Cara Reset Printer Canon IP2770

Posted on

Salah satu masalah yang kerap muncul bagi pengguna printer Canon Canon IP2770 adalah munculnya kedipan pada lampu indikator sebagai tanda terjadinya masalah pada printer Canon IP2770 ini.

Jika sudah begitu maka segala macam perintah yang diberikan taka akan direspon dan tak dapat digunakan untuk apapun.

Jika anda mengalami masalah diatas, jangan khawatir sebab dalam artikel ini akan diulas secara lengkap cara mengatasinya.

Perlu diketahui juga bahwa kedipan pada printer Canon IP2770 bukan pertanda rusak namun merupakan tanda printer Canon IP2770 perlu dilakukan reset ulang. Jika sudah direset ulang maka printer akan kembali menjadi normal.

Sekilas Tentang Printer Canon IP2770

Sekilas Tentang Printer Canon IP2770

Printer Canon IP2770 memiliki desain yang ringkas dan pas untuk ditempatkan dimanapun. Dari sisi peforma, printer Canon IP2770 memiliki kecepatan mencetak hingga 7ipm dan 4,8 untuk yang berwarna. Printer ini mampu mencetak tanpa margin dengan pilihan borderless.

Dengan harga hanya 600 ribuan saja, printer ini sudah dilengkapi dengan teknologi Print Head Fine yang mampu menghasilkan gambar yang jelas, detail, dan tampak prfesional.

Tenaga yang dibutuhkan hanya 11 wat sajadan 0,7 watt saat mode siaga. Ini tentunya sangatlah hemat sekali.

Ini adalah printer yang sangat cocok untuk digunakan di kantor maupun di rumah untuk kebutuhan pribadi.

Salah satu keunggulan lainnya dari printer Canon IP2770 ini adalah sparepart yang cukup kokoh sehingga tak mudah rusak seperti Roll paper, Vacum, sensor, mainboard, dan lainnya.

Mengapa Printer Canon IP2770 Harus Direset?

Printer merek Canon dan Epson mempunyai keunikan dimana dalam priode tertentu printer ini harus direset. Ini terjadi karena waste ink full atau counter pembuangan tinta telah penuh.

Reset ini dilakukan ketika printer telah mencapai masa pakai tertentu atau telah mencetak kertas dalam jumlah tertentu. Reset dilakukan agar semua setelan kembali seperti semula. Penghitungan priode masa pakai atau jumlah cetak akan kembali ke 0.

Sistem ini dibuat oleh Canon untuk menjaga agar kualitas cetak senantiasa baik dan sistem akan diperbarui setiap masa penggunaan tertentu. Dan efeknya tentu saja printer Canon anda akan menjadi semakin awet dan kualitas cetaknya akan terus terjaga.

Dua Tahap Reset Printer Canon IP2770

Untuk dapat melakukan reset pada printer Canon IP2770 cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan. Meskipun terbilang cukup mudah namun pastikan anda melakukannya dengan benar agar tak ada masalah besar yang muncul akibat keteledoran.

Panduan cara reset printer Canon IP2770 ini dibuat untuk anda agar dapat melakukan reset printer Canon IP2770 dengan benar yang disertai langkah-langkah yang mudah dipahami untuk diikuti.

Saat anda telah mengetahui cara reset printer Canon IP2770 maka anda tak perlu menguras waktu serta uang untuk mendatangi tukang service printer. Selain itu anda menjadi lebih tahu cara melakukan reset printer Canon jika anda mengalami masalah yang sama nantinya atau sekedar menolong orang lain.

Printer Canon IP2770 sendiri dapat direset dengan dua tahap, pertama dengan mengaktifkan service mode dan yang kedua melakukan reset printer itu sendiri. Cara manual adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan dan sebaiknya anda lakukan dengan cara manual terlebih dahulu.

Cara reset printer Canon IP2770 secara manual lebih mudah sebab tak perlu melakukan download, instal, dan melakukan konfirugasi yang cukup merepotkan.

Cara Reset Printer Canon IP2770 Tahap 1

Cara Reset Printer Canon IP2770 Tahap 1

Cara melakukan reset manual dilakukan dengan cara menekan tombol tertentu pada printer Canon IP2770 dalam durasi dan cara tertentul

Sebenarnya langkah-langkah yang akan dijelaskan disini telah dijelaskan dalam manual book yang didapatkan dalam paket pembelian printer Canon IP2770. Bukalah maual book milik anda untuk memastikan langkah-langkahnya.

Adapun langkah-langkah reset printer Canon IP2770 secara manual adalah sebagai berikut:

  1. Matikan printer dengan tombol power. Pastikan kabel printer terpasang.
  2. Tekan dan tahan tombol power dan resume selama 5 detik hingga lampu indikator berubah menjadi berwarna hijau.
  3. Setelah lampu indikator berwarna hijau, lepas tombol resume sembari tetap menekan tombol power.
  4. Tekan kembali tombol resume sebanyak 5 kali. Selama proses menekan ini maka lampu indikator akan berubah menjadi hijau dan oren.
  5. Setelah itu lepas semua tombol/
  6. Selanjutnya lakukan tahap reset printer.

Cara Reset Printer Canon IP2770 Tahap 2

Cara Reset Printer Canon IP2770 Tahap 2 - Service Tool v3400

Jika anda telah melakukan tahap 1 maka selanjutnya lakukanlah tahap 2 sebagai berikut:

  1. Masukan dua kertas kosong pada printer.
  2. Setelah itu lakukan pengunduhan aplikasi reset printer Canon IP2770 disini: https://drive.google.Com/open?id=1sfjB8tq_jqfYIf_m_iZRfVMWDvCUJ6hq
  3. Selanjutnya lakukanlah ekstrak dan buka folder Service Tool v3400. Di dalam folder ini terdapat file yang bernama Service Tool v3400.exe.
  4. Pada bagian Clear Ink Counter, ubah Absorber menjadi main, lalu klik SET.
  5. Selanjutnya pada bagian Ink Absorber Counter, ubah Absorber menjadi main, lalu klik SET.
  6. Klik EEPROM dibagian atasnya lalu printer akan hidup dan melakukan print.
  7. Jika sudah selesai melakukan print, matikan lalu hidupkan kembali.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas maka printer akan seperti kondisi baru lagi. Printer akan mulai menghitung jumlah cetak dari 0 lagi dan keadaan sistem seperti baru keluar dari pabrik.

Jika anda tak berhasil melakukan langkah diatas, silahkan ulangi dan jangan sampai ada bagian yang terlewat.

Jika memang tidak kunjung berhasil, barangkali masalahnya bukan terletak pada sistemnya melainkan pada hardwarenya. Jika sudah begitu maka printer harus dibawa ke teknisi untuk perbaikan lebih lanjut.

Memang printer Canon IP2770 adalah printer yang awet, namun meskipun demikian bukan berarti sepenuhnya kebal terhadap segala macam masalah yang umum dialami kebanyakan printer.

Sama seperti barang elektronik lainnya, printer Canon IP2770 juga harus senantiasa dijaga dan dirawat. Berikut ini cara merawat printer Canon IP2770.

Cara Merawat Printer Canon IP2770

1. Gunakanlah printer Canon IP2770 Secara Rutin

Cara merawat printer Canon IP2770 paling mudah adalah dengan senantiasa menggunakannya. Saat menggunakan printer Canon IP2770 ini maka spare part aan saling bergerak dan pelumasnya akan melumasi bagian-bagiannya. Ini menjadikan kinerja printer akan halus dan mencegah kerusakan.

Alasan printer Canon IP2770 yang jarang digunakan cepat rusak adalah karena pelumasnya akan hilang jika tak digunakan sehingga kinerja printer akan tersendat bakan mengalami kerusakan serta patah.

2. Jangan mencetak dalam jumlah banyak sekaligus

Jangan mencetak dalam jumlah besar sekaligus sebab itu akan membuat printer cepat panas dan rentan mengalami kerusakan. Mencetak printer secara berangsur dapat memberikan kesempatan kepada gear untuk menjadi dingin terlebih dahulu. Disarankan untuk mencetak 25 lembar dengan jeda beberapa menit.

3. Rutin mengganti selang Infus

Semakin lama selang infus printer Canon IP2770 digunakan maka akan semakin menurun kualitasnya maka sangat penting untuk segera mengganti selang infus sebelum timbul masalah.

Penggantian rutin pada selang infus akan menjaga printer agar tak menjadi rusak. Semakin kental jenis inta yang dipakai maka semakin sering pula printer harus diganti selangnya.

Jika anda menggunakan tinta yang kental seperti art paper, pigment, dan sublim maka gantilah setiap 5 hingga 6 bulan sekali.

Sedangkan jika anda menggunakan tinta cair seperti tinta dye based atau anti UV maka cukup ganti hanya 1 tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.