Review Evercoss A7T, Ponsel Murah Tapi Tidak Murahan

Posted on

Ada satu kabar baik bagi para pecinta ponsel harga terjangkau dengan fitur lumayan baik. Pasalnya, pada 2014 Evercoss secara resmi meluncurkan produk bertipe A7T. Evercoss A7T dibanderol hanya seharga 700 ribuan rupiah saja, sangat terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Tenang, pada kali ini semua itu akan dibahas secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan apakah ponsel tersebut layak dimiliki. Silakan simak pembahasan berikut.

Evercoss A7T Review

Desain Putih Sederhana dan Elegan

Evercoss A7T Putih

Bahasan pertama kita adalah tentang desain mengingat hal tersebut cukup penting, terutama jika ingin digunakan saat berkumpul bersama teman-teman. Mengusung tema warna putih cerah, ponsel ini dibalut dengan material plastik. Penggunaan sudut candy bar membuatnya nyaman ketika digenggam memakai satu tangan.

Dimulai dari bagian depan, kita akan mendapati tiga tombol kapasitif yakni berfungsi sebagai tombol back, home, serta options. Sementara itu, di bagian belakang dapat dilihat sebuah kamera utama guna mengabadikan berbagai momen terbaik. Secara keseluruhan, desain yang digunakan cukup simpel mengingat dimensinya hanya 125 x 64 x 10,9 mm saja.

Di sisi lain, resolusi layarnya memang masih menggunakan resolusi 480 x 800 piksel berteknologi TFT. Untuk sekelas ponsel kelas menengah dalam kondisi baru, sepertinya hal tersebut masih cukup worth it. Apalagi teknologi TFT memang terkenal mempunyai kecerahan lebih baik daripada LCD biasa.

Secara keseluruhan, dari segi desain memang tidak ada yang begitu spesial. Satu kata paling tepat untuk mewakili semuanya adalah simpel. Namun, akan lebih baik jika lanjut terlebih dahulu ke pembahasan berikutnya.

Layar 4 Inci yang Responsif

Evercoss a7T dibekali dengan layar 4 inci, cukup nyaman untuk digenggam dan disimpan di saku celana. Selain itu, layar tersebut telah mengadopsi jenis WVGA. Dengan layar tersebut, resolusi 480 x 800 piksel masih dirasa lumayan baik mengingat harganya pun tidak terlalu tinggi.

Menariknya, agar pengguna bisa merasa lebih nyaman ketika pemakaian, terdapat fitur capacitive di dalamnya. Dengan demikian, berbagai aktivitas seperti membaca artikel, membuka sosial media, ataupun bermain games akan terasa lebih nyaman.

Dari segi keamanannya, proteksi Rhino Glass sudah disematkan. Meskipun tidak sekuat protektor seri terbaru, namun Rhino Glass tetap menghadirkan proteksi layar cukup baik agar tak mudah tergores benda tajam seperti kunci dan sebagainya.

Berdasarkan spesifikasi di atas, harga 700 ribuan kualitas layarnya masih bisa dikatakan bagus. Apalagi jika Kamu hanya menggunakannya untuk aktivitas ringan. Lagipula, ukuran tersebut tergolong praktis di bawa ke mana-mana.

 Performa On Point untuk Aktivitas Sehari-Hari

Spesifikasi Evercoss A7T

Beralih ke bagian performa, hal ini memang cukup penting mengingat akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan ketika membuka berbagai aplikasi. Lantas, bagaimana dengan Evercoss A7T? Seperti sektor-sektor lainnya, bisa dibilang kualitasnya memang bagus sebagai ponsel kelas menengah.

Ponsel ini sudah dibekali sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean. Sebenarnya di tahun 2022, OS tersebut memang tergolong cukup jadul. Akan tetapi, setidaknya berbagai aplikasi penting seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, atau game-game ringan masih bisa dioperasikan secara lancar.

Untuk menambah kenyamanan dalam menggunakannya, Evercoss telah menyematkan processor dual core berkecepatan 1.3 GHz. Kualitas ini memang cukup baik apabila dibandingkan dengan ponsel-ponsel lain di kelasnya. Sekali lagi, dapur pacu tersebut sudah lumayan bagus jika digunakan keperluan-keperluan kecil saja.

Lalu, bagaimana dengan memori penyimpanannya? Smartphone keluaran Evercoss ini sudah menggunakan memori internal 2 GB serta RAM 256 untuk menunjang berbagai aktivitas. Namun, jangan khawatir karena kita masih bisa menambahkan memori eksternal meskipun belum ada informasi mengenai batas maksimalnya.

 Dual Kamera untuk Mengabadikan Momen

Selanjutnya, tentu tidak akan lengkap jika kita tidak membahas sektor kamera mengingat salah satu fungsi lain dari ponsel adalah mengabadikan momen. Evercoss A7T dibekali kamera utama 5 Mega Pixel dengan fitur auto fokus. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 1.3 Mega Pixel saja.

Satu hal yang disayangkan adalah masih belum ada bantuan flash sehingga pengambilan gambar di ruang gelap akan sedikit kesulitan. Namun, jika berada di cahaya cukup, hasil jepretannya tidak terlalu buruk dan masih nyaman dilihat. Penggunaan kamera depan pun juga sedikit tricky agar mendapatkan cahaya cukup.

Jadi, mungkin ponsel ini akan lumayan kurang nyaman jika Kamu gemar mengabadikan berbagai momen, apalagi untuk yang sering bepergian di malam hari. Sebagai alternatif, mungkin menggunakan perangkat tambahan seperti Go Pro bisa dipertimbangkan.

 Fitur-Fitur Hiburan

Lantas, seberapa baik ponsel ini dalam urusan fitur-fitur hiburan? Pada dasarnya, beberapa fitur telah disematkan seperti Radio FM, MP3 Player, Sound Recorder, Audio Player, Video Recorder, Webcam, Google Play, Browser, Facebook, Gmail, dan beberapa aplikasi dasar lainnya. Jadi, untuk penggunaan standar, semua masih bisa terakomodasi.

Di sisi lain, dari segi konektivitas Kamu bisa mendapatkan jaringan hingga 3.5G atau HSDPA. Meskipun belum mendukung jaringan 4G, asalkan kekuatan sinyal masih baik kecepatan internetnya pun masih lumayan nyaman digunakan.

Di sektor transfer data, kita bisa memanfaatkan Bluetooth yang telah disematkan. Selain itu, jaringan Wi-Fi juga sudah terpasang sehingga pengguna bisa menangkap maupun membagikan koneksinya ke pengguna lain. Semua itu ditopang dengan baterai berkapasitas 1.500 mAh.

Harga Evercoss A7T

Evercoss A7T Real Foto

Di bagian sebelumnya, sudah disebutkan bahwa harga ponsel ini adalah sekitar 700 ribu rupiah saja per unit. Angka tersebut tentu sangat terjangkau dan sudah cukup adil untuk mendapatkan semua spesifikasi di atas. Jika sedang mencari ponsel guna keperluan sederhana, sepertinya ini bisa menjadi pilihan tepat.

Kamu bisa mendapatkannya di gerai Evercoss terdekat ataupun di toko ponsel lainnya. Di beberapa daerah mungkin ada sedikit perbedaan harga. Akan tetapi, secara umum pasti akan berada di kisaran angka tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Evercoss A7T

Agar lebih mudah dalam melakukan pertimbangan, berikut akan dijelaskan secara garis besar terkait kelebihan serta kekurangannya. Pastikan Kamu menyimaknya dengan saksama agar lebih tepat dalam menentukan pilihan.

Kelebihan pertama tentu saja harganya yang sangat terjangkau. Cukup jarang mendapatkan ponsel Android Jelly Bean kondisi baru di angka tersebut. Apalagi ponsel ini sudah mendukung dual SIM dan bisa diaktifkan bersamaan.

Selanjutnya, ukurannya cenderung tidak terlalu besar sehingga cukup nyaman ketika dibawa bepergian, baik digenggam maupun disimpan di kantong celana. Di sisi lain, dapur pacunya sudah menggunakan prosesor berkecepatan 1,3 GHz.

Mengenai kekurangan, hal yang paling terasa adalah sektor kameranya. Mengingat belum adanya lampu flash, tentu akan kurang nyaman ketika akan mengambil gambar di ruang gelap. Selain itu, RAM 256 MB bisa dibilang terlalu kecil jika ingin menjalankan aplikasi terbaru saat ini.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Evercoss A7T masih cukup layak jika hanya digunakan untuk aktivitas ringan saja. Apalagi dengan budget 700 ribuan, kita bisa mendapatkan ponsel Android Jelly Bean dalam kondisi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.