Cara Reset Printer Epson L355

Posted on

Epson L355 adalah jenis printer all in one yang artinya dapat melakukan print, copy, dan scaning. Sebuah perangkat yang dapat diandalkan untuk kebutuhan rumahan atau untuk kebutuhan perkantoran.

Epson adalah merek printer yang dapat diandalkan karena cukup awet dan cukup andal. Namun meskipun demikian tak dapat dipungkiri sebagai barang elektronik pasti printer akan mengalami suatu masalah yang ditandai dengan aktivitas print yang tak dapat dilakukan.

Saat mengalami error, printer Epson L355 akan memberikan sinyal berupa kedipan lampu. Jika sudah seperti itu maka sebaiknya segeralah perbaiki dengan cara melakukan reset.

Cara Reset Printer Epson L355

Sekilas Tentang Epson L355

Mengisi ulang tinta printer atau refill biasanya dengan menggunakan sistem coblos dan menggunakan jarum suntik. Namun yang menarik, Epson L355 tak perlu menggunakan itu semua karena terdapat mekanisme khusus yang memungkinkan tinta dapat diisi dengan mudah dan tak mudah tumpah.

Printer ini juga sungguh unik, karena dilengkapi dengan WiFi, sehingga Epson L355 dapat melakukan print tanpa menggunakan sambungan kabel. Bahkan anda dapat melakukan print langsung dari HP dengan mudah dan cepat.

Hasil cetaknyapun sangat baik yaitu 5760 x 14000. Karena itu hasilnya tak akan buram dan cocok untuk kegiatan usaha dan juga bisnis. Untuk kecepatannya printer Epson L355 dapat mencetak sebanyak 33 lembar per menit sedangkan untuk berwarna sebanyak 15 lembar per menit. Kapasitas input kertas untuk printer ini mencapai 100 lembar.

Printer Epson L355 memiliki dimensi 472 x 300 x 145 mm dengan berat 4.4 Kg. Dengan dimensi yang cukup kecil maka printer Epson L355 ini dapat ditempatkan di banyak tempat di kantor dan di rumah.

Kapan Printer Epson L335 Perlu Direset?

Apakah printer yang digunakan awet atau tidak tergantung dari bagaimana pemakai merawat dan memperlakukannya. Apabila printer senantiasa dirawat dengan rutin dan juga diguankan dengan benar maka printer akan dapat senantiasa awet dan masa pakainya akan lebih panjang.

Sebaliknya jika seandainya sebuah printer digunakan dengan tidak benar dan juga tak ada perawatan yang seharusnya maka printer akan semakin cepat rusak. Jika sudah seperti itu maka printer akan error yang ditandai dengan munculnya kedipan pada lampu indikator. Selain itu printer tak dapat mencetak dokumen apapun dan juga tak merespon perintah apapun yang diberikan.

Kedipan pada printer Epson L335 adalah indikasi adanya masalah pada bagian software maupun hardwarenya. Itu artinya kita harus mencari tahu sendiri masalah apa yang ada pada printer L335.

Namun biasanya masalah kedipan pada printer Epson L335 hanya membutuhkan reset saja. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap printer memiliki masa pemakaian yang telah dibatasi agar kinerja printer tetap optimum. Setelah masa pakai tersebut maka printer harus diatur ulang.

Setiap kali printer melakukan print maka jumlah print akan dihitung dan diakumulasi oleh chip EEPROM pada mainboard printer. Jika digunakan cukup sering maka printer akan mengalami kelebihan tinta diluar daya tampung seharusnya dan reset dilakukan agar chip EEPROM menghitung dari awal lagi sehingga printer dapat bekerja seperti semula.

Cara Reset Printer Epson L335

Reset printer harus dilakukan dengan benar sebab jika tidak maka printer akan mengalami masalah yang jauh lebih besar nantinya. Oleh sebab itu maka artikel ini akan memandu anda bagaimana cara melakukan reset printer Epson L335.

Sebenarnya melakukan reset printer Epson L335 sangat mudah sekali sehingga anda tak perlu membawanya ke tukang reparasi untuk memperbaikinya. Jika berhasil maka anda sudah dapat menghemat waktu dan biaya.

Dengan mengetahui cara reset printer Epson L335 maka akan menambah pengetahuan dan pengalaman anda dalam memperbaiki printer Epson jika sewaktu-waktu lain megalami masalah yang sama.

Dalam melakukan reset printer L335 maka terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan yaitu dengan cara manual dan juga dengan menggunakan software. Sebaiknya cobalah menggunakan cara manual terlebih dahulu sebab cara manual lebih mudah dan tak membutuhkan instalasi. Jika cara manual ternyata tak bekerja barulah gunakan cara reset menggunakan software.

Reset Epson L335 Secara Manual

Reset Epson L335 secara manual berarti reset yang dilakukan tak membutuhkan software apapun. Yang perlu dilakukan adalah menekan kombinasi tombol-tombol tertentu yang tersedia dengan durasi tertentu.

Sebenarnya cara reset manual telah dijelaskan dalam buku manual printer Epson L335 yang telah ada dalam satu paket pembelian. Untuk memastikan cara reset manual, anda dapat membukanya kembali.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, cabut terlebih dahulu kabel printer lalu diamkan selama 5 menit lalu sambungkan kembali.
  2. Hidupkan printer lalu tekan dan tahan tombol power.
  3. Dilanjutkan dengan menekan dan menahan tombol resume (dengan logo tinta) selama 5 detik lalu lepas.
  4. Terakhir tekan dan tahan kembali selama 3 detik lalu lepaskan.

Selanjutnya printer akan mulai melakukan reset secara otomatis selama beberapa menit. Setelah proses reset selesai dilakukan maka printer akan kembali ke setelan awal dan masalah yang sebelumnya muncul tak dapat muncul. Printer akan dapat mencetak seperti sedia kala.

Namun jika seandainya cara manual sebelumnya tak berhasil maka anda dapat melakukan cara kedua yaitu dengan bantuan software khusus yang dirancang untuk melakukan reset Epson L335

Reset Epson L335 dengan Menggunakan Software

Selain menggunakan cara manual, anda juga dapat melakukan reset dengan menggunakan software khusus yang bernama Epson Adjustment Program. Software ini harus diinstal di PC, laptop, atau komputer anda.

Langkah ini dapat anda tempuh apabila reset Epson L335 tidak dapat dilakukan dengan cara manual. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan anda telah mendownload dan menginstall aplikasi Epson Adjusmet Program.
  2. Buka aplikasi Epson Adjustment Program maka anda akan menemukan beberapa pilihan. Pilih select lalu pilih L335 lalu tekan Ok.
  3. Klik tombol Particular Adjustment Mode.
  4. Nantinya akan muncul jendela baru. Pilih Wasete Ink Pad Counter lalu klik Ok.
  5. Ceklis pada bagian Main Pad Counter.
  6. Klik check.
  7. Klik Ok pada jendela popup yang muncul.

Setelah proses diatas maka proses reset akan dimulai. Dengan software ini biasanya akan lebih cepat ketimbang menggunakan cara manual. Jika proses reset telah dilakukan maka selanjutnya akan muncul jendela pop up yang menyuruh kita untuk mematikan printer. Matikanlah printer setelah itu hidupkan kembali.

Proses reset sepenuhnya sudah selesai dilakukan. Kedipan pada lampu indikator akan hilang dan printer akan bekerja normal seperti biasanya. Selanjutnya printer akan dapat bekerja normal seperti biasanya.

Jika anda telah melakukan dua cara diatas namun ternyata tak membuahkan hasil maka kemungkinan terdapat masalah hardware atau perangkat kerasnya yang bermasalah. Jika begitu maka anda harus membawa printer anda ke teknisi printer untuk ditangani lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.