Cara Screenshot Samsung M11 dengan Mudah

Posted on

Galaxy M11 merupakan salah satu ponsel android keluaran terbaru dari Samsung yang akan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Smartphone ini memiliki kembaran yang cukup identik yaitu dengan Samsung A11. Ada banyak sekali fitur dan speks yang bisa membuat para penggunanya puas dengan ponsel satu ini. Meskipun begitu, tidak jarang pula dari mereka yang bingung dengan cara screenshot Samsung M11. Sebenarnya, metode atau cara screen capture ponsel ini mirip dengan Galaxy A31 yang mana menwarkan beberapa fitur untuk mengambil screenshot yaitu menggunakan tombol dan tanpa tombol (tanpa aplikasi).

Desain dan spesifikasi Samsung M11

Sebelum membahas bagaimana cara melakukan screeenshot maka ada baiknya bagi anda untuk mengetahui desain dan spesifikasi ponsel ini. Pada seri M ini, sebenarnya Samsung terus mengembangkan dengan menghadirkan banyak pilihan yang menggiurkan. M series ini disebut sebagai line-up anti lowbat karena selalu membawa baterai besar dan juga kekinian. Galaxy M11 ini merupakan smartphone entry level dengan kapasitas batereai besar yang dihadirkan Samsung belum lama ini.Galaxy M11 ini hadir hanya dengan satu varian saja dengan penyimpanan RAM 3GB dengan memori internal 32GB yang bisa ditambah melalui slim slot memory card eksternal hingga 512 GB.

Selain itu, pada aspek kelengkapan Samsung menawarkan sentuhan desain boks berwarna putih cerah. Seri ini mirip dengan generasi sebelumnya yaitu pada M10, M20, dan M30. Pada bagian depan ponsel langsung tercermin wujud perangkat dengan beberapa informasi penting dibagian belakang boksnya yang mana boks penjualan juga masih mirip dengan Galaxy M terdahulu. Pada boks penjualan Samsung M11 memang masih terkesan ringkih dan masih sama seperti boks Galaxy M series lainnya yaitu hanya terbuat dari kertas karton tipis yang sangat mudah rusak. Jika kita masuk kebagian dalam, pola pengaturan kemasan juga masih sama seperti handset-handset seri M terdahulu yaitu di lapisan pertama ada buku pedoman dan kitab-kitab pendukung beserta kartu garansi.

Berkaitan dengan spesifikasi ponsel, Samsung M11 ini terkenal dengan spek yang cukup prima. Hal ini bisa dilihat dariĀ  kapasitas baterai yang siap memberikan screen on time yang lama kepada para penggunanya. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 dan menggunakan GPU Octa-core 1.8 GHz Cortex A53. Kamera belakang 13 MP + 5 MP dan 2 MP sedangkan pada kamera depan dilengkapi dengan 8MP dengan baterai non-removable Li-Ion 5000 mAh.

Kelebihan Samsung M11

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung M11. Kelebihan yang dimiliki dari ponsel ini adalah baterai tahan seharian karena didukung dengan kapasitas besar 5000mAh yang merupakan salah satu perbedaan paling mencolok dibandingkan dengan galaxy A11 yang hanya menghadirkan baterai 4000 mAh. Selain itu, ponsel ini juga menggunakan layar infinity O display yang berukuran besar. Hal itu memang didesain bagi pengguna yang suka dengan situs streaming film seperti Netflix, iflix, dan lain sebagainya. ponsel ini telah hadir dengan layar dengan desain Infinity-O Display yang berukuran 6,4 inci sehingga aktivitas menonton pun bisa lebih immerseive. Adapun resolusi dari layar ini adalah 720 x 1560 piksel dan sudah mengusung HD+ dan memiliki kerapatan piksel 268 Pixels per inch.

Hal menarik lain dari ponsel ini adalah hadir degan triplee kamera untuk membuat generasi Z lebih tertarik lagi dengan ponsel ini. Kamera-kamera ini terdiri dari lensa utama berkekuatan 13 MP, lensa ultra lebar 5MP, dan terakhir ada sensor kedalaman 2 MP untuk mengambil gambar bokeh. Yang menarik dari ponsel ini adalah mampu mengambil foto dengan efek background blur menggunakan fitur live focus dan mengambil foto panorama dengan sudut keluasaan 115 derajat.

Cara Screenshot Samsung M11 Mudah Tanpa Aplikasi

Ada bebrapa cara screenshot Samsung M11 yang bisa dilakukan. Langkah pertama adalah dengan menggunakan tombol ponsel. Cara ini bisa dibilang cukup klasik karena dengan menggunakan tombol fisik yaitu dengan kombinasi tombol. Tombol yang perlu ditekan adalah tombol volume bawah dan power secara bersamaan. Dengan menekan secara bersama maka anda bisa menangkap layar yang nantinya otomatis akan teersimpa di aplikasi galleri Samsung M11. Meskipun cara ini terbilang klasik namun cara ini juga masih banyak digunakan karena cukup mudah untuk menggunakannya. Akan tetapi, jika anda merasa kaku dengan cara ini maka anda bisa menggunakan cara lainnya.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mode gestur. Cara ini cukup mudah sehingga selain bisa menggunakan kombinasi tombol fisik anda juga bisa menggunakan cara lainnya karena ponsel ini menyediakan fitur lainnya untuk mengambil tangkapan layar yaitu menggunakan menu asisten dan mode gestur. Menggunakan menu asisten adalah cara alternatif untuk mengambil screenshot karena anda hanya perlu menekan ikon gambar layar dimenu tersebut. Sedangkan mode gestur adalah cara yang paling mudah karena anda cukup mengusap sisi telapak tangan melintasi layar dari sisi kanan ke kiri pada perangkat. Untuk mengambil tangkapan layar ini bisa menggunakan gestur karena anda harus mengaktifkan dari pengatura ponsel.

Jika anda menggunakan fitur gestur, maka anda bisa membuka pengaturan pada ponsel Samsung anda dan pillih fitur lajutan. Kemudian pilih gerakan dan gestur untuk mengaktifkan opsi usapkan telapak tangan untuk mengambil. Jika selesai, silahkan cari area layar lalu usap telapak tangan anda dari sisi kanan ke kiri untuk meengambil tangkapan layar. Akan tetapi, jika anda menggunakan menu asisten maka anda bisa mengawalinya dengan membuka pengaturan pada ponsel Samsung anda dan pilih aksesibilitas. Setelah itu, pilih interaksi dan kecekatan. Selanjutnya, pilih menu asisten dan aktifkan. Jika sudah selesai, maka anda bisa memilih Opsi Menu Asisten. Pada bagian ini anda bisa menambahkan gambaar layar dan setelah ditambahkan maka akan muncul tombol menu asisten melayang diisi layar.

Cara Screenshot Samsung M11 menggunakan fitur POP UP

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan fitur POP UP. Cara ini bisa dikatakan cukup mudah karena fitur ini beriskan fitur tangkapan layar sehingga anda bisa melakukan SS dengan tangkapan layar mudah tanpa tambahan aplikasi lain. Untuk menggunakannya anda bisa membuka menu pengaturan di Samsung M11 kemudian pilih aksesibilitas. Selanjutnya, anda bisa memilih menu interaksi dan kecekatan. Jika sudah anda hanya mengaktifkan menu asisten dan klik tombol virtual yang muncuk pada layar. Kemudian klik gambar layar untuk mengambil screenshot. Dengan begitu, maka secara otomatis akan tersimpan dimenu galeri atau foto pada HP Samsung.

Setelah aktif, pada layar ponsel akan muncul pop up mengambang yang jika ditekan akan muncul berbagai pilihan menu dan fitur termasuk didalamnya adalah screenshot. Itulah beberapa cara screenshot samsung m11 yang bisa anda lakukan dan cukup mudah untuk diaplikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *