Review realme Narzo 50A (50 Megapixel, 2 juta-an)

Posted on

Realme Narzo 50A! HP entry level baru dari realme ya, yang harganya 2 juta, dan dijualnya khusus online aja. Soalnya kalau Narzo kan memang kayak gitu ciri khasnya, biar bisa neken biaya marketing, terus distribusi, promotor, toko.

Biaya yang bisa nambah harga jual, dipotong. Jadi biasanya value dari seri Narzo itu lebih tinggi dari seri realme lain yang ada dijual di offline juga. Di Narzo 50A juga gitu, ada bagian yang dinaikin dikit biar lebih value for money lagi, tapi tetep, harga nggak bohong ya. Sebagai HP 2 juta, jati diri entry level dari HP ini masih berasa kuat.

Review realme Narzo 50A

DESAIN

Kayak dari desainnya! Ya ini desain standar HP basic lah. Keliatan dari layarnya yang masih pake model poni, bahan bodinya juga jelas kebuat dari polikarbonat semua. Kebanyakan HP 2 juta juga gitu.

realme Narzo 50A design

Cuma disini realme masih keliatan mikir lah, gimana cara mereka bisa berasa beda dari HP lain. Dan hasilnya… Sepetak bidang hitam yang ada di belakangnya ini. Biar kalau diliat dari jauh, si Narzo 50A ini berasa kayak HP mahal zaman sekarang, yang modul kameranya gede-gede!

Padahal kalau diliat dari deket, ya sebenernya modul kameranya biasa aja, ada 3 kamera ditambah 1 LED flash, terus sisa ruangnya dikasih tulisan Narzo, design by realme, dan Matrix AI Camera. Ya, branding keren-kerenan gitulah!

Di pojok kanan bawahnya juga sekalian dimasukin sensor sidik jari ya, biar bagian belakang HPnya bisa keliatan bersih, nggak ada cekukan lagi. Ini cara yang cerdik sih. Bikin HPnya keliatan beda lah.

 

Oh iya, di belakangnya ini juga keliatan kayak ada garis-garis gelombang ya di sebelah kiri, ini cuma tipuan mata aja sebenarnya, kalau dielus… Dia itu rata kok. Jadi.. ya cuma tipuan, cuma motif aja, nggak ada gelombang beneran.

realme Narzo 50A green

Buat warna HP yang kita bahas kali ini, namanya Oxygen Blue, ada juga 1 varian lagi yang agak kehijauan, itu namanya Oxygen Green. Buat kelengkapan portnya, di sebelah kanan HP ini ada tombol power + volume, di atas nggak ada apa-apa, di kiri ada triple slot SIM yang bisa nampung 2 kartu nano SIM sama MicroSD, dan di bawah ada headphone jack, ada mikrofon, port USB type C, dan speaker mono. HP ini masih belum support NFC. Jadi, tipikal kelas entry level banget.

LAYAR

Spek dari layarnya juga gitu, ngikutin pasar aja. Selain model poninya tadi, resolusi layar 6.5 inci dari Narzo 50A juga masih dijaga realme di HD 720p, dan refresh ratenya di 60Hz. Memang sih, kualitas warna yang dikasih layarnya udah enak diliat.

realme Narzo 50A layar

Buat orang yang udah kebiasa ngeliat layar 720p, juga nggak bakal ada masalah sama layar ini. Tapi di awal, saya kayak ngarep gitu kalau Narzo 50A ini bisa ngasih layar Full HD, karena tren HP 2 juta sekarang udah mulai ngarah kesana ya.

Narzo 50A ini masih main aman aja. Bagian yang bener-bener diandalin oleh Narzo 50A ini… ada di bagian mesinnya. Jadi HP ini pake chipset MediaTek Helio G85 ya, yang udah lumayan lama jadi andalan berbagai HP, karena performanya memang solid. Bahkan… sampe sekarang pun masih ada HP 3 jutaan yang pake chipset kayak gini.

Di Narzo 50A ini… dia ditawarin dengan harga 2 juta. Jadi lumayan menarik lah! Chipsetnya tadi dikombinasiin sama RAM 4GB, dan pilihan memori internal 64/128GB. Performa yang dikasih memang pasti bikin hepi sih, buat main game-game yang populer kayak Mobile Legends, mau kita setting gamenya mentok kanan pun udah pasti stabil di 60fps, dengan suhu HP yang tetep adem.

Buat PUBGM, main di settingan mentok smooth ultra pun, bisa stabil dan suhunya tetep adem. Aman banget! Keunggulan HP yang layarnya 720p gini.

PERFORMA & BATERAI

Ya pasti soal performa ya: Mesinnya bagus, dikasih beban yang enteng ya udah… Over, terlalu enak… Wuzz wuzz langsung… Konsumsi batere 6000mAh-nya pun nggak kerasa boros. Dipake seharian udah pasti aman kalau buat sosmedan, yang enteng-enteng aja itu… mungkin bisa 2 hari kalau kita pakainya biasa aja.

realme Narzo 50A performance

Dipake buat main Mobile Legends setengah jam dia kemakan 6%, main PUBGM setengah jam 8%. Dan buat sekedar ngetes aja,  ini saya ada main Genshin Impact, tugas yang berat banget, setelah setengah jam, dia kemakan 10% aja.

Tapi ya ini buat tes ya, karena kalau buat pemakaian nyatanya, main Genshin Impact di HP ini kurang nyaman lah. Yang berat-berat gitu udah kurang narik. Pas idle atau jalan-jalan doang, memang masih bisa dapet di 30fps.

Tapi kalau udah berantem, itu frame ratenya bakal drop ke sekitar 20 fps aja. Jadi jangan paksain HP entry level buat main sekenceng itu. Mau si HPnya punya fitur Pro Gamer pun, walaupun namanya sekeren itu, tetep jangan dipaksain.

Biarlah kita yang pro aja. Fiturnya nggak usah kayak gitu. Walaupun ada yang ngasih sedikit efek sih, efek yang positif bikin gamenya lebih minim stutter, tapi rata-rata frame rate tetep mirip.

Oh iya, masih soal batere, karena kapasitasnya lumayan gede, durasi ngecasnya juga lumayan lama. Walaupun chargernya itu udah fast charging 18 Watt, tapi itu buat ngisi 45% aja, dia butuh waktu 1 jam.

Dan buat penuh, dia butuh waktu 2 jam 50 menit. Bukan termasuk waktu yang cepet sih… Nah, sementara buat kameranya sendiri… kesan awal saya sih lumayan wow ya, pas tau angka megapixelnya sampe 50MP!

Walaupun dia cuma ditemenin sama kamera makro 2MP + kamera black and white, ya jadi serasa punya kamera 1 doang, tapi ya udahlah. Kalau kamera utamanya bagus, worth it. 50MP! Tapi lagi lagi, pas liat hasil fotonya… jadi dibikin inget lagi sama kelas harganya.

Buat motret di luar ruangan, fotonya masih keliatan bagus, dengan warna yang lumayan hidup dan ketajeman yang agak dinaikin dibanding aslinya.. Terus Dynamic range juga masih lumayan ngangkat, dengan catetan kita harus idupin mode HDRnya. Udah Oke!

Tapi kalau kita udah bawa ke suasana remang, malam hari, kameranya langsung kena mental. Kalau nggak pake Night Mode, detilnya hilang semua, noise banyak… hasilnya nggak bagus. Harus wajib pake banget pake Night Mode, biar hasilnya jadi lebih mendingan. Lebih enak diliat. Tunggu agak lama dikit nggak masalah buat processing-nya.

Paling detail-nya aja yang tetep halus, karena dari awal memang nggak bisa narik sampai sana.

KAMERA

Buat video kamera depannya, dia bisa ngerekam di resolusi 1080p 30 fps. Jadi, Full HD! Kalau dilihat di sini… pas sudah agak remang dikit dia mulai muncul noisenya. Tapi kalau di keadaan terang, ya ini kelihatan lebih tajem sih. Rambutnya, woah rambutnya kelihatan sehelai-helai, detail.

realme Narzo 50A kamera

Kesimpulan saya soal realme Narzo 50A. Ekspektasi saya lumayan tinggi sih sama HP ini. Sebagai penyandang nama Narzo, ya wajarlah, saya udah mikir bakal sejauh apa bedanya sama HP 2 juta lain. Tapi… Yah… Ternyata di sini realme main aman aja.

Kalau dibandingin sama HP-HP 2 juta lain, feel dari Narzo 50A ini kerasa sama aja, nggak ada bagian yang bikin dia keliatan lebih bersinar, Jauh! Palingan desain belakangnya ini yang lumayan narik mata. Dan performa gamingnya yang bakal bikin hepi, karena dipastiin bakal lancar buat main game mainstream.

Tapi sisanya, ini adalah HP 2 juta yang standar aja, mulai dari desainnya, layarnya, kameranya. HP ini cocok buat anda yang nyari HP yang banyak dipake buat main game, atau yang baterenya awet. Tapi kalau nyari HP yang all rounded, ini kurang oke sih… Demikian review saya buat Realme Narzo 50A.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.