4 Cara Reset HP Vivo Y93 Dengan Mudah!

Posted on

Vivo adalah salah satu brand ponsel yang kerap meluncurkan HP dengan kualitas yang tinggi. Salah satu HP yang dikeluarkan oleh Vivo adalah HP Vivo Y93. HP Vivo Y93 mempunyai RAM berukuran 4GB, dilengkapi dengan dapur pacu Snapdragon 439 dan dengan harga 2,1 jutaan.

Dengan spesifikasi seperti ini, HP Vivo Y93 dapat digunakan untuk bermain game berat. Namun kali ini kita tak membahas seputar HP Vivo Y93 namun membahas bagaimana cara reset HP Vivo Y93.

Artikel ini dapat menjadi solusi bagi anda yang mendapati HP Vivo Y93 anda bermasalah. Reset sendiri dapat mengatasi bayak masalah pada HP seperti hang, keluar dari aplikasi secara tiba-tiba, lupa PIN lockscreen, tak dapat menelfon atau menelfon, dan lain sebagainya.

3 Cara Reset HP Vivo Y93 Dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Factory reset/ reset pabrik adalah mengembalikan kondisi ponsel seperti pertama kali keluar dari pabrik dengan menghapus semua data dan mengembalikan pengaturannya. Karena itulah reset dapat mengatasi banyak problem pada ponsel. Namun sebelum melakukan reset, sebaiknya lakukanlah backup atau pencadangan data pada HP Vivo Y93 anda yang meliputi dokumen, foto, video, musik, dan file lainnya ke flashdisk, hardisk, komputer, atau ke layanan cloud seperti Dropbox dan Google Map.

Sebelum melakukan reset, pastikan pula baterai ponsel terisi minimal 50%. Tujuannya agar proses reset dapat berlangsung dengan lancar dan ponsel tak akan mati selama proses reset berlangsung sebab hal tersebut akan mengakibatkan ponsel rusak.

Cara Reset HP Vivo Y93 dengan Hard Reset/ Recovery Mode

Cara Reset HP Vivo Y93 dengan Hard Reset

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan recovery mode atau hard mode. Cara ini biasanya dilakukan ketika HP terkunci dan tak dapat dibuka. Selain itu hard reset juga dilakukan saat HP mengalami freezing yang tak merespon apapun. Jika anda mengalaminya hal tersebut, untuk reset anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka menu Setting atau Pengaturan.
  2. Setelah itu cari opsi More Settings atau Pengaturan Lainnya.
  3. Pilih Backup and Reset atau Cadangkan dan Reset.
  4. Untuk Pilih Erase All Data atau Hapus Semua Data.
  5. Centang bagian Format Phone Sotrage lalu tekan Clear Now.
  6. Selanjutnya smartphone akan melakukan reset. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Cara Reset HP Vivo Y93 Melalui Recovery Mode/ Hard Reset

Langkah reset hp Vivo

Cara reset lainnya adalah melalui recovery mode/ Hard Reset. Cara ini biasanya ditempuh saat HP tak merespon/ freezing. Selain itu cara ini juga dilakukan saat lupa PIN lockscreen/ pengunci layar.

Dalam recovery mode, navigasi tak dapat dilakukan dengan menekan layar. Pengaturan hanya dengan tombol Volume Up dan Volume Down untuk pilihan atas dan bawah dan tombol Power untuk memilih.

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, matikan ponsel.
  2. Setelah itu tekan tombol Volume Up, Home, dan Power dengan bersamaan hingga muncul logo Vivo pada layar.
  3. Selanjutnya pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  4. Pilih tombol Power untuk melakukan konfirmasi pilihan.
  5. Pilih Hapus Semua Data lalu konfirmasi.
  6. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Cara Reset HP Vivo Y93 Melalui Kode Dial

Cara ini mungkin adalah cara reset yang paling praktis sebab hanya dengan menggunakan kode dial saja, reset sudah dapat dilakukan tanpa melakukan beberapa langkah yang ribet.

Namun perlu diketahui bahwa tak semua jenis ponsel Vivo dapat menggunakan cara ini. Oleh sebab itu anda dapat mencoba sendiri apakah ponsel anda didukung dengan cara ini atau tidak. Adapun nomor yang perlu diinputkan adalah: # #7780#*#*.

Cara Reset HP Vivo Melalui Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Google Find My Device. Sebenarnya aplikasi Google Find My Device ini adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari ponsel.

Namun dalam fitur aplikasi ini terdapat reset yang sebenarnya untuk mengamankan data kita saat ponsel dicuri agar tak jatuh ke tangan yang salah. Fitur inilah yang nantinya kita manfaatkan untuk melakukan reset.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Google Find My Device melalui komputer lalu login menggunakan akun Google yang sama dengan akun pada HP Vivo Y93 anda.
  2. Setelah itu, masuk ke Android Device Manager lalu pilih Secure & Erase Device.
  3. Resetpun dimulai. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Reset HP Vivo Y93

Reset dapat mengatasi problematika yang dihadapi HP Vivo Y93 namun lebih jauh dari itu, ada hal positif disamping itu. Berikut beberapa manfaat melakukan reset HP Vivo Y93:

  1. Reset dapat Memperluas Memori HP Vivo Y93

Meningkatkan Peforma Android

Keterbatasan ukuran memori selalu menjadi masalah yang dihadapi HP termasuk HP Vivo Y93. Yang menjadi masalah nantinya adalah seringkali kita tak menginstal aplikasi apapun yang terlalu berat serta tak menyimpan banyak file dalam HP, namun tetap saja memori HP tetap cepat penuh.

Sebenarnya setiap aplikasi mengumpulkan data kita. Semakin lama dan sering aplikasi tersebut digunakan maka semakin banyak data kita yang dikumpulkannya. Sebagian data tak disimpan dalam server mereka, hanya disimpan dalam HP Vivo Y93 kita.

Tujuannya adalah agar pemerosesan data menjadi lebih cepat. Namun efeknya dapat justru sebaliknya, banyaknnya data yang tersimpan justru menimbulkan masalah baru.

Reset sendiri seperti yang telah dijelaskan, menghapus semua data pada HP dan inilah mengapa setelah melakukan reset ulang, memori HP akan menjadi lebih luas.

Reset akan menghapus semua data yang telah tak lagi berguna yang berasal dari aplikasi yang telah diuninstal. Jadi jika HP Vivo Y93 anda memiliki memori yang semakin sempit, cobalah melakukan reset untuk memperluas ukuran memori HP Vivo Y93 anda.

  1. Reset dapat Meningkatkan Peforma HP Vivo Y93

Seiring dengan lamanya HP digunakan, semakin menurunlah peforma HP Vivo Y93 kita. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Banyaknya data tak berguna yang tersimpan dalam HP akan menjadikan peforma HP semakin menurun.

Jika data yang menumpuk dibiarkan, masalah pada ponsel akan mulai bermunculan seperti tiba-tiba keluar dari aplikasi, hang, lemot, dan lainnya.

Jadi untuk meningkatkan peforma HP Vivo Y93 salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan reset agar semua data tak berguna terhapus sehingga ponsel dapat melakukan pemerosesan data semakin baik dan peforma HP Vivo Y93 pun dapat meningkat tajam.

  1. Reset dapat Menghapus Virus dan Malware pada HP Vivo Y93

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan reset adalah dapat menghapus malware yang bersarang pada ponsel. Virus dan malware sendiri adalah salah satu faktor utama yang dapat merusak HP.

Virus dan malware dapat berasal dari situs yang kita kunjungi, aplikasi yang kita instal dan dari game yang kita mainkan. Terkadang aplikasi antivirus tak cukup ampuh dalam mengatasi malware ini terutama yang versi bajakan.

Reset secara efektif dapat menghapus virus dan malware sehingga nantinya apabila HP Vivo Y93 anda terdapat virus dan malware dapat hilang setelah reset dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.