2 Cara Reset HP Samsung A10 dengan Mudah!

Posted on

Samsung adalah vendor smarphone yang menghadrikan ponsel yang berkualitas. Banyak diantara penggemar HP Samsung mengunggulkan keawetannya. HP samsung sangat dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari.

HP Samsung juga menjadi vendor smartphone yang mengunggulkan kualitas produknya. Dengan spesifikasi yang unggul dan ditopang oleh fitur yang mumpuni menjadikan Samsung salah satu perusahaan ponsel terbaik di dunia.

Namun sekalipun HP Samsung memiliki kualitas yang sangat bagus, namun tetap saja HP Samsung dapat menghadapi sejumlah masalah. Diantara cara mengatasi masalah Pada HP Samsung adalah dengan melakukan Reset.

Sekilas Tentang HP Samsung A10

HP Samsung A10

Samsung mempunyai tampilan yang sangat bersih dan memiliki layar yang besar karena bazelnya yang tipis. Dengan body tebal mengkilap menjadikan HP Samsung A10 cukup elegan. Dan nyaman digenggam.

HP Samsung A10 ini sangat ideal bagi anda yang menggunakan HP untuk aktivitas sehari-hari seperti sosial media, telfon dan hal umum lainnya.

Dengan kamera belakang 13 MP dan dengan kamera depan 5 MP sangat bagus untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Dengan kamera seperti ini, sangatlah memuaskan bagi kalangan menengah kebawah yang menjadi target HP ini.

HP Samsung A10 ini mirip dengan HP seri Galaxy pada umumnya yang mempunyai masa pakai baterai sehingga dapat dilepas dan dipasang. HP Samsung A10 memiliki kapasitas baterai mencapai 3400 mAh.

Memahami Proses Reset HP Samsung A10

Memahami Proses Reset HP Samsung A10

Reset pabrik, atau factory reset, atau lebih dikenal dengan reset adalah tindakan mengatur ulang sistem HP agar kembali ke setelan awal. Disebut factory reset atau reset pabrik adalah karena nantinya HP akan kembali ke pengaturan awal persis seperti pengaturan yang dilakukan oleh pabrik. Artinya sistem ponsel akan seperti baru keluar dari parbik.

Melakukan reset pabrik atau factory reset akan membuat banyak masalah pada HP terselesaikan. Ini adalah salah satu cara untuk memperbaiki banyak masalah HP. Hal ini karena saat melakukan reset, semua data akan terhapus dan pengaturan akan kembali seperti semua.

Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan reset seperti freezing pada HP dimana sesuai dengan namanya, ponsel seolah membeku tak merespon apapun dan tochscreen sama sekali tidak bekerja. Masalah HP tak dapat menelfon dan menerima panggilan juga dapat diatasi dengan reset. Dan pastinya dengan reset maka peforma ponsel akan kembali mejadi jauh lebih baik.

Meskipun reset memiliki banyak manfaat namun reset tak boleh dilakukan terlalu sering karena justru akan dapat merusak sistem pada ponsel. Reset juga mempunyai sejumlah resiko yang disebut dengan bootloop. Bootloop adalah keadaan saat HP gagal melakukan booting sehingga HP menjadi error. Error ini cukup berbahaya sebab dapat merusak bagian sistem HP dan juga dapat merusak hardwarenya. Oleh sebab itu lakukanlah reset dengan benar.

Persiapan Sebelum Reset HP Samsung A10

pencadangan data ke Google Drive

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, reset akan mengakibatkan hilangnya seluruh data di HP maka sebaiknya backup terlebih dahulu semua data yang anda miliki di HP Samsung A10 anda agar tak hilang permanen. Beberapa data yang dapat sebaiknya anda backup adalah file, foto, video, dan dokumen yang anda miliki. Selain itu jangan lupa backup chat dari aplikasi chat. Biasanya aplikasi chat memiliki opsi pencadangan ke Google Drive. Beberapa aplikasi juga mempunyai opsi backup ke Google Drive sehingga data aplikasi tak hilang begitu saja.

Pastikan baterai HP Samsung A10 terisi penuh atau minimal 50% terisi agar proses dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Cara Reset HP Samsung A10 dengan Setingan

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Setingan

Cara reset HP yang pertama adalah dengan melalui menu setingan. Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk dilakukan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Menu pengaturan.
  2. Klik Menari pada bagian pojok kanan atas.
  3. Ketikan Reset.
  4. Klik Reset Data Pabrik lalu klik Reset Perangkat.
  5. Tungguh hingga proses reset selesai dilakukan.

Setelah melakukan cara diatas maka nantinya HP akan terlihat seperti baru pertama kali dihidupkan dimana anda perlu melakukan seringan awal seperti memilih bahasa, sidik jari, login ke akun Google, dan lain sebagainya.

Cara Reset HP Samsung A10 dengan Recovery Mode

Cara Reset HP Samsung A10 dengan Recovery Mode

Selain cara diatas, ada juga cara yang dilakukan yang disebut dengan recovery mode. Recovery mode biasanya dilakukan saat HP mengalami freezing seperti yang dijelaskan sebelumnya, atau saat kuncian pola di HP terlupa. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Nonaktifkan HP Samsung A10 anda.
  2. Tekan tombol volume atas, home dan power secara bersamaan hingga muncul logo Android yang berbentuk robot.
  3. Pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  4. Lalu konfirmasi dengan memilih Yes.
  5. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Setelah itu pilih Rebot System Now. Nantinya sistem akan secara otomatis melakukan restart atau booting.

Manfaat Reset Bagi HP Samsung A10

Dengan melakukan reset maka anda akan memperoleh beberapa manfaat sekaligus bagi HP Samsung A10 anda. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Reset Akan Membuat HP Samsung A10 Semakin Ngebut

Meningkatkan Peforma Android

Pertama, manfaat besar yang anda akan peroleh adalah HP anda akan semakin ngebut. Hal ini terjadi karena saat melakukan reset maka sistem akan menghapus seluruh data yang ada. Karena data telah terhapus maka nantinya memori HP akan semakin luas dan hal ini akan berdampak pada peforma HP yang meningkat tajam.

Sebagian orang bahkan melakukan reset dengan tujuan ini. Pengalaman yang diperoleh dengan HP yang baru direset sama seperti HP yang baru dibuka dari box nya.

Reset Akan Membuat Hp Samsung A10 Terbebas dari Virus dan Malware

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Manfaat besar lainnya dengan melakukan reset pada HP Samsung A10 adalah hilangnya virus dan malware. Virus dan malware sendiri adalah sistem yang dapat merusak ponsel dan ini sangat menjemukan sebagian orang sebab dapat merusak sistem dan hardware. Sebagian antivirus tak dapat mengatasi virus yang terus bermutasi ini apalagi antivirus gratis.

Masalah bersarangnya virus dan malware dapat diatasi dengan melakukan reset. Sebagaimana yang dijelakan diawal bahwa reset dialkukan dengan menghapus data di HP. Virus dan malware sendiri adalah sekumpulan data algoritmik yang bekerja secara indipenden. Reset akan menghapus virus dan malware sehingga HP anda akan terbebas dari malware dan virus setelah dilakukan reset.

Kesimpulan

Apabila HP Samsung A10 anda bermasalah maka salah satu cara terbaikinya adalah dengan melakukan reset. Melakukan reset artinya menyetel ulang HP ke setelan pabrik. Melakukan reset dapat mengatasi banyak masalah dan error pada HP. Reset dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan melalui menu setingan dan melalui recovery mode. Diantara manfaat melakukan reset adalah menghilangkan malware dan virus serta dapat meningkatkan peforma HP.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan reset HP Samsung A10.

Leave a Reply

Your email address will not be published.