Cara Reset Printer Epson L3110

Posted on

Printer Epson L3110 adalah salah satu jenis printer yang paling populer di Indonesia saat ini. Ini disebabkan oleh kualitas cetaknya yang sangat bagus dan juga ketahanan printer yang cukup mumpuni. Karena hal tersebutlah banyak perusahaan yang melirik printer Epson L3110 sebagai printer andalan mereka untuk melakukan pencetakan dokumen. Selain berguna untuk mencetak dokumen, printer Epson L3110 juga dapat digunakan untuk keperluan scan dokumen, dan juga memfotocopy dokumen.

Sebagaimana alat elektronik manapun, diperlukan adanya perawatan secara berkala agar kondisi mesin maupun software tetap terjaga dalam keadaan baik. Jika tidak maka printer akan mengalami beragam masalah dan kendala error yang cukup meresahkan dikemudian hari. Perawatan yang dibutuhkan adalah seperti melakukan head cleaning secara berkala dengan cara yang tepat.

Jika sudah terlanjur mengalami error maka printer Epson L3110 akan memberikan sinyal berupa lampu indikator yang berkedip menandakan terdapat masalah yang harus diperbaiki baik pada bagian software ataupun pada bagian hardwarenya.

Lampu berkedip berwarna oranye ini menandakan pencetakan sudah tak dapat dilakukan lagi sebagaimana biasanya.

Sekilas Tentang Printer Epson L3110

Printer Epson L3110 adalah penerus printer sebelumnya yaitu printer EPSON L360. Dengan printer Epson L3110 ini anda akan dapat melakukan print, scan, dan fotokopi dengan satu perangkat saja. Keunggulan besar dari printer Epson L3110 ini adalah dalam hal kecepatan cetaknya. Jika tipe lama berada pada 9,2 ppm maka printer ini sudah mencapai 15 ppm. Dilengkapi dengan fitur Ecotank yang memungkinkan pengguna aman dari bercak tinta.

Printer Epson L3110 adalah salah satu printer canggih yang menjadi primadona sebab dengan kecanggihan yang tersemat dalam printer Epson L3110 ini menjadikan perinter ini sangat dapat diandalkan. Dengan desain yang ergonomis menjadikan printer ini cocok diletakan di ruangan sempit sekalipun.

Penyebab Pinter Epson L3110 Berkedip

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa kedipan lampu indikator yang berwarna oranye jadi saat ada masalah software dan hardware yang dideteksi oleh printer. Namun cakupan masalah yang dapat menyebabkan printer Epson L3110 berkedip cukup luas sehingga ini seringkali membuat bingung sebagian orang.

Namun tak perlu khawatir sebab masalah utama yang biasanya terjadi yang menyebabkan lampu indikator berkedip pada printer Epson L3110 adalah adanya masalah error waste ink full. Kondisi ini menyebabkan over ink pad counter atau pembuangan tinta yang telah penuh.

Terdapat pola berbeda dalam printer Epson L3110 dibandingkan dengan printer seri L pendahulunya. Jika biasanya lampu indikator tinta dan kertas menyala secara bergantian maka pada printer Epson L3110 menyala bersama-sama.

Over ink pad counter adalah masalah yang dialami tak hanya bagian sistem perangkat lunaknya atau software saja melainkan juga pada sistem perangkat kerasnya atau hardwarenya juga. Jika sudah seperti itu maka tak perlu terlalu terburu-buru untuk mendatangi tukang servis guna memperbaikinya.

Anda dapat memperbaikinya hanya dengan melakukan reset pada printer Epson L3110. Namun tak boleh melakukannya secara sembarangan sebab jika tidak dengan panduan yang tepat justru masalah printer anda akan menjadi semakin parah.

Oleh sebab itu dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci bagaimana cara melakukan reset pada printer Epson L3110.

Download Resetter Printer Epson L3110

Untuk dapat melakukan reset maka dibutuhkan software yang dapat melakukannya. Software ini khusus digunakan untuk melakukan reset printer Epson L3110. Untuk mendapatkan software ini cukup mudah dan tersebar luas di Internet. Anda dapat juga mengunduhnya disini: https://www22.zippyshare.com/v/o1HQOuem/file.html

Setelah unduhan berhasil, buka filenya lalu aktifkan software ini. Namun sebelum mengaktifkan aplikasi ini sebaiknya nonaktifkan terlebih dahulu antivirus dan Windows defender supaya tak terjadi masalah saat melakukan penginstalan.

  1. Untuk melakukan pengintalan dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
  2. Pertama, ekstrak file yang telah didownload.
  3. Setelah itu buka folder yang bernama Epson L3110 Reserter.
  4. Lalu klik dua kali pada file Adjprog.exe untuk menjalankan aplikasi.
  5. Kemudian akan muncul popup yang berisi informasi ID printer Epson L3110 anda.
  6. Simpan informasi ID printer Epson L3110 anda karena akan diminta nantinya.
  7. Ekstrak k3y93n kemudian jalankan file WLGen_EpsonL3110.exe.
  8. Klik license manager lalu klik add license.
  9. Isilah data yang diminta termmasuk informasi ID yang sebelumnya muncul.
  10. Setelah itu klik save.
  11. Klik lisensi yang baru dibuat lalu klik create license key.
  12. Jika berhasil nantinya file secara otomatis akan tersimpan di komputer anda. Buka folder tersebut.
  13. Klik kanan pada License setelah itu klik Merge.

Setelah semua tahap tersebut maka software telah dilakukan instalasi dan aktiiasi sehingga siap untuk digunakan untuk mereset printer Epson L3110.

Cara Mereset Printer Epson L3110

Setelah anda memiliki software resetter maka selanjutnya adalah melakukan reset pada printer Epson L3110. Untuk melakukannya, silahkan ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Pertama, buka Adjprog.exe.
  2. Setelah itu pilih Pacticular Adjusment Mode.
  3. Pilih Waste ink pad counter.
  4. Tahap berikutnya mencentang pada kotak main pad counter dan juga platen plat counter.
  5. Klik tombol check kemudian klik initialize.
  6. Nantinya akan muncul pop up yang berisi informasi. Tekan Ok.

Setelah itu secara otomatis softare akan bekerja dan melakukan reset pada printer Epson L3110. Printer Epson L3110 yang sudah direset ulang kembali ke setelan pabrik seperti baru. Printer Epson L3110 ini pun sudah dapat digunakan kembali.

Prosesnya berhalan sebentar dan jika sudah selesai maka akan muncul pemberitahuan untuk restart printer. Ini adalah perintah untuk menonaktifkamn komputer lalu aktifkan kembali.

Setelah melewati tahap ini maka anda sudah melewati proses reset printer Epson L3110 dan printer Epson L3110 sudah dapat mencetak dokumen seperti sedia kala.

Tips Mencegah Masalah pada Printer Epson L3110

Tips mencegah munculnya masalah kembali pada printer sebetulnya cukup banyak namun dalam kesempatan ini kita akan membahas hal pokok saja yaitu:

  1. Gunakan Secara Rutin

Printer Epson L3110 harus senantiasa digunakan secara rituin agar tetap awet. Mungkin terkesan cukup aneh, namun hal yang menjadikannya demikian adalah parinter Epson L3110 memiliki frease pelumas mekanik sehingga apabila printer tak digunakan dalam waktu yang cukup lama maka bagian-bagian printer tak akan terlumasi, menjadi kering, dan rentan mengalami patah atau tersendat. Bagian yang akan mengalami kerusakan jika tak sering digunakan adalah Cartridge dan Head Printer.

  1. Jangan Paksakan Printer

Sebagaimana alat elektronik lainnya yang tak boleh dipaksakan, hal tersebut juga berlaku pada printer Epson L3110. Setiap printer termasuk printer Epson L3110 mempunyai masa jeda saat melakukan pencetakan dalam jumlah besar.

Pastikan anda mencetak hanya maksimal 25 lembar terlebih dahulu lalu jeda 3 baru dapat dilanjutkan. Jika terlalu dipaksakan maka bagian gear dan head printer akan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.