Cara Ubah Kuota Lokal Tri Lengkap Dengan Trik Beli dan Keuntungan Menggunakannya

Posted on

Kamu mau pergi keluar kota, tapi kartu Tri yang dipakai hanya memiliki kuota lokal. Apakah ada cara ubah kuota lokal Tri, agar sisa kuota bisa digunakan di daerah lain tanpa harus beli kartu lagi di tempat tujuan?

Apa Sih Kuota Lokal?

Cara Ubah Kuota Lokal Tri

Sekarang, pada umumnya provider menyediakan dua jenis kuota internet. Ada yang namanya kuota utama dan ada yang disebut kuota lokal. Begitu juga Tri, yang juga sudah ikut tren menyediakan kedua jenis kuota tersebut di dalam satu paket pembelian.

Nah, untuk kuota utama itu biasanya dapat digunakan dimana saja kamu berada. Tidak terbatas lokasi. Oleh karena itu, kuota utama lebih banyak dicari ketimbang versi lokalnya.

Sedangkan kuota lokal, merupakan jenis yang hanya bisa dipakai di daerah tempat kamu berada saat ini. Jika kamu pindah ke daerah lain, otomatis tidak bisa digunakan alhasil main internet akan memotong jenis utama yang ada di ponsel atau perangkat lain terhubung internet.

Contoh, kamu membeli paket di Kota Padang kemudian beberapa hari kemudian berangkat ke kota Makassar. Otomatis saat berada di Makassar, kuota lokal Padang tidak dapat digunakan.

Kecuali, kamu kembali lagi ke Kota Padang maka secara otomatis kuota yang terpakai untuk membuka internet akan kembali ke kuota lokal.

Hal ini memang sering dilupakan pengguna, karena minimnya pengetahuan tentang beda kuota utama dan lokal.

Bagaimana Cara Pakai Kuota Lokal di Kota Asal

kuota internet lokal bisa dipakai untuk berinternet di kota tertentu saja

Penggunaan kuota jenis lokal ini, tidak sulit bahkan tanpa pengaturan akan langsung terhubung saat kamu menggunakan jaringan internet. Bahkan, ketika jaringan yang tersedia hanya untuk 2G maka otomatis sistem Tri akan mendeteksi penggunaannya untuk 2G saja.

Lantas bagaimana cara menggunakan kuota lokal ini? Pastikan terlebih dahulu, kamu sudah membeli kuota lokal sesuai dengan kebutuhan. Biasanya dalam paket internet Tri, jumlah kuota ini lebih banyak dibanding utama.

Saat perangkat terhubung dengan internet, maka kuota langsung terpotong otomatis sesuai dengan penggunaan. Sedangkan pulsa internet utama masih tersedia, hanya akan terpotong ketika lokal sudah habis.

Jadi, buat kamu yang selama ini kurang paham soal internet lokal akan lebih aware sebelum beli paket internet di konter maupun online.

Selanjutnya, kamu bisa mengecek ketersediaan kuota melalui aplikasi resmi Tri yang bisa diunduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store jika kamu menggunakan iPhone.

Selama berada di wilayah tempat membeli kuota, maka kamu akan aman karena kuota lokal akan langsung terpakai dan tidak mubazir.

Bagaimana Cara Ubah Kuota Lokal Tri Agar Bisa Tetap Bermanfaat

Cara Ubah Kuota Lokal Tri Agar Bisa Tetap Bermanfaat

Apakah bisa mengubah kuota lokal Tri menjadi kuota utama? Jawabannya, bisa saja asalkan kamu tahu bagaimana cara ubah kuota lokal Tri tersebut.

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan HP yang terhubung dengan jaringan internet. Sebaiknya pakai jaringan Wifi, supaya kuota pribadi tidak cepat habis.
  • buka platform resmi penyedia aplikasi gratis di HP kamu, kalau menggunakan ponsel Android maka buka Google Play Store. Sedangkan jika kamu pengguna iPhone silahkan buka App Store
  • Ketik nama Fake GPS Location, lalu klik tombol search
  • Jika sudah muncul pilihan aplikasinya, kamu tinggal pilih aplikasi yang sesuai. Lalu klik download dan lanjutkan dengan Fungsi dari aplikasi tersebut, nantinya untuk membuat lokasi khusus agar kuota lokal Tri bisa digunakan
  • Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu perlu melakukan root pada ponsel. Jika sudah, aktifkan mock location yang ada pada aplikasi Fake GPS location
  • Pilih lokasi yang diinginkan, kemudian aktifkan lokasi tersebut. Sehingga ketika melakukan pembelian kuota akan terdeteksi lokasi kamu sesuai lokasi pada GPS tersebut

Contoh, kamu beli kuota di Kota Bandung lalu sekarang sedang berada di Kota Denpasar. Maka lokasi yang harus kamu masukkan pada mock location adalah Kota Bandung, supaya sistem penggunaan kuota Tri mendeteksi keberadaanmu di kota tempat membeli kuota.

Alhasil, kuota lokal sudah bisa digunakan kembali meskipun kamu sedang berada di luar Bandung.

Trik Saat Beli Kuota Lokal

Agar kamu tidak kecolongan, karena tidak dapat menggunakan kuota lokal saat berada di luar kota. Maka ada beberapa trik bisa dilakukan, pertama adalah memastikan bahwa kamu membeli kuota saat berada di lokasi yang akan lama ditinggali.

Kedua, beli kuota seperlunya saja dan jangan terlalu besar. Apalagi untuk kamu yang sering bepergian ke berbagai daerah untuk kebutuhan bisnis, kerja, atau lainnya.

Jadi, kuota bisa digunakan semaksimal mungkin tanpa kemungkinan hangus karena ternyata tidak bisa digunakan.

Ketiga, beli kuota di konter resmi penyedia kuota internet Tri supaya harganya benar-benar pas dan tidak terlalu mahal.

Keempat, jika kamu memiliki aplikasi TRI maka akan lebih bagus membeli kuota melalui aplikasi tersebut. Harga lebih murah dan bisa dipantau pemakaiannya, tanpa harus kaget ketika tiba-tiba kuota habis atau malah tak bisa digunakan.

Trik terakhir adalah, selalu cek kuota secara rutin supaya kamu bisa tahu kapan harus membeli paket internet lagi.

Apakah Bisa Mengubah Kuota Lokal Menjadi Utama?

Ada orang yang bilang, dengan cara tertentu bisa mengalihkan kuota lokal Tri menjadi paket internet utama. Misalnya, menggunakan beberapa aplikasi GPS untuk mengelabui sistem Tri agar paket internet tersebut bisa berubah tempat.

Bahkan beberapa aplikasi juga disarankan untuk dicoba. Contohnya Psiphon Pro, Annonytun, dan beberapa lainnya.

Namun ketika dicoba, ternyata belum berhasil menjadi solusi pengalihan jenis paket internet ini. Jadi, kalau kamu punya cara yang jitu dapat sharing disini untuk membantu orang kehabisan kuota lokal sementara kuota utamanya masih full.

Paket Kuota Tri yang Paling Populer dan Ada Kuota Lokalnya

Always On - Paket Kuota Tri yang Paling Populer dan Ada Kuota Lokalnya

Buat kamu yang baru menggunakan kartu Tri, berikut ini beberapa pilihan jenis kuota yang tersedia dan paling banyak digunakan.

Adalah kuota yang bisa dipakai kapan saja dan dimana saja tanpa pembagian kuota lokal dan utama. Pilihan jumlah kuotanya dari yang paling kecil 1,5GB hingga 16GB

Biasa dipakai untuk penggunaan kuota kapasitas besar, misalnya di rumah dengan pengguna lebih dari dua orang dan menggunakan modem sebagai perangkatnya.

  • Paket Kompak

Yaitu kuota yang bisa dipakai untuk berinternet ria sekaligus nonton pertandingan sepakbola. Ada beberapa jenis paket kompak dari jumlah 6GB yang terdiri dari 3GB kuota utama dan 3GB kuota untuk nonton bola, hingga yang jumlahnya 280GB

  • Paket Mix

Yang terdiri dari beberapa kelompok kuota, dengan waktu penggunaan yang berbeda-beda. Ada yang bisa dipakai selama 24 jam, kemudian dari pukul 12.00 malam sampai pukul 09.00 pagi. Dan kuota yang hanya berlaku untuk 1 hari saja.

Ada juga jenis kuota lain, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan harga pas di kantong.

Semoga informasi di atas tentang cara ubah kuota lokal Tri bisa membantu kamu, yang sedang bingung mengalihkan kuota lokal TRI padahal jumlahnya masih banyak. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.