3 Cara Melakukan Reset HP Vivo Y20 Dengan Mudah!

Posted on

Vivo adalah perusahaan dari negeri tirai bambu yang bisa dibilang sangat inovatif. Vivo menjanjikan ponsel yang berkualitas tinggi.

Salah satu dari sekian banyak HP keluaran dari Vivo adalah Vivo Y20 yang tersemat Snapdragon 460, dengan ukuran baterai jumbo Vivo Y20 mAh, RAM 6 GB, dan penyimpanan internal 64 GB. Dengan spesifikasi besar seperti ini, HP Vivo Y20 tak akan mengalami banyak kedala dalam menjalankan sistemnya.

Namun kali ini kita tak sedang mengulas seputar HP Vivo namun mengulas bagaimana cara melakukan reset untuk HP Vivo Y20. Artikel ini akan menjadi solusi bagi anda yang ingin melakukan reset HP Vivo Y20 anda.

Sebagaimana yang kita ketahui, reset dapat mengatasi sejumlah masalah seperti tiba-tiba keluar dari aplikasi, sering lag, penyimpanan internal selalu penuh, tak dapat menerima panggilan atau menelfon, lupa PIN pembuka kunci layar, dan lain sebagainya.

Apa Itu Reset?

Reset, reset factory, atau reset pabrik adalah mengembalikan setelan ke keadaan sebelumnya seperti setelan yang dilakukan oleh parbik. Reset juga akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam ponsel. Kedua hal ini akan menjadikan HP seolah seperti baru kembali. Karena hal ini pula masalah pada ponsel dapat teratasi.

Namun sebelum melakukan reset, lakukanlah pencadangan data atau backup agar file yang ada di HP tak hilang pasca reset. Anda dapat memindahkan data anda ke flashdisk, hardisk, atau komputer. Atau juga dengan layanan cloud computing seperti Google Drive dan Dropbox. Jangan lupa untuk melakukan backup data aplikasi agar nantinya data tak ikut hilang.

Pastikan bahwa baterai HP anda lebih dari 50% agar nantinya tak ada kendala selama proses reset berlangsung.

Terdapat beberapa cara melakukan reset HP Vivo Y20 yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Cara Melakukan Reset HP Vivo Y20 dengan Hard Reset/ Recovery Mode

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan cara hard reset atau biasa juga disebut recovery mode. Cara ini biasanya ditempuh saat HP tak merespon sentuhan sama sekali atau saat lockscreen tak dapat dibuka.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, matikan HP Vivo Y20 anda lalu tekan tombol power bersamaan dengan volume bawah (-) hingga muncul logo Vivo. Setelah itu anda akan masuk ke recovery mode. Dalam mode ini, navigasi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan tombol power dan tombol volume.
  2. Pilih Wipe Data lalu Ok.
  3. Setelah itu tunggu hingga reset selesai dan muncul pemberitahuan Data and Cache Wiped Succesfully.
  4. Selanjutnya pilih Reboot lalu Ok.
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Cara Melakukan Reset  HP Vivo Y20 dengan Menggunakan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi dari Google yang bernama Google Find My Device yang sebenarnya fungsi utamanya adalah untuk mencari perangkat yang hilang.

Untuk melindungi data pengguna maka Google Find My Device menyertakan fitur untuk melakukan reset. Dengan fitur inilah nantinya reset dapat dilakukan.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka http://www.google.com/android/find Melalui perangkat lain baik HP, komputer, atau tablet.
  2. Setelah itu login menggunakann akun yang sama dengan HP yang hendak direset.
  3. Nantinya akan tampil perangkat yang terhubung dengan perangkat. Pilih perangkat yang hendak direset.
  4. Pilih Hapus untuk melakukan reset.
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Cara Melakukan Reset HP Vivo Y20 Menggunakan Menu Setting

Langkah reset hp Vivo

Cara ini bisa jadi cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu melakukan konfirugasi sedikit di bagian Setting atau pengaturan saja. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Setting atau Pengaturan.
  2. Buka Additional Setting, atau Pengaturan Lainnya.
  3. Klik Backup and Reset atau Backup dan Reset.
  4. Setelah itu muncul dua pilihan yang dapat anda pilih yaitu Rease Phone Storage, jika anda ingin data tak terhapus setelah reset dan Remove All Contents adn Settings/ Reset Phone, jika anda ingin menghapus ponsel.
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Manfaat Melakukan Reset HP Vivo Y20

Selain dapat memperbaiki sejumlah masalah pada ponsel, reset juga mempunyai manfaat lainya yang sangat besar. Berikut diantaranya:

  1. Melakukan Reset Dapat Menghapus Virus dan Malware pada HP Vivo Y20

Virus dan malware adalah masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi ponsel sebab virus dapat merusak baik hardware ataupun software pada perangkat. Terkadang aplikasi antivirus masih kurang andal dalam menangani virus apalagi aplikasi gratis yang tak update.

Keberadaan virus dan malware terkadang sangat tersembunyi yang tak terdeteksi oleh aplikasi antivirus. Namun sangat berbahaya bagi keberlangsungan perangkat. Oleh sebab itu virus dan malware patut diwaspadai.

Virus bisa berasal dari situs yang kita kunjungi, atau aplikasi yang diinstal. Oleh sebab itu pastikan situs dan aplikasi yang hendak diinstal adalah aplikasi terpercaya.

Terkadang virus dan malware tidak disadari hinggap di HP dan secara pelan namun pasti merusak software dan hardware.

Reset dapat menghilangkan virus dan malware yang ada di HP Vivo Y20 sebab dalam virus dan malware itu sendiri adalah data dan data ini akan ikut terhapus nantinya.

Dengan hilangnya virus setelah reset maka dampaknya akan langsung terasa saat itu juga dan HP Vivo Y20 menjadi lebih aman.

  1. Melakukan Reset dapat Memperbesar Memori HP Vivo Y20

Meningkatkan Peforma Android

Memori internal adalah tempat menyimpan data-data aplikasi. Semakin lama aplikasi dan ponsel digunakan maka semakin banyak juga data yang tersimpan di memori internal.

Sayangnya, kebanyakan data yang tersimpan ini tak diperlukan lagi dan sebaiknya dihapus. Namun terkadang agak sulit untuk menghapus data data ini termasuk saat menggunakan aplikasi pembersih ponsel.

Aplikasi ini agak sungkan menghapus sebagian data di memori internal karena khawatir masih penting.

Semakin menumpuknya data di memori internal maka semakin banyak pula masalah yang timbul nantinya pada HP Vivo Y20.

Jadi dengan melakukan reset, memori internal akan seketika menjadi lega kembali dan siap untuk menampung banyak data baru yang lebih penting nantinya.

  1. Melakukan Reset dapat Meningkatkan Peforma HP Vivo Y20

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, data yang menumpuk akan memperlambat ponsel dalam bekerja. Oleh sebab itu, reset menjadi solusi yang paling mumpuni untuk meningkatkan peforma HP Vivo Y20.

Dengan terhapusnya data yang tak penting, kini HP Vivo Y20 dapat menjalankan sistemnya dengan sangat baik dan normal.

Kesimpulan

Reset adalah mengembalikan ponsel ke setelan pabrik serta menghapus semua data yang ada di ponsel. Reset pada HP Vivo Y20 dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan hard reset/ recovery mode, melalui menu setting/ pengaturan, dan menggunakan Google My Device.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *