Cara Reset Printer Epson L220

Posted on

Epson Technical SupportPrinter Epson adalah jenis printer terpopuler saat ini. Kepopuleran ini bisa didapatkan karena kualitas printer Epson yang unggul. Meskipun Epson L220 memiliki segudang keunggulan namun Epson L220 tak akan lepas dari masalah error yang bisa saja terjadi kapan saja. Ini tentunya membuat pemiliknya tak mampu mencetak dokumen apapun.

Jika saat ini anda mengalami masalah pada printer anda sehingga membutuhkan tindakan reset maka anda datang pada tempat yang tepat sebab disini kami akan jelaskan secara lengkap bagaimana cara reset printer Epson L220.

Sekilas Tentang Printer Epson L220

Epson L220 hadir untuk melengkapi kekurangan dari printer seri sebelumnya. Tentunya yang dihadirkan dalam printer Epson L220 ini adalah teknologi unggulan yang terbaru. Jenis printer ini adalah yang paling laris dipasaran yang sampai dijuluku sebagai Printer All In One terbaik di dunia.

Julukan ini memang pantas disematkan pada printer Epson L220 sebab printer ini mempunyai banyak keunggulan dari segi fitur, harga dan kemampuannya. Diantara kelebihan utama printer Epson L220 adalah kemampuan cetaknya yang tinggi yaitu 27 lembar per menit, hemat tinta, dan hasil cetak yang beresolusi tinggi. Ini adalah kombinasi yang pas untuk sebuah printer yang sempurna yang ada di dalam Epson L220.

Penyebab Printer Epson L220 Berkedip

Seberapa awetnya printer kita tergantung dari bagaimana perawatan kita terhadap printer tersebut. Apabila kita merawat dan memperlakukan printer Epson L220 kita dengan baik maka printer Epson L220 akan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Jika penggunaan printer dengan salah dan sembarangan maka sudah dapat dipastikan bahwa printer Epson L220 tak akan bertahan lama, cepat rusak, dan memerlukan penggantian spare part baru di beberapa bagian.

Meskipun demikian tak dapat dipunkiri bahwa printer Epson L220 kita telah mengalami masalah yang dicirikan dengan munculnya kedipan pada printer yang disetai dengan tidak dapat merespon perintah dari komputer dan tak dapat memprint sebagaimana mestinya.

Kedipan dapat terjadi apabila terdapat masalah pada printer baik itu dari sisi software maupun dari hardwarenya. Dalam kebanyakan kasus masalah kedipan seperti ini lebih disebabkan oleh waste ink full sehingga pembuangan tinta menjadi penuh.

Sebenarnya ini adalah hal yang wajar sebab setiap printer ada masanya dimana ia harus dilakukan pensetingan ulang jika telah mencapai waktu tertentu atau telah mencapai sekian ribu lembar pencetakan.

Reset yang dilakukan nantinya akan membuat sistem kembali seperti awal yaitu mulai penghitungan dari 0 kembali. Reset ini seperti peremajaan yang akan membuat printer seperti baru dari toko dan dapat bekerja normal.

 

Dua Cara Reset Printer Epson L220

Printer dengan merek Epson dan Canon biasanya harus dilakukan reset untuk periode tertentu atau dalam jumlah cetak tertentu termasuk printer Epson L220 agar dapat berfungsi dengan baik.

Agar tak terjadi kesalahan yang dapat membuat printer menjadi semakin rusak maka anda butuh panduan yang dapat memandu anda melakukan reset printer. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara reset Epson L220.

Jika anda mengetahui cara reset printer sendiri maka tentunya anda tak perlu membawanya ke teknisi hanya karena mengalami lampu berkedip. Jika cara ini berhasil tentunya anda sudah menghemat waktu dan biaya serta dapat menambah pengetahuan dan pemahaman anda terhadap printer.

Cara melakukan reset printer Epson L220 sendiri ada dua cara yaitu cara manual dan juga dengan menggunakan bantuan software resetter. Anda dapat menggunakan cara pertama terlebih dahulu secara manual lalu mencoba dengan bantuan software jika cara pertama tidak berhasil.

Cara Reset Printer Epson L220 Manual

Reset printer Epson L220 secara manual artinya saat melakukan reset yang digunakan adalah dengan cara menekan tombol-tombol tertentu yang ada di printer dengan cara tertentu dan dengan durasi tertentu. Reset secara manual berarti tanpa bantuan aplikasi atau software.

Sebenarnya reset printer Epson L220 sudah ada dalam buku panduannya. Anda dapat membuka dan membacanya kembali jika ingin memastikan cara reset printer Epson L220.

Bisa dibilang cara reset printer secara manual adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan sebab anda tak perlu repot-repot mendownload, menginstall, dan melakukan konfirugasi di PC, laptop, atau komputer anda.

Berikut cara reset printer Epson L220:

  1. Pertama matikan printer anda lalu cabut kabel power printer setelah itu diamkan selama 5 menit.
  2. Selanjutnya pasang kembali tombol power setelah itu nyalakan. Tunggu hingga printer menyala dengan sempurna.
  3. Selanjutnya tekan dan tahan tombol resume yang berbentuk logo tinta selama 5 detik setelah itu lepaskan.
  4. Ulangi kembali dengan menekan lalu menahan tombol resume selama 3 detik lalu lepaskan.

Setelah melakukan cara diatas maka printer anda akan melakukan proses reset. Tunggu hingga printer selesai melakukan reset. Jika cara diatas berhasil maka lampu indikator yang awalnya berkedip-kedip tak akan lagi berkedip dan printer sudah dapat bekerja normal sedia kala.

Namun jika seandainya cara reset printer Epson L220 diatas ternyata belum berhasil maka anda dapat mencoba cara kedua yaitu dengan menggunakan bantuan software khusus untuk melakukan reset rpinter L220.

Cara Reset Printer Epson L220 dengan Software

Reset printer Epson L220 bisa juga dilakukan dengan bantuan software khusus yang diprogram untuk melakukan reset printer Epson L220 ke setingan awal. Cara ini dapat anda lakukan jika cara sebelumnya dengan cara manual ternyata gagal. Berikut ini cara reset printer Epson L220 dengan software:

  1. Pertama nyalakan terlebih dahulu printer Epson L220 anda.
  2. Setelah itu hubungkan dengan kabel konektor ke port USB komputer.
  3. Download Epson Adjusment Program dengan membuka link berikut ini: https://drive.google.com/file/d/1383sFWQYhxLeyn7zmJLWzX7NkWZ9znCw/view setelah itu instal dan jalankan aplikasi.
  4. Jendela pertama akan muncul Epson Adjusment Program. Klik select.
  5. Pada bagian Model Name, isikan L220.
  6. Setelah itu pilih Waste Ink pad counter.
  7. Pada jendela waste ink pad counter, beri centang pada bagian main pad counter. Setelah dicentang maka akan terlihat jumlah halaman yang telah dicetak oleh printer yang telah mencapai maksimumnya yaitu 6207.
  8. Setelah itu klik Initialize. Nantinya akan muncul jendela baru, klik OK.
  9. Matikan printer lalu nyalakan kembali.

Printer anda sudah kembali normal seperti sedia kala. Sekarang printer tak lagi berkedip seperti sebelumnya. Printer sudah bekerja dengan normal.

Namun jika seandainya anda telah mencoba melakukan reset dengan cara manual dan juga dengan bantuan software namun kedipan tak hilang dan juga printer masih tak dapat digunakan maka ada kemungkinan yang menjadi penyebab utamanya adalah terjadi masalah pada hardware atau perangkat kerasnya.

Jika sudah seperti itu maka cobalah untuk mengunjungi service center terdekat untuk ditangani dengan teknisi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.