4 Cara Reset HP Vivo Y71 Dengan Mudah!

Posted on

Vivo menduduki sebagai salah satu ponsel yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini tak mengherankan sebab Vivo memang mengeluarkan ponsel berkualitas yang cukup diminati di pasaran.

Salah satu merek ponsel keluaran Vivo adalah HP Vivo Y71. HP Vivo Y71 memiliki harga 2 jutaan dengan RAM 3 GB, dilengkapi dengan memori internal 32 GB dengan mesin dari MediaTek. Dengan spesifikasi seperti ini, HP Vivo Y71 dapat digunakan untuk bermain PUBG Mobile dengan sangat puas.

Namun sekalipun HP Vivo Y71 sangat mumpuni dari berbagai segi, namun HP Vivo Y71 tak lepas dari segala macam kendala yang dapat saja menyertainya. Cara mengatasi masalah ini ada berbagai cara, salah satu cara paling ampuh adalah dengan melakukan reset.

Jika HP Vivo Y71 anda mengalami kendala seperti sering hang, tidak dapat melakukan panggilan atau menelfon, muncul suara aneh, sering keluar dari aplikasi secara tiba-tiba, atau masalah lainnya, anda dapat melakuakn reset.

4 Cara Reset HP Vivo Y71 Dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Reset berarti menghapus semua data yang ada di ponsel lalu mengembalikannya ke setelan pabrik saat pertama kali ponsel dirakit. Oleh sebab itu reset sering disebut juga reset factory atau reset pabrik.

Reset sama sekali berbeda dengan restart, sebagaimana namanya, restart berarti memulai kembali. Jadi saat kita memilih restart maka ponsel akan mati lalu hidup kembali. Ini jauh lebih praktis ketimbang menekan tombol power dua kali untuk menghidupkan dan mematikan HP.

Karena reset akan menyebabkan semua data hilang, maka sebelum reset dilakukan sebaiknya lakukan pencadangan data atau backup dengan memindahkan data ke media lain seperti flashdisk, komputer, hardisk, atau ke layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Jangan lupa juga untuk melakukan backup pada aplikasi anda. Misalnya anda punya aplikasi jurnal atau pencatat keuangan, lakukan backup ke Google Drive sebelum melakukan reset agar data aplikasi tersebut tidak hilang. Setelah reset dilakukan, lakukan restore atau pemulihan data agar aplikasi mempunyai data yang sama seperti sebelum reset dilakukan.

Selain itu jangan lupa untuk memastikan bahwa baterai ponsel tak kurang dari 50 persen agar HP Vivo Y71 tak mati saat proses reset sedang berlangsung. Ponsel mati saat melakukan reset cukup berbahaya bagi ponsel.

  1. Reset Melalui Pengaturan

Langkah reset hp Vivo

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu melakukan konfigurasi pada bagian pengaturan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, buka menu Settings atau Pengaturan.
  2. Cari opsi More Settings atau Pengaturan Lainnya.
  3. Pilih Backup and Reset atau Cadangkan dan Reset.
  4. Selanjutnya pilih Erase all data atau Hapus semua data.
  5. Centang pada bagian Format phone storage lalu klik Clear Now.

Setelah itu ponsel akan melakukan proses reset secara otomatis. Tunggu hingga proses selesai dilakukan. Selanjutnya ponsel akan melakukan restart secara otomatis.

Setelah menyala, ponsel telah berhasil dilakukan reset dan dapat dilakukan pengaturan layaknya HP baru.

  1. Cara Reset HP Vivo Y71 dengan Recovery Mode/ Hard Mode

Cara Reset HP Vivo Vivo Y71 dengan Recovery Mode

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah reset dengan recovery mode atau sering juga disebut hard mode reset alias reset paksa. Reset ini dapat dilakukan tanpa perlu membuka pengaturan, bahkan tanpa perlu membuka pola.

Oleh karena itu, reset melalui recovery mode/ hard mode seringkali dilakukan saat lupa sandi pembuka lockscreen (pengunci layar) atau saat HP Vivo Y71 mengalami freezing yang tak merespon apapun.

Jika anda ingin melakukan reset HP Vivo Y71 dengan recovery mode/ hard mode bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama matikan HP Vivo Y71 anda.
  2. Kemudian klik Volume Up, Home, dan Power secara bersamaan.
  3. Tunggu sampai muncul logo Vivo pada laya. Setelah itu anda akan masuk ke recovery mode. Dalam mode ini, pengaturan hanya dapat digerakan menggunakan Volume Down, Volume Up dan tombol Power.
  4. Pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  5. Pilih Hapus semua data pengguna lalu konfirmasi.
  6. Nantinya proses reset akan berjalan. Tunggu hingga proses selesai.
  1. Cara Reset HP Vivo Melalui Kode Dial

Salah satu keunikan dari HP Vivo adalah, anda dapat melakukan reset hanya dengan menggunakan kode dial. Ini jauh lebih praktis daripada cara sebelumnya. Sekalipun demikian, tak semua HP Vivo mendukung cara ini. Jadi silahkan coba sendiri untuk mengeceknya dengan menekan tombol dial: # #7780#*#*

  1. Cara Reset HP Vivo Y71 Melalui Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara Selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi dari Google yang bernama Google Find My Device. Fungsi utama aplikasi Google Find My Device sebetulnya adalah untuk mencari ponsel yang telah hilang. Namun salah satu fitur yang tersedia dalam aplikasi ini adalah reset.

Reset menjadi salah satu fitur dalam aplikasi ini untuk melindungi data pengguna. Pengguna yang HP telah dicuri maka ada kerentanan datanyapun dapat dicuri. Oleh sebab itu dengan reset maka data akan dapat dihilangkan untuk mencegah data jatuh di tangan yang salah.

Fitur inilah yang akan kita manfaatkan untuk melakukan reset. Langkah yang perlu dilakukan cukup sederhana. Anda dapat melakukan langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka Google Find My Device di komputer lalu pastikan bahwa anda login menggunakan akun Google yang sama dengan ponsel yang hendak direset.
  2. Kemudian masuklah ke Android Device Manager lalu pilih Open Secure & Erase Device.
  3. Klik Erase Device lalu konfirmasi.
  4. HP mulai melakukan reset, tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Reset pada HP Vivo Y71

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, reset dapat mengatasi banyak masalah pada ponsel. Namun disamping itu, reset juga mempunyai manfaat yang besar pula berikut diantaranya:

  1. Menghapus Malware dan Virus pada HP Vivo Y71

Malware dan virus adalah salah satu faktor yang membuat ponsel menjadi cepat rusak. Virus dan malware bisa datang dari aplikasi yang kita instal, game yang kita mainkan, dan situs yang kita kunjungi.

Dengan melakukan reset, tak hanya semua data terhapus, virus dan malware juga akan ikut terhapus.

  1. Meningkatkan Peforma HP Vivo Y71

Meningkatkan Peforma Android

Seiring dengan semakin lama HP Vivo Y71 digunakan, maka semakin banyak data tersimpan di dalam HP. Sebenarnya, semua data yang tersimpan ini dimaksudkan agar proses menjadi lebih mudah diproses tanpa perlu mengolahnya dari server. Namun sayangnya data ini dapat membebani HP Vivo Y71.

Karena reset dapat menghapus semua data maka nantinya peforma HP Vivo Y71 akan dapat meningkat tajam. Sebagian orang bahkan menjadikan ini alasan utama melakukan reset.

Resiko Melakukan Reset

Setelah membaca penjelasan diatas, anda pasti yakin reset adalah pilihan yang tepat. Namun jangan lupakan beberapa masalah yang dapat timbul karena reset.

Beberapa resiko yang dapat terjadi karena reset seperti aplikasi yang menjadi error, data aplikasi dapat hilang, serta resiko gagal booting.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.