Cara Reset Epson T1100

Posted on

Epson T1100 adalah printer all in one artinya dapat melakukan scan, copy, dan print dalam satu perangkat. Printer ini sangat cocok untuk digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan kantor.

Printer Epson T1100 adalah printer yang sangat dapat diandalkan. Printer merek Epson memang sangat diminati di Indonesia sebab dengan harga terjangkau kualitasnya sangat mumpuni. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya termasuk cukup awet dan tak mudah mengalami kerusakan.

Namun bukan berarti printer Epson kebal terhadap masalah seperti Error. Sebagaimana barang elektronik pada umumnya, perinter Epson juga bisa mengalami sejumlah masalah. Masalah error pada printer Epson ditandai dengan munculnya kedipan pada lampu indikator.

Seberapa awet printer Epson T1100 bergantung pada bagaimana printer digunakan. Jika printer digunakan dengan baik sebagaimana mestinya dan juga senantiasa dijaga dan dirawat maka printer akan memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Demikian juga sebaliknya. Jika printer diguankan dengan sembarangan serta minim perawatan maka akan besar kemungkinan printer Epson T1100 akan cepat rusak dan error.

Jika sudah error maka printer tak akan merespon perintah yang diberikan serta tak dapat melakukan print dokumen sebagaimana biasanya. Namun seringkali masalah printer dapat diatasi dengan melakukan reset ulang printer.

Cara Reset Epson T1100

Kapan Printer Harus Direset?

Setiap printer memiliki rentang usia pakai yang biasanya dibatasi oleh jumlah print yang dilakukan. Jika jumlah tersebut telah terpenuhi maka reset harus dilakukan untuk mengembalikan kondisi printer seperti sedia kala. Pengaturan semacam ini telah disematkan oleh Epson dan jumlah dokumen yang diprint akan terekam di dalam chip EEPROM pada mainboard printer.

Dengan melakukan reset artinya sistem printer Epson T1100 akan kembali ke setelah sistem dan jumlah print akan kembali ke nol serta sistem Epson akan seperti baru saat kita membelinya dari toko.

Jika printer Epson T1100 anda mengalami masalah yang ditandai dengan tak dapat melakukan print, tidak merespon perintah yang diberikan, dan juga munculnya kedipan pada printer maka itu tandanya printer anda harus dilakukan reset.

Cara Reset Ulang Printer T1100

Cara melakukan reset ulang printer terbilang cukup mudah sekali untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya sendiri. Namun perlu diingat bahwa dalam melakukan reset ulang ini anda membutuhkan panduan yang dapat memandu anda dalam melakukan reset ualng sebab jika dilakukan dengan cara yang keliru, bukannya printer anda menjadi seperti sedia kala, namun justru menjadi semakin bermasalah.

Oleh sebab itu dalam artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan tuntas bagaimana cara melakukan reset printer Epson T1100 sendiri. Sehingga anda tak perlu membawanya ke teknisi yang artinya anda telah menghemat sejumlah waktu dan uang.

Melakukan reset Epson T1100 sendiri juga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman anda tentang bagaimana melakukan reset Epson T1100 agar nantinya anda dapat memperbaiki sendiri dengan mudah saat sewaktu-waktu printer anda mengalami masalah yang sama

Terdapat dua cara reset ulang printer Epson T1100 yaitu dengan cara manulal dan dengan menggunakan bantuan aplikasi Epson Adjusment Program yang dirancang khusus untuk melakukan reset Epson.

Sebaiknya gunakanlah cara manual terlebih dahulu baru kemudian melakukan dengan bantuan aplikasi Epson Adjusmet Program. Hal ini disebabkan cara manual lebih mudah dan cepat dilakukan ketimbang reset dengan bantuan Epson Adjusement Program dimana anda harus terlebih dahulu melakukan instalasi sebelum dapat digunakan.

Cara Reset Epson T1100 Secara Manual

Cara reset Epson T1100 secara manual artinya dilakukan tanpa bantuan software ataupun aplikasi. Dalam melakukan reset manual yang dilakukan adalah menekan tomol-tombol tertentu yang tersedia dengan cara tertentu dan dengan durasi tertentu pula.

Sebenarnya reset Espon T1100 manual telah dijelaskan dalam manual book yang didapatkan dalam paket pembelian printer Epson T1100. Untuk memastikan bagaimana cara reset Epson T1100, anda dapat mengecek terlebih dahulu bagaimana carannya.

Caranya sangat mudah. Anda dapat melakukan reset Epson T1100 dengan cara berikut ini:

  1. Pertama cabut kabel printer lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu pasang kembali kabel printer agar terhubung.
  2. Hidupkan printer lalu tekan tombol power dan tombol resume selama 5 detik lalu lepaskan.
  3. Selanjutnnya ulangi kembali dengan menekan tombol power dan resume namun kali ini hanya 3 detik saja lalu setelah itu lepaskan kembali.
  4. Secara otomatis printer akan melakukan reset selama beberapa menit.

Jika proses reset telah selesai dilakukan maka printer akan kembali ke pengaturan default. Masalah printer yang tak dapat melakukan print dan merespon perintah akan teratasi. Lakukan pengetesan dengan melakukan print.

Jika seandainya cara manual ini masih tak dapat mengatasi masalah error dan kedipan pada lampu indikator maka anda dapat melakukan reset dengan cara menggunakan bantuan software.

Cara Reset Printer dengan Menggunakan Software

Selain dengan cara manual, reset printer juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi atau software khusus yang dirancang untuk melakukan reset printer yang bernama Epson Adjustment Program.

Cara ini dapat digunakan apabila cara reset manual yang sebelumnya dijelaskan tak membuahkan hasil. Berikut ini langkah-langkah melakukan reset Epson T1100:

  1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi resetter nya: https://drive.google.com/open?id=1tyQRG7mDCGBBmbjGstsdqFK6ld7DZapW
  2. Ekstrak file yang sudah didownload lalu jalankan file Adjprogcracked.exe
  3. Setelah aplikasi terbuka maka klik select lalu pilih tipe printer kita yaitu T1100 lalu klik Ok.
  4. Klik Particular Adjusmet Mode.
  5. Pilih Waste Ink Pad Counter lalu klik Ok.
  6. Setelah itu centang bagian Main pad counter lalu klik Check.
  7. Akan muncul jendela popup. Klik Ok.

Setelah melakukan beberapa langkah-langkah diatas maka reset printer Epson T1100 segera dimulai. Tak seperti reset manual, reset menggunakan aplikasi ini hanya memakan waktu sebentar saja.

Setelah proses reset selesai dilakukan maka selanjutnnya akan muncul pemberitahuan untuk mematikan komputer. Selanjutnya matikan komputer lalu hidupkan kembali.

Setelah menyala maka printer anda sudah selesai tereset dan printer sudah dapat digunakan seperti seida kala. Tak ada lagi kedipan pada lampu indikator seperti yang mucnul sebelumnya.

Untuk memastikan apakah printer anda sudah benar-benar siap untuk digunnakan, cobalah untuk melakukan print. Seharusnya printer sudah dapat bekerja normal seperti sedia kala. Sebab semua proses reset yang dilakukan akan mengembalikan sistem printer Epson T1100 seperti baru dibeli dari toko.

Jika seandainya kedipan lamu masih ada, masih tak merespon perintah yang diberikan, dan tak dapat melakukan print maka ada kemungkinan masalahnya bukan terletak pada bagian softwarenya melainkan pada bagian hardwarenya.

Jika masalah terdapat pada hardwarenya maka itu artinya ada bagian tertentu pada printer yang mengalami masalah sehingga perlu diganti atau diperbaiki. Oleh sebab itu disarankan untuk membawanya ke teknisi, service center, atau tukang servis terdekat untuk mendapatkan penanganan yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.