3 Cara Reset HP Realme C11 dengan Mudah

Posted on

Bagi anda yang mempunyai HP Realme C11 dan mengalami sejumlah kendala maka salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan reset. Namun jika anda tak tahu bagaimana cara melakukan reset Realme C11 maka anda datang pada postingan yang tepat sebab disini kami akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara melakukan reset HP Realme C11.

3 Cara Reset HP Realme C11 dengan Mudah

Apa Itu Reset?

Reset yang biasa kita kenal berasal dari kata reset factory. Re berarti mengulang dan set berasal dari kata setting jadi reset berarti menyeting ulang HP ke setelan yang sama seperti yang dilakukan oleh pabrik.

Reset berbeda dengan restart. Restart artinya mengulang kembali. HP yang dilakukan restart akan mati lalu hidup kembali secara otomatis sehingga tak perlu menekan tombol power sebanyak 2 kali.

Reset dapat mengatasi banyak masalah pada HP Realme C11 seperti freezing atau HP Realme C11 tak merespon sentuhan, lupa PIN, tiba-tiba keluar dari aplikasi, memori internal selalu penuh, tak dapat memanggil dan menerima panggilan, dan lain sebagainya. Jadi banyak hal yang dapat diperbaiki dengan reset ini.

Sebelum melakukan reset sebaiknya lakukanlah pencadangan data atau backup dengan memindahkan data ponsel ke tempat lain. Selain itu pastikan bahwa ponsel memiliki baterai penuh atau minimal 50% saat hendak melakukan reset.

Jika anda sudah siap melakukan reset, anda dapat melakukan satu dari beberapa langkah berikut ini:

Cara Reset HP Realme C11 dengan Menu Settings

Cara Reset HP Realme C11 dengan Menu Settings

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan reset pada HP Realme C11 adalah dengan menggunakan menu setting. Dalam menu setting telah tersedia fitur untuk melakukan reset. Yang perlu dilakukan hanyalah mengaksesnya dan menekan tombol tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama buka menu setting/ pengaturan.
  2. Kemudian pilih Additional Settings/ Pengaturan Tambahan.
  3. Selanjutnya pilih Backup and Reset.
  4. Lalu pilih Reset to factory setting.
  5. Pilih Erase All Data.
  6. Masukan PIN untuk mengkonfirmasi.
  7. Tunggu hingga selesai.

Cara Reset HP Realme C11 dengan Hard Reset

Cara Reset HP Realme C11 dengan Hard Reset

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan hard reset. Hard reset disebut juga cara reset dengan recovery mode karena proses reset dengan cara ini mengharuskan kita untuk masuk ke recovery mode. Jika anda memilih cara ini, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Pertama, matikan HP Realme C11.
  2. Setelah HP Realme C11 mati, tekan tombol volume turun ( – ) bersamaan dengan tombol power.
  3. Tekan sealama beberapa detik hingga muncul logo Realme.
  4. Disini anda telah berhasil masuk ke recovery mode. Pada recovery mode anda hanya dapat menggunakan tombol power dan tombol volume sebagai navigasinya.
  5. Pilih Wipe data.
  6. Pilih Ok.
  7. Tunggu hingga proses reset selesai.

Cara Melakukan Reset dengan Menggunakan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara Selanjutnya yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Google Find My Devie. Google Find My Device adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk para pengguna yang mengalami kehilangan HP. Jadi fungsi utama dari Google Find My Device adalah untuk mencari HP yang hilang, bukan untuk melakukan reset.

Namun dalam Google Find My Device terdapat satu fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan reset. Fitur ini disediakan oleh Google untuk menghindari data HP dicuri. Jadi dengan menggunakan fitur hapus data maka HP akan tereset kemudian data HP akan hilang. Inilah yang kita manfaatkan nantinya.

Yang menarik, reset dapat dilakukan dengan jarak jauh bahkan tanpa menyentuh HP sama sekali. Berikut ini beberapa langkah yang perlu anda lakukan:

  1. Pertama, buka Google Find My Device dengan membuka link berikut: https://google.com/android/find
  2. Login dengan menggunakan akun yang terhubung dengan HP Realme C11 yang hendak direset.
  3. Akan muncul beberapa perangkat yang terhubung dengan akun Google tersebut. Pilih HP Realme C11 yang hendak anda reset.
  4. Nanti akan ada tiga pilihan. Pilih yang paling bawah yaitu Hapus data.
  5. Lakukan konfirmasi dengan mengisi password akun Google anda.
  6. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

Manfaat Melakukan Reset Bagi HP Realme C11

Sebagian besar orang melakukan reset saat mengalami kendala tertentu pada HP Realme C11 miliknya guna memperbaiki error atau masalah yang muncul. Namun disamping itu, ternyata reset pada HP Realme C11 dapat memberikan manfaat yang besar. Setidaknya terdapat 3 manfaat melakukan reset berikut ini:

  1. Reset dapat Menghapus Virus dan Malware

Dampak besar yang dapat diperoleh dengan melakukan reset adalah dapat menghilangkan virus dan malware. Virus dan malware sendiri adalah masalah besar yang harus diatasi sebab jika tidak akan menimbulkan kerusakan baik pada sisi hardware maupun softwarenya.

Sebagian antivirus tak dapat menangani virus dan malware yang perkembangannya sangat cepat. Namun dalam kebanyakan kasus virus dan malware dapat teratasi dengan melakukan reset. Reset akan menghapus semua data dan dalam hal ini, malware dan virus akan ikut terhapus. Sehingga HP akan menjadi lebih aman dengan melakukan reset.

  1. Reset dapat Menambah Memori Internal

Sebagian orang pasti pernah merasakan dimana memori internal Realme C11 penuh namun setelah dicek di file manager, ternyata tak banyak atau bahkan tak ada data di sana. Hal ini cukup meresahkan sebab memori internal yang penuh dapat membuat banyak masalah pada HP Realme C11.

Untungnya dengan melakukan reset maka nantinya HP akan menghapus semua data dan tentu saja memori internal akan bertambah secara drastis ke keadaan seperti HP Realme C11 baru pertama kali dibeli.

  1. Meningkatkan Performa

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan reset adalah adanya peningkatan peforma secara signifikan sebagai imbas dari beban pada dapur pacu yang semakin sedikit. Setelah reset dilakukan maka RAM dan memori internal akan lebih lega dan efeknya peforma HP Realme C11 akan meningkat tajam.

Resiko Melakukan Reset HP Realme C11

Setelah membaca ulasan diatas, maka pasti anda yakin reset adalah pilihan terbaik untuk mengatasi segala macam masalah pada HP. Namun tak selalu begitu, reset juga terkadang dapat menimbulkan masalah baru bagi HP Realme C11. Berikut beberapa resiko melakukan reset HP Realme C11:

  1. Stuck Logo

Resiko Melakukan Reset HP Realme C11 - stuck logo

Terkadang selama proses reset, proses tak selalu berjalan dengan lancar. Salah satu masalah yang dapat dialami pengguna HP Realme C11 saat reset adalah mengalami stuck saat muncul logo Realme. Biasanya saat reset selesai dilakukan maka akan muncul logo realme lalu kemudian HP hidup seperti sedia kala. Masalahnya logo muncul dan tak berganti ke tampilan normal. Ini dapat terjadi karena sistem gagal melakukan pemulihan.

  1. Kehilangan Data

Sebagian orang seringkali merasa telah terlalu ceroboh melakukan reset tanpa membackup sebagian data yang masih tertinggal. Jika sudah direset maka data yang tertinggal yang tak sempat dibackup akan hilang selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.