3 Cara Reset HP Realme 5i dengan Mudah

Posted on

Realme adalah salah satu merek ponsel yang cukup diminati ditanah air karena menghadirkan ponsel yang berkualitas tinggi. Realme 5i adalah salah satu varian ponsel yang dikeluarkan oleh Realme. Ponsel ini dikeluarkan pertama kali pada tahun 2020 llalu dengan berat 195 g dan dilengkapi dengan memori internal sebesar 32 GB. Kamera utamanya menggunakan 12 MP dan kamera depan 8 MP. HP ini mempunyai baterai yang besar yaitu seesar 5Realme 5i mAh.

Namun dalam kesempatan ini kami bukan hendak membahas seputar HP ini namun artikel ini akan memberikan solusi bagi pengguna HP Realme 5i yang mengalami masalah sehingga perlu dilakukan reset. Reset sendiri cukup akrab bagi orang yang senang oprek HP namun bagi siapapun yang pertama kali hendak melakukan reset dibutuhkan panduan yang dapat memandu melakukan reset.

3 Cara Reset HP Realme 5i dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Sederhananya reset adalah proses menghapus semua data yang ada di ponsel dan mengembalikan settingan seperti keadaan pertama kali keluar dari parbik. Itulah mengapa dinamakan reset factory atau reset pabrik. Jadi setelah reset dilakukan maka seolah-oleh HP dalam keadaan baru. Dan ini akan menyelesaikan banyak masalah pada HP.

Reset dapat mengatasi beragam masalah pada HP seperti lupa PIN pembuka layar kunci (lockscreen), tidak dapat memanggil dan menerima panggilan, penyimpanan penuh, sering mengalami lag, tiba-tiba keluar dari aplikasi, dan lain sebagainya.

Namun sebelum melakukan reset, ada baiknya semua data yang ada dalam HP Realme 5i dibackup atau dicadangkan terlebih dahulu dengan memindahkannya ke perangkat lain seperti hardisk, flashdisk, komputer, atau layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.

Pastikan juga baterai HP dalam keadaan penuh atau minimal terisi 50% agar nantinya proses reset tak terhambat karena HP mati yang justru membuat masalah baru nantinya.

Disini akan dijelaskan bagaimana cara reset HP Realme 5i. Tak hanya satu, melainkan tiga cara melakukan reset yang anda dapat pilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cara Reset HP Realme 5i dengan Menu Settings/ Pengaturan

1. Cara Reset HP Realme 5i dengan Menu Settings Pengaturan

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan reset dengan pengaturan. In adalah cara termudah yang bisa dilakukan. Realme sendiri menyediakan tombol reset dan yang kita perlu lakukan hanya mengaksesnya. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Pertama, buka Pengaturan/ Settings.
  2. Setelah itu buka Pengaturan Lainnya/ Additional Settings.
  3. Setelah itu klik Backup and Reset.
  4. Pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  5. Tunggu prosesnya hingga selesai.

2. Cara Reset HP Realme 5i dengan Tombol Power

2. Cara Reset HP Realme 5i dengan Tombol Power

Cara reset yang kedua adalah cara reset yang biasa dilakukan saat kita tak dapat mengakses menu setting entah karena HP mengalami freezing atau tak merespon sentuhan atau lupa PIN pembuka kunci layar (lockscreen). Caranya cukup sederhana. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume turun ( – ) selama beberapa detik hingga muncul logo Realme. Disini anda telah masuk ke recovery mode dan hanya dapat mengguankan tombol fisik saja sebagai navigasinya.
  2. Terdapat beberapa pilihan, pilih Wipe Data kemudian pilih Ok.
  3. Setelah itu tunggu hingga proses reset selesai.
  4. HP Realme 5i sudah dapat digunakan.

3. Cara Reset HP Realme 5i dengan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara lainnya adalah dengan menggunakan Google Find My Device. Ini adalah salah satu layanan Google yang fungs sebenarnya bukanlah untuk melakukan reset melainkan untuk mencari keberadaan perangkat yang terhubung dengan akun Google. Namun dalam fitur ini juga terdapat fitur untuk melakukan reset. Fungsi fitur ini ada di sana adalah untuk mengamankan data pengguna kalau-kalau HP dicuri oleh orang lain sehingga data pengguna tak akan disalah gunakan.

Jika anda ingin melakukan reset dengan cara ini maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka http://www.google.com/android/find melalui HP, tablet, atau komputer.
  2. Login menggunakan akun Google yang sama dengan HP Realme 5i yang hendak direset.
  3. Kemudian hal pertama yang akan tampil adalah perangkat yang terhubung dengan akun Google tersebut. Pilih HP Realme 5i yang hendak direset.
  4. Terdapat tiga pilihan. Pilih paling bawah yaitu Hapus data untuk melakukan reset.
  5. Setelah dipilih, masukan password untuk melakukan konformasi.
  6. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Reset Bagi HP Realme 5i

Disamping dapat mengatasi berbagai problematika yang dihadapi oleh HP Realme 5i, reset juga memiliki dampak yang sangat bagus bagi ponsel. Apa saja manfaat reset bagi HP Realme 5i? berikut beberapa diantaranya:

  1. Reset dapat Menghapus Virus dan Malware pada HP Realme 5i

Virus dan malware amat berbahaya bagi HP sebab keberadaannya dapat membuat HP menjadi rusak dan gagal fungsi. Oleh sebab itu setelah melakukan reset maka HP Realme 5i akan menjadi lebih aman dari sebelumnya. Hilangnya virus dan malware pada HP Realme 5i akan berdampak langsung pada kinerja HP Realme 5i.

  1. Reset dapat Menambah Memori Internal

Seringkali pengguna HP Realme 5i dibuat bingung dengan kapasitas memori internal yang semakin lama semakin sempit sekalipun di file manager kita lihat tak banyak data tersimpan. Selain itu aplikasi pembersih tak mampu untuk diandalkan untuk menambah memori internal.

Untungnya reset dapat mengatasi masalah tersebut. Reset bekerja dengan menghapus data termasuk data di memori internal yang berasal dari aplikasi yang telah diuninstal entah itu data penting ataupun tidak. Karena data penting telah terbackup maka tak perlu khawatir kehilangan semua data ini.

  1. Meningkatkan Peforma

Hal pertama yang paling dapat dirasakan setelah melakukan reset adalah peningkatan peforma yang sangat tajam. Hal ini dapat terjadi karena tak ada lagi data yang membebani kinerja ponsel. HP Realme 5i seolah kembali seperti baru termasuk peformanya.

Resiko Melakukan Reset Bagi HP Realme 5i

Selain terdapat manfaat yang besar, ternyata resiko juga terdapat beberapa resiko yang patut dipertimbangkan. Berikut diantaranya:

  1. Stuck Logo

Stuck logo berarti saat melakukan reset, maka akan muncul logo Realme, namun hanya terbatas sampai disitu saja. Tak ada kelanjutan yang seharusnya hingga proses selesai. Beberapa pengguna melaporkan masalah ini dengan penyebab yang berbeda-beda mulai dari sistem recovery yang telah rusak hingga proses pemulihan yang gagal dilakukan oleh sistem.

  1. Kehilangan Data

Sekalipun kita tahu bahwa reset akan menghilangkan data, namun seringkali para pengguna baru menyadari sebagian data ada yang belum terbackup akibatnya data tersebut hilang secara permanen. Kehilangan data yang cukup umum adalah daftar kontak pentnig, data chat WhatsApp atau aplikasi chatting lainnya, catatan dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *