3 Cara Reset HP Advan dengan Mudah!

Posted on

Advan adalah merek ponsel lokal yang banyak digunakan di Indonesia. Advan memiliki segudang keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Dengan fitur dan teknologi canggih didalamnya serta harganya yang terjangkau, tak heran jika banyak orang yang memilih Advan sebagai ponsel pilihan mereka. Tak mengerankan pula jika Advan pernah masuk dalam 5 daftar merek HP terlaris di Indonesia.

Sekalipun HP Advan memiliki segudang keunggulan, bukan berarti HP Advan tak akan mengalami kendala dalam fungsinya. Sama seperti HP pada umumnya, penggunaan HP dalam rentang waktu yang lama akan membuat peforma HP menjadi menurun.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi permasalahan pada ponsel adalah dengan melakukan reset. Beberapa masalah yang dapat ditasi dengan melakukan reset adalah tidak dapat menerima panggilan, melakukan panggilan, tiba-tiba keluar dari aplikasi, freezing, memori penuh sekalipun dicek ternyata kosong, dan tak dapat menyingkronkan dengan perangkat lain.

3 Cara Reset HP Advan dengan Mudah

Apa Itu Reset Pabrik?

Reset pabrik atau factory reset adalah mengembalikan HP ke kondisi seperti pertama kali dinyalakan. Disebut setelan pabrik karena setingan yang digunakan memang persis seperti setingan yang dilakukan oleh pabrik.

Reset dapat menghapus semua data yang ada di dalam ponsel termasuk musik, foto, video, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu maka sebaiknya sebelum melakukan reset anda harus melakukan pencadangan data atau backup ke flashdisk, hardisk, komputer, atau ke layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya.

Masalah pada HP Advan yang Dapat Diatasi dengan Reset

  1. Kamera HP Advan Tidak Terbuka

Sebagian pengguna Advan mengalami masalah kamera yang tidak dapat terbuka sehingga tak dapat digunakan. Biasanya saat membuka aplikasi kamera maka akan muncul peringatan yang bertuliskan “Warning, camera failed”.

  1. Kecepatan HP Advan Menurun

Seiring dengan semakin lamanya penggunaan ponsel, semakin terasa peforma HP Advan akan menjadi semakin menurun yang sangat terasa lemot saat memproses data. Yang menjadi masalah, bahkan kita telah banyak menghapus data memori internal di file manager, namun kecepatan ponsel tetap menurun. Ini adalah hal yang umum terjadi pada ponsel sebab memori ternal diisi oleh data aplikasi.

  1. Baterai HP Advan Cepat Habis

Baterai HP Advan yang cepat habis bisa menjadi indikasi bahwa HP Advan tersebut butuh direstart. Bahkan melakukan restart dapat menghemat baterai hingga 70%. Selain dengan reset, mengatasi baterai HP Advan yang boros juga bisa dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai di menu aplications pada pengaturan.

Cara Hard Reset HP Advan

Cara Hard Reset HP Advan

Cara ini biasanya dilakukan saat HP Advan mengalami hang, freezing, dan saat tidak bisa membuka kunci layar HP (lockscreen).

Lanngkah-langkah dibawah bisa dilakukan untuk semua jenis HP Advan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama, pastikan HP dalam keadaan mati atau matikan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu tekan tombol power power bersamaan dengan tombol vulume up (+) hingga layar hidup lalu lepaskan tombolnya. Disini, anda sudah masuk ke recovery mode. Lalu untuk mengarahkan menu pilihan hanya bisa menggunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menggulir atas dan bawah. Sedangkan untuk pilihan dapat menggunakan tombol Power. Dalam mode ini tak dapat menggunakan layar sentuh.
  3. Lanjut dengan Wipe Data/ Factory Reset lalu pilih Yes lalu tunggu hingga proses selesai.
  4. Setelah proses selesai, selanjutnya pilih Wipe Cache Partition, lalu pilih Yes.
  5. Selanjutnya tekan Reboot dan tunggu hingga menyala.
  6. Hp sudah tereset ulang dan kembali ke setelan pabrik.

Cara Reset Factory HP Advan Melalui Pengaturan

Cara Reset Factory HP Advan Melalui Pengaturan

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan menu pengaturan caranya sangatlah mudah sekali. Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka pengaturan.
  2. Pilih Cadangkan dan Reset lalu pilih Reset Data Pabrik.
  3. Terakhir pilih reset sekarang.
  4. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Cara Reset HP Advan dengan Kode

Selain dua cara diatas, HP Advan dapat direset dengan menggunakan kode rahasia khusus HP Advan saja. Cara ini sangat mudah sebab anda tak perlu melakukan langkah-rumit seperti sebelumnya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka fitur dial up atau aplikasi telepon seperti hendak menelfon.
  2. Tekan nomor berikut: *2767*3855#
  3. Tekan panggil atau call

Nantinya ponsel akan mulai melakukan reset sendiri. Tunggu hingga prosesnya selesai dialakukan.

Manfaat Melakukan Reset HP Advan

Melakukan reset HP Advan selain untuk mengatasi sejumlah yang ada pada ponsel, ternyata ada manfaat lainnya disamping dapat memperbaiki ponsel. Berikut beberapa manfaat melakukan reset HP Advan:

  1. Reset dapat Menghapus Virus dan Malware pada HP Advan

Malware dan virus adalah isu serius yang dihadapi oleh HP manapun termasuk HP Advan. Penggunaan anti virus tak akan banyak beguna bagi pengguna HP Advan yang ceroboh.

Malware dan virus dapat memasuki ponsel melalui aplikasi yang diinstal, situs yang dikunjungi dan data yang kita berikan ke pihak lain.

Jika malware serta virus telah menginveksi ponsel, efeknya tak langsung terasa bahkan dalam kurun waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dan tak terdeteksi aplikasi anti virus.

Efek terburuknya adalah virus dan malware akan mencuri data, merusak baterai dan ponsel, menghilangkan memori dan lain sebagainya.

Dengan melakukan reset maka virus dan malware akan ikut terhapus dan ini akan berdampak bagus bagi HP Advan.

  1. Membuat memori HP Advan Menjadi Lebih Lega

Sekalipun HP Advan dapat ditambahi memori ekternal (MicroSD) namun memori internal amat diandalkan dalam kinerja dalam menjalankan aplikasi. Oleh sebab itu jika memori internal penuh maka peforma HP akan berkurang.

Manfaat besar dari reset HP Advan adalah data yang tak penting akan terhapus sehingga hanya tersisa data yang terbackup saja. Ini memungkinkan data baru yang lebih penting untuk mulai masuk.

  1. Peforma HP Advan Menjadi Lebih Optimal

Meningkatkan Peforma Android

Manfaat selanjutnya dari melakukan reset adalah peforma HP Advan menjadi lebih optimal. Ini adalah efek dari memori yang telah lega sehingga beban memori tak terlalu berat seperti sebelumnya.

Dampak yang dirasakan seperti sekejab setelah proses reset selesai dilakukan. Anda dapat menguji sendiri bagaimana peforma HP sebelum dan sesudah melakukan reset.

Resiko Melakukan Reset HP Advan

Setelah membaca ulasan diatas, anda pasti yakin mengenai manfata besar yang bisa diperoleh. Namun kenyataannya reset HP Advan juga memiliki resiko yang patut untuk dipertimbangkan yaitu Bootloop.

Bootloop terjadi jika seandainya selama proses reset berlangsung ternyata terjadi kegagalan sistem maka reset tak dapat melakukan reset dengan sempurna dan ini cukup beresiko. Ponsel yang mengalami bootloop tak dapat melakukan booting. Karena reset menyangkut sistem operasi yang cukup fital, kesalahan sedikit dalam proses dapat beresiko. Untuk mencegahnya HP harus dalam keadaan memori terisi diatas 50%

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.