5 Cara Menggunakan Kuota Reguler Tri dan Tipsnya 2022

Posted on

Tri merupakan salah satu provider yang memiliki kebijakan penggunaan kuota yang cukup rumit. Di beberapa paket, kamu mungkin akan kesulitan untuk menggunakan kuota reguler dan itu sangat merugikan. Oleh sebab itu di sini kami akan menjelaskan cara menggunakan kuota reguler Tri.

Apa itu Kuota Reguler Tri?

Cara Mengubah Kuota Youtube Weekdays Tri Menjadi Kuota Reguler

Sebelum menuju solusi tentang bagaimana cara menggunakan kuota reguler Tri, mungkin akan lebih baik jika kita mengetahui dahulu tentang apa itu kuota reguler dari Tri. Karena pada dasarnya, hingga saat ini provider Tri memiliki banyak macam paket yang bisa digunakan oleh penggunanya.

Pertama, yang perlu kamu ketahui adalah Tri menawarkan beberapa paket dengan pembagian yang berbeda-beda. Seperti pembagian berdasarkan waktu dimana pengguna hanya bisa menggunakan suatu kuota hanya pada saat rentang waktu tertentu.

Contohnya adalah kuota malam yang biasanya hanya dibatasi antara pukul 12 dini hari hingga pukul 6 pagi. Begitu juga dengan jenis paket pembagian waktu lainnya.

Lalu ada juga paket data tri yang dibagi berdasarkan aplikasi. Untuk hal ini, ada beberapa kuota yang memang hanya dikhususkan untuk aplikasi tertentu seperti Instagram, Youtube, Whatsapp, dan aplikasi lainnya. Yang artinya paket data tri tersebut hanya bisa dipakai di aplikasi youtube ataupun aplikasi lainnya saja.

Tri juga mempunyai kuota lokal, yaitu paket internet yang hanya bisa kamu pakai didaerah tempat kamu membeli paket internet itu saja. Jadi, paket internet tersebut sangat cocok untuk kamu yang tidak banyak melakukan perjalanan.

Nah, yang dimaksud dengan kuota reguler adalah kuota yang tidak termasuk dalam pembagian tersebut. Kuota reguler dari Tri adalah kuota yang bisa kamu pakai sepanjang waktu tanpa terbatas waktu dan aplikasi.

Jadi ketika kamu sudah kehabisan paket data pembagian waktu dan aplikasi, paket regulerlah yang akan secara otomatis dipakai oleh sistem untuk mengakses internet. Sayangnya, beberapa orang mengalami kesulitan dalam mengakses paket ini.

Tips dan Cara Menggunakan Kuota Reguler Tri

Cara Ubah Kuota Lokal Tri Agar Bisa Tetap Bermanfaat

  • Menggunakan pada Waktu yang Telah Ditentukan

Cara pertama yang harus diperhatikan adalah kamu harus menggunakan pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak provider Tri. Karena dengan adanya pembagian kuota ini, pengguna tidak bisa bebas dalam menggunakan kuota reguler.

Jadi kamu harus memastikan bahwa waktu penggunaan kuota sudah benar. Misalnya jika kamu membeli paket data dengan kuota malam, maka kuota reguler milikmu hanya akan terpakai pada pagi, siang, dan sore hari.

  • Menggunakan pada Aplikasi yang Tepat

Apabila kamu menggunakan paket yang dibagi per aplikasi, maka untuk bisa menggunakan kuota reguler Tri, kamu harus memakainya pada aplikasi yang tepat. Tapi jangan khawatir karena sebagian besar aplikasi sudah pasti dicover oleh kuota reguler ini.

Kamu hanya perlu menghindari penggunaan aplikasi yang memiliki kuota mereka sendiri. Seperti contohnya ketika kamu memiliki kuota aplikasi Youtube, maka kamu bisa menggunakan browser sehingga secara otomatis kuota yang terpakai adalah kuota reguler.

Cara memakai kuota reguler Tri ini sangat mudah. Karena pada dasarnya semua penggunaan internet selain aplikasi yang telah ditentukan sudah secara otomatis menggunakan kuota reguler.

  • Mengakses Semua dari Browser

Menggunakan browser adalah cara menggunakan kuota reguler Tri aplikasi yang tak kalah simpel. Karena di sini kamu bisa mengakses apapun dengan memanfaatkan kuota utama. Kenapa cara ini bisa bekerja?

Penggunaan browser akan secara otomatis terbaca sebagai aktivitas browsing. Dimana setiap aktivitas browsing dan mengakses website tertentu akan secara otomatis mengurangi kuota reguler.

Beruntung di browser kamu bisa mengakses banyak hal seperti Tiktok, Youtube, Instagram, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, kekurangannya adalah tampilan yang kurang baik. Tampilan browser tentu akan sangat berbeda ketika kamu menggunakan aplikasi.

Tidak hanya itu, experience penggunaan juga berbeda cukup signifikan. Biasanya user experience dalam mengakses aplikasi dari browser cukup buruk daripada secara langsung dari aplikasinya.

  • Hotspot ke PC

Hotspot ke PC
Image by vectorjuice on Freepik

Cara menggunakan kuota reguler Tri aktif berikutnya adalah dengan hotspot ke PC. Aktivitas hotspot ke PC ini akan terbaca oleh sistem sebagai penggunaan non aplikasi sehingga kamu bisa menggunakan kuota reguler Tri sepuasnya di sini.

Di PC, kamu bisa bebas mengakses apapun dengan tetap menggunakan kuota reguler, termasuk aplikasi-aplikasi yang dibatasi. Ini hampir sama seperti cara menggunakan kuota reguler Tri sebelumnya, hanya saja sekarang kamu akan menggunakan tampilan desktop.

Cara ini sebaiknya digunakan pada beberapa keadaan yang memang diperlukan. Seperti untuk keperluan pekerjaan atau belajar yang memang lebih nyaman dilakukan menggunakan PC.

  • Mengubah Kuota Lain Jadi Kuota Reguler

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar kuota reguler dapat digunakan secara bebas adalah dengan mengubah kuota yang dibagi menjadi kuota reguler. Tujuan akhir dari cara ini adalah kamu bisa menggunakan semua kuota Tri milikmu secara full tanpa adanya lagi pembagian.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan dengan cara ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Psiphone. Kamu bisa mencari tutorial penggunaan aplikasi psiphone yang banyak tersebar di Youtube.

Psiphon Pro
Psiphon Pro
Developer: Psiphon Inc.
Price: Free
‎Psiphon
‎Psiphon
Developer: Psiphon Inc
Price: Free+

Nah kamu juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang tri dibawah ini:

  1. Cara Ubah Kuota Lokal Tri ke Kuota Reguler
  2. Cara Daftar Paket Tri 25GB 25rb
  3. Cara Mengubah Kuota Youtube Weekdays Menjadi Kuota Reguler
  4. Cara Mengubah Kuota Belajar Tri Menjadi Kuota Reguler

Adanya banyak pembagian dalam hal kuota membuat banyak orang mencari cara menggunakan kuota reguler Tri. Dengan adanya pembahasan ini, kamu bisa lebih bebas dan bijak dalam menggunakan kuota reguler dari Tri tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.