2 Cara Reset HP Xiaomi 6A dengan Mudah!

Posted on

Xiaomi merupakan vendor smartphone yang menawarkan smartphone dengan harga yang sangat terjangkau. Namun meskipun demikian spesifikasi yang ditawarkan sangat mumpuni. Karena itulah Xiaomi merajai pasar ponsel di Indonesia.

Salah satu smartphone yang dikeluarkan oleh Xiaomi adalah Xiaomi 6A. Meskipun ponsel Xiaomi 6A sangat mumpuni dari beragam segi namun bukan berarti HP Xiaomi 6A ini tak mengalami masalah apapun. Sama seperti kebanyakan smartphone lainnya, Xiaomi 6A ini pun kerap mengalami beragam masalah yang harus segera ditangani.

Salah satu cara penanganan beragam masalah yang muncul di HP Xiaomi 6A adalah dengan melakukan reset. Melakukan reset artinya mengembalikan setelan HP Xiaomi ke setelan pabrik.

Sekilas Tentang Xiaomi 6A

Sekilas Tentang Xiaomi 6A

Xiaomi 6A mempunyai desain yang terlihat mewah meskipun tergolong dalam low-end. Sepintas bahan yang digunakan seperti berbahan baja meskipun sebenarnya menggunakan polycarbonate. Meskipun spesifikasinya cukup mumpuni namun cukup ringan dan nyaman digenggam.

Xiaomi 6A dilengkapi dengan RAM berukuran 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB. Bisa dibilang untuk saat ini memori ini ukurannya cukup kecil namun Xiaomi 6A bisa dilengkapi dengan memori eksternal sampai 256 GB.

Untuk kamera, Xiaomi dilengkapi dengan kamera utama berukuran 13 MP di bagian belakangnya dan 5 MP di bagian depannya. Hasil kameranya cukup bagus dan bisa diandalkan.

Apa Itu Reset?

Apa itu reset

Reset atau factory reset atau disebut juga pemulihan setelan pabrik adalah proses dimana menjadikan HP kembali ke setelan yang persis saat penyetingan yang dilakukan di pabrik. Hal itu berarti nantinya semua data yang ada di dalam smartphone akan dihapus dan semua konfirugasi akan kembali ke keadaan saat pertama kali ponsel keluar dari pabrik.

Reset dilakukan sebagai salah satu cara pemecahan masalah terakhir yang terbukti efektif untuk menyelesaikann masalah yang ada di HP. Proses ini disebut juga pemformatan atau hard reset.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Reset HP Xiaomi 6A

2 Cara Reset HP Xiaomi 6A dengan Mudah

Sebelum melakukan factory reset atau reset pabrik ke HP Xiaomi 6A anda maka ada sejumlah hal yang harus anda parsiapkan yaitu melakukan backup terhadap data penting yang ada di ponsel Xiaomi 6A anda.

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, reset terhadap HP Xiaomi dilakukan dengan menghapus semua data ponsel yang telah tersimpan sebelumnya maka semua data panting yang anda miliki harus “dievakuasi” terlebih dahulu dengan melakukan backup atau pencadangan data ke perangkat lain seperti hardisk, flashdisk, komputer, atau layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive. Ada beberapa data yang tak boleh luput anda cadangkan atau backup antaralain:

  1. Lakukanlah backup terhadap file penting yang meliputi kontak, dokumen, video, foto, dan file lainnya.
  2. Lakukan backup atau pencadangan terhadap chat dari aplikasi pesan seperti WhatsApp.
  3. Cadangkan file aplikasi yang bisa dibackup.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah dalam proses melakukan reset tak boleh dilakukan dengan ceroboh sebab jika terdapat kesalahan sedikit maka dapat berakibat fatal. Masalah yang dapat terjadi saat melakukan reset adalah Xiaomi 6A dapat mengalami bootloo. Bootloop adalah kondisi dimana ponsel gagal melakukan booting. Bootloop dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem HP Xiaomi 6A. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengikuti panduan ini dengan benar.

Cara Reset HP Xiaomi 6A Melalui Menu Setting

Cara Reset HP Xiaomi 6A Melalui Menu Setting

Cara pertama dan termudah untuk melakukan reset HP Xiaomi 6A adalah dengan melalui menu setting. Berikut cara melakukan reset HP Xiaomi 6A:

  1. Pertama buka aplikasi setting.
  2. Setelah itu pilih additional setting.
  3. Pilih menu backup and reset.
  4. Selanjutnya pilih factory reset.
  5. Pilih resest phone kemudian konfirmasi dengan memilih delete.
  6. Terakhir, tunggulah hingga proses factory reset selesai dilakukan. Nantinya perangkat Xiaomi akan selesai direset.

Nantinya akan muncul tampilan yang mirip saat kita pertama kali menyalakan HP Xiaomi 6A. Lakukan pengaturan seperti pertama kali menyalakan HP Xiaomi 6A ini.

Cara Reset HP Xiaomi 6A Melalui Recovery Mode

Cara selanjutnya adalah dengan melalui recovery mode atau juga dikenal dengan nama hard reset. Biasanya orang yang menggunakan cara ini adalah ketika mereka lupa pin atau pola untuk membuka HP. Ini pun dapat menjadi alternatif bagi anda yang kehilangan pin atau pola pembuka HP.

Namun sebelum melakukan tutorial ini maka pastikan bahwa HP Xiaomi 6A anda dalam keadaan baterai terisi penuh atau setidakna terisi minimal 50%. Ini dilakukan agar proses reset dapat berjalan dengan lancar. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Matikan HP Xiaomi anda.
  2. Setelah HP Xiaomi 6A anda mati dengan sempurna, tekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan hingga muncul logo Xiaomi.
  3. Setelah muncul logo Xiaomi maka anda sudah masuk ke mode Mi recovery. Pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Pilih Wipe Data/ Factory Reset lalu pilih Yes.

Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan. Nantinya anda akan kembali ke tampilan awal persis seperti pertama kali menyalakan HP Xiaomi 6A baru.

Manfaat Melakukan Reset HP Xiaomi

Dengan melakukan reset terhadap HP Xiaomi 6A maka akan ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Dapat Menghapus Malware dan Virus yang Bersarang

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Salah satu penyebab utama kerusakan pada HP Xiaomi 6A adalah malware dan virus yang bersarang di dalam ponsel. Secara perlahan namun pasti perangkat Xiaomi 6A yang disusupi oleh malware dan virus akan mengambil sumber daya ponsel.

Secara perlahan peforma ponsel akan semakin buruk bahkan dapat berakibat kerusakan pada hardwarenya. Resiko ini semakin besar dapat terjadi jika HP Xiaomi 6A kerap mengunduh file .apk di Internet.

Dengan melakukan reset maka nantinya tak hanya file yang tak dibutuhkan lagi yang terhapus namun juga malware dan virus yang bersarang di ponsel.

  1. Membersihkan Memori Internal

Reset dilakukan dengan menghapus semua data yang ada di ponsel. Dengan demikian maka ponsel anda akan menjadi semakin lega. Memori internal biasanya digunakan oleh aplikasi untuk menyimpan data-data pengguna. Jika memori internal menjadi lebih luas maka akan semakin banyak data yang dapat disimpan oleh aplikasi.

  1. Melancarkan Kembali Peforma HP

Meningkatkan Peforma Android

Salah satu alasan utama mengapa seseorang melakukan reset HP Xiaomi 6A nya adalah untuk meningkatkan peforma ponselnya. Jika memori internal sudah bersih dari file yang tidak dibutuhkan maka efeknya adalah peforma HP Xiaomi akan meningkat tajam.

Kesimpulan

Melakukan reset HP Xiaomi 6A cukup mudah sekali dilakukan. Ada dua cara utama untuk melakukan reset yaitu melalui pengaturan atau setting dan melalui recovery mode. Terdapat banyak manfaat melakukan reset HP Xiaomi untuk meningkatkan peforma HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.