positif yang bisa didapatkan adalah dengan harga tersebut kita sudah bisa mendapat ponsel dengan jaringan 4G dalam kondisi baru. Tentu saja ini sangat baik mengingat gadget sekelasnya biasanya hanya terbatas sinyal 3.5 G saja.

Kemudian, dari segi sistem operasinya juga patut diberikan apresiasi. Di saat kompetitor hanya menyajikan OS Android 4.2 Jelly Bean, Evercoss dengan berani memberikan lebih, yakni OS Android Lollipop 5.1. OS tersebut tentu saja memiliki performa lebih baik dibandingkan Jelly Bean.

Sementara itu, kekurangan yang paling menonjol mungkin berada di sektor baterai. Kelebihan-kelebihan di atas sepertinya tidak akan terlalu maksimal jika hanya ditopang baterai kapasitas 1.650 mAh sehingga kita perlu rajin-rajin mengisi daya serta sedia power bank saat bepergian.

Demikian ulasan mengenai Evercoss m40 atau Winner T. Terlepas dari kelebihan serta kekurangannya, ponsel ini sepertinya masih cukup layak dimiliki terutama yang ingin mendapatkan ponsel murah dengan dukungan 4G.

Leave a Reply

Your email address will not be published.