Tutorial Cara Download Audio Telegram dengan Mudah

Posted on

Sama seperti aplikasi chat pada umumnya, Telegram juga dibekali dengan fitur voice note atau yang lebih dikenal dengan VN. Tapi tahukah kamu kalau voice note dari Telegram ini bisa disimpan? Download audio Telegram ini memang cukup tricky dan tidak banyak orang yang tahu.

Apakah Voice Note Telegram Bisa Diunduh?

Download Audio Telegram

Mungkin banyak dari kamu menanyakan hal ini karena kebutuhan atau mungkin hanya penasaran. Jawabannya adalah bisa. Ya, pada dasarnya Telegram akan mengunduh file suara untuk bisa didengarkan oleh penerima jadi secara teknis file suara tersebut diunduh oleh sistem agar bisa didengar.

Tapi bagaimana dengan file suara tersebut? Apakah file tersebut bisa disimpan dan dieksplorasi lebih lanjut oleh penerima VN?

Untuk fitur ini, sebenarnya Telegram tidak menyediakan fitur untuk cara download audio Telegram yang disimpan ke memori internal. Tapi kamu bisa mengeksplorasinya sendiri agar kamu bisa benar-benar menyimpan file audio ke memori internal smartphone-mu.

Untuk kamu yang ingin mendownload lagu, mungkin bisa membaca artikel kami lainnya tentang “bot telegram untuk download lagu

Caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Download Audio Telegram Tanpa Aplikasi

Cara Download Audio Telegram Tanpa Aplikasi

Download audio dari Telegram cukup mudah dan tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Asalkan kamu mengetahui struktur folder instalasi Telegram yang ada di smartphone-mu dan ini juga bukan merupakan hal yang susah untuk dipelajari.

Silakan langsung saja simak tutorial selengkapnya di bawah ini:

  • Pertama buka aplikasi Telegram di HP-mu
  • Setelah itu, cari chat yang voice note-nya akan diunduh
  • Selanjutnya dengarkan terlebih dahulu voice note tersebut sampai habis. Walaupun sebenarnya langkah ini tidak begitu diperlukan, tapi sebaiknya jangan dilewati untuk memastikan bahwa file voice note tersebut sudah benar-benar terunduh dari sistem
  • Setelah voice note habis didengarkan, kamu bisa keluar dari aplikasi Telegram
  • Selanjutnya masuk ke manajemen folder
  • Pilih memori internal
  • Cari folder instalasi Telegram, biasanya folder ini memiliki judul Telegram
  • Cari dan buka folder dengan nama Telegram Audio. Di sini tersimpan semua file voice note yang sudah kamu terima dari orang lain di Telegram
  • Cari file sesuai targetmu, file ini masih memiliki ekstensi .ogg yang merupakan format mentah dan tidak bisa diputar pada aplikasi pemutar audio tingkat tinggi.

Dari langkah ini sebenarnya kamu sudah sukses dalam proses download audio Telegram. Akan tetapi, file yang didapatkan merupakan file mentah dengan format .ogg. 

Sebagian orang tidak bisa mengkonversi format ini menjadi file yang siap untuk didengarkan menggunakan aplikasi pemutar audio.

Jika demikian, maka kamu perlu menggunakan converter untuk mengubahnya. Nah, untuk cara ini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Kamu tinggal memanfaatkan bot yang ada di Telegram. Begini caranya:

  • Buka aplikasi Telegram sekali lagi
  • Ketuk kolom pencarian yang ada di bagian atas aplikasi
  • Ketik @mp3toolsbot dan klik mulai
  • Akan tampil beberapa hasil pencarian, untuk menggunakan bot yang benar silakan ketuk bot yang ada pada urutan paling atas atau yang memiliki nama paling sesuai
  • Kirimkan file audio yang sudah kamu ambil dari proses sebelumnya dan klik Send
  • Tunggu hingga bot mengirimkan kembali file yang sudah dikonversi
  • Setelah bot mengirimkan file kembali, silakan unduh dengan klik file yang dikirimkan tersebut
  • Tunggu hingga proses download selesai
  • Selesai, sekarang kamu sudah bisa mendengarkan file audio tersebut kapan saja.

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Kamu bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk bisa download audio dari Telegram.

Sedangkan untuk bot lainnya, kamu bisa mengecek postingan kami tentang:

  1. bot telegram download video instagram
  2. bot telegram untuk tiktok
  3. bot telegram untuk pelajar
  4. bot telegram belajar bahasa inggris

Akan tetapi kami menyadari bahwasannya terkadang bot Telegram mengalami error dan membuatnya tidak bisa dipakai. Untuk mengatasi ini, kamu boleh menggunakan bot lain atau justru memanfaatkan aplikasi dari luar.

Tips Mengatasi Kendala dalam Download Audio Telegram

cara mengatasi telegram lemot
cara mengatasi telegram lemot

Dalam mengunduh audio dari Telegram, ada beberapa kendala yang mungkin akan mengganggu prosesnya. Hal ini tak luput dari fakta bahwa sebenarnya Telegram tidak menyediakan fitur tersebut.

Beberapa kendala tersebut antara lain kamu akan kesulitan dalam mencari file audio dikarenakan masing-masing file ini tidak memiliki nama yang jelas. Apalagi jika ada banyak file audio sekaligus dalam folder tersebut.

Tapi jangan khawatir karena kamu bisa meminimalisir kendalanya dengan mengikuti cara berikut ini:

  • Mengetahui Tanggal dan Jam Dikirimnya VN

File di dalam folder tersebut memang tidak memiliki nama yang jelas. Tapi ada satu yang bisa dijadikan sebagai pengenal, yakni waktu penerimaan VN. Kamu bisa mencocokkan waktu di Telegram dengan yang ada di folder karena masing-masing file memiliki keterangan waktu.

  • Ukuran File

Jika kamu hendak mengunduh file audio dengan durasi yang lama, kamu bisa dengan mudah mengenalinya. Pasalnya semakin besar durasi audio, maka akan semakin besar ukuran file tersebut. Jadi kamu hanya tinggal memilih audio dengan ukuran paling besar.

Meskipun fiturnya tidak disediakan secara resmi oleh Telegram, tapi kamu bisa melakukan eksplorasi download audio Telegram sendiri menggunakan cara di atas. Selanjutnya kamu bisa menggunakan file audio tersebut dengan bijak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.