Evercoss A74A Winner T, HP Murah Fitur Melimpah

Posted on

Evercoss merupakan brand elektronik asal Indonesia yang didirikan sejak tahun 2008. Perusahaan yang dulunya bernama Cross Mobile ini terus menghadirkan produk berkualitas dengan harga terjangkau, salah satunya Evercoss A74A Winner T. Ponsel jadul ini diklaim memiliki spesifikasi bagus, dan cocok bagi kamu yang membutuhkan HP cadangan.

Sebagai produsen lokal, Evercoss merajai smartphone kelas low budget dengan beragam produknya yang dibandrol harga miring. Tak terkecuali seri Winner T satu ini, dimana menjadi ponsel murah dengan segudang fitur canggih untuk keluaran tahun 2015. Langsung saja simak review lengkapnya di bawah ini.

Evercoss A74A Review

Desain Simple Tapi Kokoh

Evercoss A74A

Diluncurkan pada tahun 2015, smartphone satu ini hadir dengan bodi sederhana namun terkesan mewah dan stylish pada masanya. Jika dilihat sekilas desainnya tak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, yaitu A5T. Dihiasi list metal di sisi bodinya, casing-nya termasuk tebal menggunakan material plastik bertekstur doff.

Bentuk bodinya terlihat kotak dan kaku karena tidak memiliki siku, namun masih nyaman untuk digenggam. Di bawah panel layar terlihat tiga tombol touchscreen yang dapat digunakan sebagai tombol Recent Apps, Home, dan Back. Di bagian atas terdapat kamera sekunder untuk selfie, beserta lubang speaker untuk mengakomodasi komunikasi penggunanya.

Seperti ponsel pada umumnya, di sisi kanan bodi terpasang tombol power serta tombol untuk mengontrol volume naik dan turun. Di bagian atas terdapat port audio 3,5 mm, sementara port microUSB untuk keperluan charging terlihat di sisi bawah bodi.

Di cangkang belakang disematkan kamera utama dengan LED Flash di sisi tengah atas, serta logo Evercoss di bawahnya. Sehingga secara keseluruhan bodi dari Winner T ini terbilang kokoh guna melindungi baterai yang dibenamkan di dalamnya.

Layar Dengan Warna Detail

Sebagai HP keluaran lama, A74A memiliki layar kecil berukuran 4,0 inci namun tetap nyaman ketika digenggam menggunakan satu tangan. Tipe layarnya masih menggunakan TFT Capacitive Touchscreen, dengan resolusi 480 x 800 piksel. Meskipun begitu, berkat resolusi tersebut ponsel ini memiliki kerapatan piksel tinggi dibandingkan dengan ponsel lain sejenisnya.

Tampilan warnanya pun terbilang detail namun tidak terlalu tajam. Ketika dilihat dari sisi samping, sajian warnanya konstan dan nyaman dipandang mata. Namun sayang jarak antara tombol touchscreen dan layar utama terbilang jauh, sehingga cukup merepotkan ketika dioperasikan menggunakan satu tangan.

Tak hanya itu, layar Evercoss A74A juga dilapisi dengan teknologi Hard Glass yang diklaim tahan akan goresan hingga benturan. Sehingga pemiliknya pun merasa nyaman dan aman ketika menggunakannya.

Antarmukanya memiliki empat halaman homescreen, dengan empat ikon shortcut di bagian bawahnya. Sekilas memang tak jauh berbeda dengan tampilan antarmuka ponsel Evercoss lainnya, namun ikon yang ada di homescreen serta app drawer menerima sedikit perubahan sehingga tampilannya terlihat lebih menarik dan intuitif.

Beralih ke app drawer, Evercoss menyuguhkan beragam aplikasi dan fitur termasuk widget yang dapat dipasangkan di homescreen. Meskipun di bagian homescreen hanya tersedia tiga panel saja, namun secara otomatis akan bertambah ketika pengguna menambahkan aplikasi.

Dapur Pacu Mumpuni

Spesifikasi Evercoss A74A

Masuk ke bagian dapur pacu, A74A disokong prosesor Quad Core 1.2 Ghz chipset Spredtrum SC8830 dengan RAM sebesar 1 GB. Untuk ROM-nya sebesar 8 GB dan dapat diperluas hingga 32 GB.

Untuk ponsel jadul, perpaduan prosesor dan kapasitas penyimpanan tersebut terbilang sudah cukup mumpuni karena bisa digunakan untuk menyimpan game contohnya Moto Racer 3D maupun aplikasi seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Selain didukung sistem operasi Android 4.4 KitKat, Winner T juga dipasangi baterai berkapasitas daya sebesar 1450 mAh. Sehingga ponsel bisa digunakan untuk menunjang aktivitas penggunanya dan bertahan selama kurang lebih satu harian dengan penggunaan standar.

Kamera Dilengkapi LED Flash

Berbicara tentang fitur kamera, Evercoss memanjakan penggunanya dengan menyediakan kamera utama beresolusi 5 MP serta LED Flash sebagai penerangan ketika menjepret gambar di tempat gelap.

Di dalam kamera terdapat banyak mode atau menu yang tersedia agar kualitas gambar lebih bagus contohnya Color Effect, White Balance, Brightness, IOS, Freeze Frame Display Geo Tag, Contrast, hingga lima lima scene mode.

Pengaturan seperti Shadows, Contrast, Cropping, dan Exposure juga dapat dilakukan. Untuk meningkatkan warna agar terlihat kontras, pengguna bisa menggunakan Auto Color.

Untuk keperluan perekaman video, ponsel jadul murah ini juga mampu menghasilkan video QCIF, CIF, dan 480p dengan tipe penyimpanan berformat MPEG4 atau H.254. Bahkan terdapat pilihan perekaman untuk video slow motion atau slow-mo.

Di bagian depan didukung kamera resolusi 2 MP yang bisa digunakan untuk ber-selfie ria. Namun sayang tidak ada fitur tambahan di kamera selfie ini seperti autoshot, sehingga penggunanya harus menekan tombol jepret secara manual ketika ingin berfoto.

Hasil fotonya pun terbilang standar dan biasa, namun cukup lumayan untuk smartphone keluaran tahun 2015. Noise di dalam foto masih terlihat, objek yang ditangkap pun kurang fokus sehingga hasil gambar tidak terlalu tajam. Meskipun begitu terdapat fitur Panorama untuk mengambil foto panoramic bak smartphone keluaran baru.

Konektivitas Lengkap

Fitur konektivitas yang dimiliki Evercoss A74A ini pun terbilang lengkap di kelasnya sebut saja dual SIM Card ukuran standar (mini SIM) dan microSIM, WiFi, Bluetooth, GPS, serta koneksi data 3G/ HSDPA. Penggunanya mampu mengirim atau mentransfer file dan data seperti foto, MP4, hingga MP3 dengan bluetooth versi v4.0.

Selain itu dibenamkan teknologi canggih OTA (Over The Air) dimana berfungsi memperbarui software secara otomatis. Kinerja smartphone pun menjadi lebih responsif dan cepat.

Suara Mantap

Suara yang dihasilkan dari speaker perangkat ini juga terbilang mantap, meskipun ukuran speaker tidak terlalu besar. Namun music player atau pemutar musiknya tidak dibekali dengan pengaturan spesial, sehingga tidak ada pengaturan seperti stereo, vokal, bass, dan lain-lain.

Ketika mendengarkan musik melalui earphone di kondisi ramai pun suara yang dihasilkan tetap jernih meskipun tidak memiliki fitur peredam suara.

Fitur Lainnya

Ada pula teknologi 3D Gravity Sensor yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses fitur di dalam ponsel tanpa harus menyentuh perangkat. Jika ingin mendengarkan siaran radio, bisa menggunakan fitur Radio yang tersedia di dalam perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan Evercoss A74A

Evercoss A74A Real Foto

Terdapat kelebihan serta kekurangan dari ponsel ini, diantaranya:

Kelebihan Evercoss A74A

  • Harga murah.
  • Desain bodi terbilang mewah, kokoh, dan stylish untuk ponsel jadul keluaran 2015.
  • Layar memiliki warna detail dan kerapatan piksel tinggi.
  • Dibekali konektivitas bluetooth versi v4.0.
  • Dapur pacu mumpuni karena disokong prosesor Quad Core 1.2 Ghz chipset Spredtrum SC8830.
  • Kamera sudah dilengkapi LED Flash.
  • Konektivitas lengkap.
  • Suara yang dihasilkan dari speaker bagus dan jernih.

Kekurangan Evercoss A74A

  • Jarak tombol touchscreen dengan panel layar cukup jauh.
  • Kapasitas penyimpanan kecil.
  • Mode dan pengaturan di dalam fitur kamera sedikit.

Demikianlah review Evercoss A74A, ponsel lokal murah dengan fitur melimpah. Ketika pertama kali diluncurkan, seri Winner T ini dijual di harga Rp 700 ribuan. Jika ingin membeli perangkat second, di beberapa ecommerce ponsel ini ditawarkan mulai harga Rp 300 ribuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.