Review, Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Evercoss G7T

Posted on

Jika kamu merupakan salah satu penggemar game, mungkin ponsel ini bisa menjadi koleksi yang wajib dimiliki. Pasalnya, Evercoss G7T hadir dengan desain cukup menarik, yakni seperti halnya sebuah konsol. Meskipun sudah banyak konsol lebih canggih di luar sana, tidak ada salahnya apabila tertarik memiliki smartphone unik tersebut.

Sekilas, ponsel tersebut memiliki tampilan identik dengan salah satu handphone legendaris, yakni Nokia N-Gage. Hanya saja, tentu ada beberapa kelebihan mengingat Evercoss sudah menggunakan sistem operasi lebih kekinian sehingga bisa dipakai untuk kepentingan lebih luas. Menariknya, kita dapat memainkan berbagai macam permainan NES di dalamnya, sungguh pengalaman menarik sebagai bentuk nostalgia game zaman dulu.

Evercoss G7T Review

Evercoss G7T

Tampilan dan Desain Evercoss G7T

Ketika pertama kali melakukan unboxing, kita akan melihat tampilannya yang benar-benar menyerupai Nokia N-Gage. Jadi, bagi penggemar ponsel tersebut mungkin akan sedikit merasa nostalgia mengingat tata letak tombolnya juga hampir sama. Ponsel ini berbentuk melebar dengan layar berada di tengah, diapit oleh dua keypad.

Di bagian depan, terdapat layar berukuran 2,4 inci, tulisan Evercoss di sisi bawah dan G7T di sisi atas. Di bagian kiri, ada d-pad lima arah, pintasan musik, tombol home, menu, dan tombol telepon. Sementara itu, di bagian kanan terdapat mikrofon, numeric pad, back, serta dial.

Dibalut casing berbahan plastik solid serta finishing glossy, di bagian samping kanan terdapat lubang mini USB untuk melakukan transfer data. Di bagian kiri terdapat jack audio apabila ingin menghubungkan headset. Terakhir, di bagian atas terdapat antena guna menonton televisi.

Beralih ke casing belakang, terdapat dua buah slot SIM card dan satu untuk micro SD card. Selain itu, akan terlihat pula satu buah speaker di bagian samping.

Dimensi dan Pilihan Model

Handphone ini memiliki ukuran cukup ringan dan praktis dibawa bepergian. Hal tersebut terlihat dari ukurannya yaitu 134 x 65 x 15 mm saja serta berat 112 gram. Mengenai model, kita bisa memilih beberapa warna mulai dari varian merah, biru, hitam, kuning, putih, hingga silver.

Spesifikasi Layar

Sebenarnya ponsel ini sudah dibekali layar dengan ukuran cukup lebar, yakni 2,4 inci beresolusi 320 x 240 pixel. Selain itu, penggunaan teknologi layar sentuh juga sedikit mempermudah ketika ingin mengakses menu lebih cepat. Akan tetapi, ukuran tersebut tampaknya tergolong kecil, terutama jika kita memiliki ukuran jari agak besar.

Namun, hal tersebut sepertinya tidak terlalu menjadi persoalan. Pasalnya, kita masih bisa menggunakan navigasi berupa d-pad untuk mengakses menu-menu di dalamnya. Tombol-tombolnya pun cukup empuk sehingga nyaman digunakan.

Jadi, pada intinya masalah layar bisa dikatakan cukup standar untuk sekelas ponsel gaming. Lagi pula, ponsel tersebut juga masih nyaman apabila disimpan di kantong celana.

Spesifikasi Evercoss G7T

Performa Mesin

Bertajuk sebagai ponsel gaming, tentu saja kita berharap terdapat sedikit kelebihan bisa dirasakan oleh pecinta game. Selain desain yang ergonomis dan nyaman digenggam, akan lebih baik jika hal tersebut didukung oleh kualitas mesin mumpuni.

Evercoss G7T dibekali kamera 1.3 MP, cukup kecil memang mengingat hasilnya pun juga tidak bisa terlalu diharapkan. Untuk menyimpan data baik berupa foto, video, maupun kumpulan games, kita bisa memasang memori eksternal hingga 4 GB.

Selanjutnya, untuk menopang semua itu, dalam ponsel ini telah disematkan baterai berkapasitas 1200 mAH. Kapasitas tersebut sudah cukup baik jika ingin mengoperasikannya sekitar beberapa jam saja.

Konektivitas yang Didukung

Untuk memfasilitasi transfer file ke perangkat lain, ponsel ini sudah didukung port mini USB. Selain itu, fitur Bluetooth juga sudah bisa digunakan apabila ingin saling bertukar file antar perangkat.

Di sisi lain, satu hal yang mungkin cukup menjadi persoalan adalah jaringannya masih sebatas 2G saja. Tentu saja bagi beberapa orang, kecepatan tersebut terdengar ketinggalan zaman di mana kebanyakan gadget sudah mengadopsi jaringan 4G.

Fitur-Fitur Evercoss G7T

  1. Pengalaman game yang nyaman

Kekuatan utama dari ponsel ini tentu saja dari model gaming-nya. Kedua tombol yang terdapat di kanan dan kiri layar membuat pengalaman bermain game lebih menyenangkan. Apalagi kita bisa memainkan ratusan game Nintendo hanya dengan satu perangkat ini.

Sayangnya, kita harus mengisi game tersebut secara manual di memori penyimpanan eksternal. Setelah itu, barulah game bisa dimainkan dengan menggunakan emulator bawaan. Meskipun hanya sekadar NES saja, permainan tersebut sudah cukup jika ingin dijadikan sebagai pengisi waktu luang.

  1. TV Analog

Satu hal yang cukup unik adalah kita bisa menikmati fitur TV Analog tanpa harus menggunakan internet. Fitur TV memang identik dengan ponsel-ponsel bertema hiburan mengingat tidak sedikit para pendahulunya sudah menyematkan fitur tersebut.

Di bagian atas perangkat sudah terdapat sebuah antena guna menangkap sinyal analog. Cukup disayangkan memang mengingat sinyal analog akan segera dihapuskan pada akhir tahun 2022. Hal tersebut tentu membuat fitur ini menjadi tidak berfungsi lagi nantinya.

  1. Radio

Fitur yang tidak kalah menariknya adalah Radio FM. Berbeda dengan ponsel pada umumnya, Evercoss G7T tidak membutuhkan headset untuk mendapatkan sinyal frekuensi. Mungkin ini dikarenakan sudah terdapat antena di dalamnya sehingga perangkat tersebut sekaligus bisa menangkap sinyal radio.

Dengan adanya Radio FM, kita bisa sedikit mendapatkan hiburan ketika sedang bosan bermain game atau ingin mendapatkan teman beraktivitas. Apalagi untuk penggunaan online ponsel ini bisa bertahan cukup lama.

  1. Fitur perekam

Terakhir adalah fitur perekam. Kita bisa merekam berbagai multimedia seperti suara, foto, hingga video. Akan tetapi, mengingat resolusi kameranya hanya 1.3 MP saja, kita tidak bisa terlalu banyak berharap akan kualitas jepretannya.

Harga Evercoss G7T

Evercoss G7T Real Foto

Lalu, berapa harga ponsel gaming ini? Berdasarkan dari beberapa sumber, Evercoss G7T rata-rata dibanderol dengan harga sekitar Rp350.000,00. Dengan harga tersebut, kita sudah mendapatkan beberapa perlengkapan seperti unit, charger, kabel data, kumpulan game NES, headset, serta Micro SD card 4 GB.

Kelebihan dan Kekurangan

Berdasarkan penjelasan di atas, secara ringkas bisa disebutkan bahwa ponsel ini memiliki kelebihan:

  • Fitur gaming NES
  • Desain ergonomis
  • Terdapat fitur radio FM tanpa harus terhubung headset
  • Mampu menonton TV analog dengan adanya antena
  • Harga cukup terjangkau

Namun, di sisi lain juga ada kekurangan, di antaranya adalah:

  • Memori internal kecil
  • Kamera kurang jernih
  • Touch screen kurang responsif
  • Belum menggunakan OS Android
  • Jaringan masih 2Gs

Poin-poin di atas bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan apakah ingin membelinya. Mengingat fokus utama dari produk ini adalah gaming, sepertinya beberapa kekurangan di atas masih bisa dimaklumi.

Demikian pembahasan lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Evercoss G7T. Bisa disimpulkan bahwa ponsel ini memang tidak terlalu memiliki spesifikasi mumpuni. Hanya saja, untuk sekadar dijadikan koleksi atau hiburan pengisi waktu luang masih cukup layak dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.