3 Cara Reset HP Realme C2 dengan Mudah!

Posted on

Oppo memuncaki sebagai salah satu HP yang paling populer di dunia. Sebagai salah satu ponsel terlaris di dunia, Oppo senantiasa menjaga kualitasnya agar tetap unggul. Salah satu ponsel unggulan yang dikeluarkan oleh Oppo adalah HP Realme C2.

HP Realme C2 adalah ponsel dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Dibekali dengan RAM 3 GB, kamera 13 MP, dan memiliki baterai sebesar 4000 mAh.

Sebagus apapun ponsel pasti ada saja sebagian pengguna yang mengalami masalah pada ponselnya. Pada HP Realme C2 pun tak terhindarkan. Sebagian pengguna ada yang mengalami berbagai permasalahan yang mengganggu fungsi HP. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset.

Reset dapat mengatasi banyak problem pada HP termasuk pada HP Realme C2. Beberapa masalah diantaranya seperti sering keluar dari aplikasi sendiri, freezing atau tak dapat merespon apapun, lupa PIN lockscreen, tak dapat melakukan panggilan atau menerima panggilan, sering muncul suara aneh dan lain sebagainya.

Jika anda kebetulan mengalami masalah diatas pada HP Realme C2 anda maka anda datang pada postingan yang tepat sebab disini kami akan membahas secara lengkap mengenai reset. Simak artikel ini sampai habis.

3 Cara Reset HP Realme C2 dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Reset berasal dari kata reset factory yang berarti menyetel ulang ke setelan pabrik. Jadi nantinya ponsel akan seolah seperti baru setelah reset dengan settingan yang sama seperti baru pertama kali dibeli dan memori yang kosong.

Sayangnya sebagian masih sering tertukar antara reset dan restart padahal keduanya sama sekali berbeda. Reset sebagaimana yang diterangkan diatas sedangkan restart sebagaimana namanya berarti memulai kembali. Saat memilih resetart maka HP akan mati lalu kemudian secara otomatis hidup kembali. Ini membuat kita tak pelru mematikan lalu menghidupkan kembali dengan 2 kali menekan tombol power.

Yang perlu dipersiapkan sebelum reset adalah semua data penting harus dibackup atau dicadangkan terlebih dahulu agar nantinya anda tak kehilangan data penting setelah reset. Jangan lupa untuk memastikan baterai HP dalam keadaan penuh atau minimal mencapai 50%.

jika sudah maka anda dapat melakukan reset dengan melakukan salah satu dari tiga cara berikut ini:

1. Cara Reset HP Realme C2 dengan Menu Setting/ Pengaturan

1. Cara Reset HP Realme C2 dengan Menu Setting Pengaturan

Cara pertama adalah cara umum yang biasa dilakukan oleh orang yaitu dengan menggunakan pengaturan/ setting. Untuk dapat melakukan hal ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama pilih pengaturan atau setting.
  2. Kemudian tekan Pengaturan Lainnya/ Additional Settings.
  3. Pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  4. Proses reset akan berjalan. Tunggu hingga proses selesai.

2. Cara Reset HP Realme C2 dengan Hard Reset

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan hard reset. Hard reset adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk melakukan reset saat HP mengalami freezing atau tak dapat merespon sentuhan serta saat lupa PIN pembuka lockscreen. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Matikan HP Realme C2 terlebih dahulu.
  2. Setelah itu tekan tombol volume minus ( – ) bersamaan dengan tombol power selama beberapa detik hingga muncul logo Realme. Jika sudah seperti itu maka artinya anda telah memasuki recovery mode. Dalam mode ini, anda hanya dapat menggunakan tombol fisik berupa menu dan volume sebagai navigasinya.
  3. Dari beberapa pilihan yang ada, pilih Wipe Data.
  4. Konfirmasi dengan memilih Ok.
  5. Reset mulai berjalan. Tunggu hingga reset selesai dilakukan.

3. Cara Reset HP Realme C2 dengan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Google Find My Device dapat digunakan untuk melakukan reset. Sekalipun fungsi utama dari Google Find My Device bukanlah untuk melakukan reset, namun terdapat fitur yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk melakukan reset. Langsung saja, berikut cara reset menggunakan Google Find My Device:

  1. Pertama buka https://www.google.com/android/find melalui perangkat lain baik itu melalui komputer atau melalui HP lain.
  2. Setelah itu login menggunakan akun Google yang terhubung dengan HP Realme C2.
  3. Pilih HP Realme C2 yang hendak direset.
  4. Pilih Hapus data.
  5. Masukan password untuk konfirmasi.
  6. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

3 Manfaat Melakukan Reset Bagi HP Realme C2

Bagi HP Realme C2 anda yang bermasalah, reset tak hanya dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dialami oleh HP Realme C2 anda saja namun dapat mengatasi banyak hal sekaligus. Terdapat manfaat yang besar dengan melakukan reset. Oleh sebab itu, disini kami merangkum 3 manfaat melakukan reset bagi HP Realme C2 berikut ini:

  1. Reset dapat Membuat HP Realme C2 Lebih Aman

Reset dapat membuat HP menjadi semakin aman. Hal ini dapat terjadi karena saat reset, HP Realme C2 akan menghapus data namun tak terbatas itu saja, virus dan malware pun ikut terhapus. Dengan terhapusnya malware dan virus maka HP menjadi semakin aman.

Virus dan malware sendiri sangat berbahaya bagi HP Realme C2 karena dapat menyebabkan kerusakan baik sistem maupun hadwarenya. Sayangnya tak semua antivirus dapat diandalkan untuk menangani virus. Untungnya reset dapat mengatasi cukup baik virus dan malware sehingga setelah reset HP Realme C2 akan menjadi lebih aman.

  1. Reset dapat Melegakan Memori Internal HP Realme C2

Meningkatkan Peforma Android

Mungkin sebagian dari anda pernah merasakan seiring dengan waktu memori internal kian menyempit dan hal ini sangat mengganggu peforma HP. Masalah yang bisa muncul karena memori internal yang sempit adalah tiba-tiba keluar dari aplikasi, hang, dan lainnya. Untungnya reset dapat membersihkan memori internal sehingga dapat membuat memori internal semakin lega.

  1. Reset dapat Meningkatkan peforma HP Realme C2

Perubahan signifikan yang dapat dirasakan setelah melakukan reset adalah adannya peningkatan peforma pada HP Realme C2. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya, saat memori dan RAM tak terbebani oleh data tak penting maka akan berdampak langsung pada peforma HP Realme C2.

Resiko Melakukan Reset pada HP Realme C2

Disamping manfaatnya yang besar dan dapat mengatasi sejumlah masalah, ternyata terdapat beberapa resiko melakukan reset pada HP Realme C2 yaitu kehilangan data secara permanen dan mengalami error selama proses reset.

Kesimpulan

Jika anda mempunyai HP Realme namun terdapat beberapa masalah pada ponsel tersebut maka salah satu cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan melakukan reset. Reset bekerja dengan menghapus semua data pada ponsel dan mengembalikan setelan ke setelan pabrik.

Terdapat tiga cara melakukan reset yaitu dengan menu setting, dengan hard reset, dan dengan Google Find My Device. Disamping dapat mengatasi masalah pada HP. Terdapat beberapa manfaat lainhnya yaitu dapat membuat HP lebih aman, melegakan kembali memori internal, dan meningkatkan peforma HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *